Bagaimanakah Menjadi Manusia Yang Sangat Kreatif

Kreativitas bukan saja cuma untuk para artis semata. Dia menjadi sebuah sarana atau jalan alternatif untuk menuju kesuksesan bagi seseorang di dalam berbagai bidang. Bagi orang yang mengetahui bagaimana cara menggunakan otak fikiran yang kreatif di dalam memecahkan suatu persoalan akan membuat seorang manusia paling gemilang dalam kariernya, membina cukup banyak bidang bisnis bermacam usaha menguntungkan serta sukses pula menarik sekian banyak rekan-rekan yang bijaksana dan pandai.

Setiap manusia mempunyai sumber daya pontensi kreativitas tersendiri. Namun malangnya, diantara mereka enggan belajar mempelajari bagaimana caranya untuk bisa menggunakannya. Sumber daya potensi kreativitas tersebut malah justru tersimpan sangat lama dalam fikiran kosong mereka, tidak pernah mau digunakan untuk berkreasi dengan hal itu. Laporan singkat ini akan membongkar sebuah rahasia ampuh bagaimana caranya untuk bisa menjadikan diri kita seorang manusia yang kreatif dan hingga sukses!

Tips Menjadi Orang yang Kreatif
image: pixabay

Kebijaksanaan Diri : Bagaimanakah Menggunakannya?

“OH ya, Mengapa saya tidak bisa terfikir seperti hal itu?”

Bukankah perkara demikian yang seringkali Anda bicarakan jikalau seseorang sudah mendapatkan jawaban dari sebuah permasalahan yang tampak rumit? Jika permasalahan seperti tadi tidak dapat diselesaikan semacam biasa, maka orang yang kreatif otaknya tidak akan pernah ragu untuk mencoba memikirkan dan menuntaskannya dengan sebuah pendekatan cara yang beda.

Menjadi Manusia Yang Sangat Kreatif

Contohnya adalah "Ulyssess S. Grant. Abraham Lincoln", seorang mantan presiden dari USA ini suka sekali bercerita kisah Grant, dimasa zaman waktu kanak-kanaknya beliau suka sekali mempergunakakan akal fikirannya untuk dapat mengalahkan seekor anak sapi yang sama sekali tidak mau ditunggani oleh siapapun. Si anak sapi tersebut memang sangatlah keras kepalanya sehingga dia akhirnya dibeli seorang dari pelakon sirkus, Kumudian dia menawarkan sejumlah uang imbalan bagi siapa pun yang bisa berhasil duduk menungganginya dipunggungya di waktu yang telah ditetapkan.

Grant pun melihat sejumlah pemuda yang cukup lebih dewasa darinya dilempar dengan cepat ke tanah coklat oleh si anak sapi tersebut apabila setiap mereka berusaha mencoba untuk menungganginya. Lau dia mulai mencoba untuk menaiki punggung si anak sapi itu dan bisa berhasil duduk bertahan dalam waktu beberapa saat tetapi pada akhirnya dia tersungkur jatuh juga. Sejenak kemudian, beliau mencoba menggunakan daya fikir kebijaksanaannya. Selepas dia mendapat satu izin buat mencobanya lagi, maka saat ini dia akan berusaha menyelesaikan permasalahan ini melalui sudut cara yang berlainan dari yang pertama.

Dia mulai berancang-ancang seperti yang biasa, lalau melompat dengan cepat keatas punggung sapi tersebut dengan cara terbalik, yakni menghadapkan tubuh bagian depannya kearah belakang ekor sapi dan bukanlah ke kepalanya. Budak tersebut lalu mencengkram dengan kuat perut si anak sapi itu menggunakan kedua kakinya dan memegangi ekor sapi tersebut oleh ke dua tangannya. Walau sekuat apapun cara si sapi itu berupaya mengoncang juga menghentak, tetap saja dia tidak bisa menjatuhkan si budak yang berada dipunggungnya. Anak sapi tersebut berhasil juga dikalahkan dengan cepat dan "Ulysses S. Grant" pun memperoleh hadiahnya. Setelah beranjak dewasa, Grant mencoba memasuki kemiliteran dan mendapat kepercayaan sebagai komando batalyon pasukan hingga akhirnya mampu memenangi peperangan antar saudara.

