TIGA RAHASIA MENCARI UANG YANG BANYAK DIRUMAH

Peluang Membentuk Kehidupan Yang Lebih Gemilang - Banyak orang yang berpendapat mencari uang untuk di tabung atau di investasikan menjadikannya sebuah persoalan besar. Akan tetapi kita mesti mencermati problem ini menjadi sebuah peluang, bukannya malah dijadikan satu hambatan.

Peluang  berikut ini hadir dalam 3 sistem :

1. Mengaplikasikan karakter bijak berhemat
2. Memangkas biaya belanja yang tidak perlu
3. Meningkatkan sumber pendapatan

Buat orang-orang yang mempunyai motivasi berlebih, tiga tingkatan sistem ini mudah sekali digapai tanpa mengenali batas usia dan keilmuan. Mari bersama kita ulas lebih dalam satu demi persatu :

RAHASIA MENCARI UANG YANG BANYAK DIRUMAH

1. Mengaplikasikan karakter bijak berhemat

Suatu persoalan yang sangat rumit jika dikerjakan pada permulaannya, akan tetapi dengan sangat mudah itu dapat melahirkan karakter yang baik, adalah bisa menyisihkan separuh daripada hasil pendapatan anda. Sikap disiplin semacam ini sangat bagus, pasalnya ia tidak memberikan peluang sedikit pun kepada anda untuk memhambur-hamburkannya.

Ada baiknya uang itu disetorkan kedalam rekening bank yang tidak mudah diambil. Uang ini semestinya dialokasikan untuk sebuah investasi jangka panjang, dan sangat tidak wajar apabila dipergunakan untuk perbelanjaan keperluan sehari-hari yang melampaui batas meskipun dalam kondisi terdesak. Terkecuali menghadapi keadaan yang sangat darurat.

Mungkin saja anda tidak sepakat dengan langkah ini, karena sudah menjadi kebiasaan segelintir orang yang melakukan perbelanjaan melebihi penghasilan yang mereka peroleh, akan tetapi coba nasehatkan kepada diri sendiri supaya mengerjakannya mulai saat ini juga.

Mungkin dalam hati anda pun bertanya-tanya, berapa besar jumlah uang yang mesti ditabung atau diinvestasikan. Alangkah baiknya agar anda mulai menyisihkan sekurang-kurangnya 10 persen dari hasil pendapatan yang anda miliki.

Maka dalam waktu yang sangat singkat, jumlah nominal tabungan uang anda tadi akan menjadi berlipat ganda, dan ini tentunya memberikan motivasi luar biasa bagi anda, untuk menabung dengan jumlah nominal yang lebih besar lagi.

2. Memangkas biaya belanja yang tidak perlu

Kita seringkali mengeluarkan biaya belanja untuk banyak kebutuhan. Diantaranya maklum memang pengeluaran biaya belanja untuk keperluan yang sangat penting seperti menyewa rumah tempat tinggal, membeli makanan pokok, membayar tagihan-tagihan dan membeli baju. Namun yang jadi masalah, ada juga di antara kita yang membelanjakan untuk perkara yang tidak begitu diperlukan, akan tetapi kita buat juga seperti memodifikasi kendaraan, membeli ornamen rumah dan ada pula yang belanja untuk kepentingan yang glamor, padahal hal itu sesungguhnya tidak begitu dibutuhkan dan sangat bisa di kesampingkan dulu jika mau.

Kunci rahasia agar bisa mengurangi biaya belanja berlebihan adalah dengan cara merinci semua keseluruhan daftar belanja anda. Dan memangkasnya apa yang sama sekali tidak dibutuhkan atau di kesampingkan terlebih dulu tanpa mengusik kualitas kehidupan anda. Ini bukan bearti tidak boleh rekreasi atau makan direstoran, akan tetapi jauh lebih baik waktu luang itu dipergunakan untuk menyusun daftar keuangan anda.

Terkadang  pula terdapat biaya belanja yang tersembunyi, misalnya anda dapat menghemat konsumsi gula, dan ini yang sangat tidak perlu yaitu mengurangi kebiasaan merokok. Sebenarnya melalui upaya ini tanpa anda sadari bisa menghemat uang berjuta-juta rupiah setiap tahun. Diantara perkara lain yang dapat dipangkas pengeluarannya adalah sebagai berikut :

Biaya Menyewa Rumah

Pindahlah kerumah yang tarif sewanya jauh lebih murah sedikit, atau bisa juga membeli sebuah rumah pribadi, karena itu lebih profitabel (menguntungkan) buat rentang waktu yang sangat panjang.

Kepemilikan Kartu kredit

Segera bayarlah secepatnya untuk menghindari bertumpunknya bunga, setelah itu lebih baik bekukan saja Kartu Kredit Anda, dengan harapan supaya tidak lagi tergoda untuk menggunakannya.

Perabotan Rumah Tangga

Pemakaian Gas, konsumsi listrik, penggunaan minyak tanah atau bahan bakar yang lainnya mesti dipergunakan dengan sangat hemat. Persingkat perbincangan lewat telepon kabel dan HP, atau anda bisa menggunakan akses telepon pada waktu di malam hari kecuali untuk keperluan darurat. Menghubungi rekan via phone di waktu malam hari sangat menghematkan karena tarif pulsanya lebih murah.

Kebutuhan Makanan

Membeli sejumlah makanan pokok dalam jumlah besar sekaligus adalah jauh lebih murah. Belilah dari pasar yang hanya buka pada hari minggu atau pada waktu malam saja. Kurangilah makanan yang berkadar lemak tinggi, disamping tidak menyehatkan juga