Daripada sepenggal pengalaman si "Grant" ini telah memberikan dua nilai kegunaan yang sangat penting bagi kreativitas;

1. Mencari sebuah jawaban cukup pelik buat suatu permasalahan rumit.
2. Mencetuskan sebuah konsep ide baru yang lebih segar.

Lengkapilah pribadi anda oleh kreativitas

Keyakinan ialah sebuah kunci masuk kearah menuju kreativitas. Seandainya anda bisa tahu kuncinya bahwa ada suatu cara agar dapat menyelesaikan permasalahan (meskipun belum mengetahui caranya) anda mendapatkan semangat dalam mencari inti jawabannya. Salah seorang yang terus-menerus memberikan banyak ide-ide politiknya bukankah berjiwa kreatif jauh lebih baik dari kita semuanya. Mereka sebetulnya memiliki keyakinan diri yang masih banyak.

Bagaimanakah anda dapat memiliki keyakinan semacam itu? Yakni dengan cara mengetahui bahwasanya;

“Terdapat sebuah penyelesaian terhadap setiap permasalahan dan adanya ide terhadap setiap datangnya perkara”

Jika tekad berkeyakinan ialah prinsip ide yang paling pertama, maka yang nomor keduanya adalah fikiran bebas tanpa tekanan. Pencipta dari telepon, "Alexander Graham Bell" beliau berkata:

Janganlah selalu sering menggunakan jalanan umum, coba pergilah kemana orang-orang belum sekali pernah mendatangi. Pergilah ke salah satu tempat baru yang mana anda pun juga tidak sama sekali pernah mendatanginya. Anda pastinya akan bertemu dengan suatu hal yang tentunya tidaklah pernah sebelumnya anda melihat ini. Sebuah penemuan baru akan ikut membawa diri anda pada penemuan lainnya, dan lalu tanpa disadari anda memiliki sesuatu perkara yang lebih bagus buat difikirkan. Dari semua hasil penemuan penting tersebut adalah bermula daripada sebuah pemikiran.

Fikiran bebas yang tidak sama sekali terbelenggu oleh cara umum yang sering dilakukan. Walautak peduli apapun perkataan orang tetangnya, beliau sangat tahu bahwa terdapat sebuah jawaban untuk setiap permasalahan dan adanya ide buat segala perkara tersulit sekalipun, dan dirinya tidak pernah takut dalam mencoba sembarang bentuk yang mempunyai kemungkinan.

Menyelesaikan Setiap Masalah Memakai Kreativitas

Terdapat suatu cara buat meningkatkan daya kreativitas diri anda di dalam langkah untuk menyelesaikan segala macam permasalahan yang dirasa sukar. Mari kita mulai dengan cara mengetahui sebuah rahasia berikut ini;

Apabila suatu permasalahan itu sulit diselesaikan jalan keluarnya dengan metode konvensional, maka biasanya hal itu ialah karena tidak adanya rantai yang saling berkaitan atau bahasa kerennya Missing Link.

Masalah semula Grant ketika tidak dapat bisa bertahan cukup lama saat diatas punggung anak sapi tadi ini pada awalnya sebab tiada sesuatu sebagai pegangan. Itulah yang sebut tiada adanya rantai yang berkaitan. Oleh sebab itu langkah yang pertama yang mesti diambil dalam mencari setiap penyelesaian masalah yang sukar adalah menentukan apakah perkara tersebut memiliki rantai yang berkaitan atau tidak. Objektif yang anda lakukan adalah buat mencari suatu perkara, jikalau ia bisa wujud maka akan bisa menyelesaikan permasalahan. Janganlah bimbang bila pada awalnya anda bisa mengadakan rangkaian kaitan solusi tersebut ataukah tidak. Hanyalah mencari yang tidak ada unsur kaitan lain.

Pada sekitar tahun Masehi 1930, Aramco, sebuah perusahaan yang kerjasama "Arab-American Oil Company" memerlukan sebuah kendaraan pengangkut minyak yang bisa berjalan lancar diatas jalan padang berpasir. Masalahnya adalah pasir itulah yang mengakibatkan ban dari kendaraan akutan selalu tenggelam serta tidak mau bergerak lagi. Oleh disebabkan tiadanya kajian khsusus yang diselenggarakan keatas permasalahan tersebut, Mekanik "Aramco", "Richard Kerr" tidak memiliki data lengkap tehnik yang bisa membuat fisik ban bisa mencengkram kuat diatas padang  tandus berpasir. Jadi, perihal pertama adalah mencari solusi dari kaitan masalah tidak ada yaitu kekurangannya akan data valid kejurutehnikan.

Langkah yang kedua adalah mencari sebuah jalan buat mendapatkan list data valid yang otentik. Uji percobaan sebuah cara lain akan tetapi itu mengambil waktu yang lumayan lama. Sedangkan beliau ingin segera mencari satu ide agar dapat cepat menyelesaikannya, ditemukanlah sebuah ide hebat yakni dengan cara meniru binatang unta, sebab unta jika diperhatikan dengan seksama dia tidak mempunyai sedikitpun masalah ketika berjalan santai diatas hamparan padang berpasir. Meskipun berat juga besar, binatang ini tidak gampang untuk tersedot dan tenggelam ke dalam tanah pasir.

Kendatipun ide tersebut tampak gila, mekanisme cengkraman kali yang dipakai oleh si unta itu pastinya dapat juga dipakai oleh roda ban kendaraan. Lalu dia mengukur area luas telapak kaki si unta tadi dan kemudian menimbang berat badan unta tersebut. Beliau ini menggunakan data ilmu kejurutehnikan buat menentukan sebuah bentuk serta tekanan dari roda ban yang bisa diperlukan pada kendaraan nantinya dipadang berpasir. Pada akhirnya dengan kerja keras disertai kerja cerdas beliau pun sukses bisa menciptakan ban kendaraan yang cocok dipergunakan dipadang tandus berpasir tadi. Ban buatannya tersebut masih dipergunakan hingga sekarang dipadang berpasir oleh setiap kendaraan yang komersial.

Teknik "Missing Link" ialah satu buah perkara sangat penting sekali yang mesti anda ketahui untuk bisa menyelesaikan segala apapun jua permasalahan yang muncul. Ia dapat meningkatkan sebuah daya dongkrak kreativitas otak anda di dalam mencarikan penyelesaian masalah yang bisa mungkin tidaklah pernah sama sekali anda terfikirkan sebelumnya.

Bagaimanakah Mendapatkan Ide Yang Kreatif

Kita telah membicarakan di dalam cara penggunaan kreativitas diri untuk bisa menyelesaikan setiap permasalahan. Sekarang ini pertanyaannya bagaimanakah menggunakan hal itu untuk bisa mendapatkan ide yang cemerlang? Tentunya yang bisa memberikan sekian banyak sumber peluang bagi kita.

*Kebanyakan penemuan terulung didunia ini dijumpai dengan tidak sengaja. Isaac Newton terkejut apabila sebiji apel terjatuh keatas kepalanya, dimana kemudiannya telah menyebabkan beliau menemui teori gravitasi. William H. Mason juga sedang mencoba untuk mencari cara untuk memanfaatkan tahi gergaji daripada kayu balok. Selepas mengunjungi kawasan pembalokan, dia melihat banyak kayu yang dibuang. Dia mengambil semua kayu-kayu kecil dan disatukan untuk menjadi sekeping papan yang apabila diberi tekanan tinggi dapat memberikan satu panel kuat, seperti yang kita dapati hari ini yaitu playwood.

Adalah sesuatu yang biasa satu penemuan dan ciptaan ditemui dengan cara yang tidak disengaja, dan ide yang asal dilupakan untuk meneruskan proyek baru yang lebih menguntungkan.

Ini memberikan satu penemuan kepada kita yaitu ide baru tidak pernah asli. Ia adalah gabungan dan rombakan daripada ide yang lain. Bill Gates tidak mencipta komputer seperti Steve Jobs (komputer Apple), tetapi menulis software untuk apple dan kemudian melihat peluangnya lebih cerah jika software itu bisa digunakan oleh semua jenis komputer. Kini Windows ciptaan beliau digunakan oleh hampir semua komputer didunia ini. Oleh karena itu mengapa anda perlu bersusah payah mencipta ide baru, sedangkan ide yang anda perlukan sudah wujud dalam keadaan yang berbeda? Fikirkan kemungkinan yang ada. Jangan tunggu sehingga anda mendapat inspirasi untuk mendapat ide kreatif, padahal anda bisa mencoba ide yang asal, rombaklah supaya menjadi satu keperluan yang anda maukan.

Fikiran bawah-sadar (subconscious) :Memberikan anda ide dan penyelesaian

Adalah sangat penting untuk diingat bahwa terdapat jawaban bagi setiap masalah dan ide bagi setiap keperluan. Mungkin anda tidak sadar, bahwa ide dan jawaban itu mungkin sudah disimpan dalam fikiran anda.

Para saintis telah membuat kajian dan mendapati terdapat 15 trilliun data telah disimpan dalam fikiran(fikiran) anda sepanjang hidup. Jika trilliunan data terdapat disini, berapa billion datakah yang bisa diwujudkan dengan kombinasi daripada data-data tersebut. Dengan potensi ini, kemungkinan terdapat jawaban adalah sangat tinggi.

Itu berita baiknya. Berita tidak baiknya ialah 90 persen dariapda informasi itu tersimpan dalam fikiran bawah-sadar (indra ke enam) anda, tiada cara yang mudah untuk membukanya. Ia keluar apabila ia mau dan tidak keluar pada masa anda sedang sadar dan membutuhkannya. Jadi apa yang perlu anda lakukan untuk mengambil data - data ini ialah dengan tidur! Banyak ide penting dan penemuan telah dibuat selepas anda tidur nyenyak. Anda seharusnya tahu bahwa ia datangnya daripada fikiran bawah-sadar anda.

Bagaimana ia berlaku adalah seperti berikut;

  • Sewaktu anda sedang sadar dan berusaha untuk mencari jawaban kepada masalah anda, fikiran bawah-sadar anda juga sadar akan apa yang anda sedang cari.
  • Fikiran bawah-sadar anda tidak pernah beristirahat, walaupun anda sedang tidur. Ia senantiasa memilih data-data yang tersimpan didalamnya.
  • Menit, jam atau hari setelah anda berhenti daripada memikirkan masalah tersebut, fikiran bawah-sadar anda akan memberikan jawaban sepintas kepada anda, Anda tiba-tiba mendapat ide baru, atau jawaban kepada masalah yang rumit sewaktu anda sedang membuat perkara lain.

Contohnya Sir Walter Scott mendapat ide baru apabila baru saja bangun dari tidur. Einstein dilaporkan mendapat ide terbaiknya sewaktu sedang mencukur jenggotnya. Thomas Edison pula setelah mencoba beberapa kali, akan berhenti selama 24 jam dan pada waktu itu beliau akan menemui ide-ide baru. Mozart juga dikabarkan mendapat ide lagunya ketika sedang berdengkur. Apabila bangun, beliau akan menulis nota lagu tersebut yang beliau dapat sewaktu tidurnya.

Jangan salah anggap, satu perkara yang perlu diambil perhatian: setiap orang diatas adalah mereka yang sangat pakar dalam bidang masing-masing. Mereka tidak menjadi genius dariapda ide yang datang sewaktu sedang tidur. Fikiran bawah-sadar hanya memilih informasi yang telah disimpan beberapa tahun dan melaporkan data tersebut seperti yang anda mau.

Oleh karena itu, informasi berharga yang anda peroleh ini perlu anda lakukannya sendiri. Tanpa tehnik-tehnik ini mungkin ide-ide kreatif anda akan tersimpan begitu saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimanakah Menjadi Manusia Yang Sangat Kreatif"

Post a Comment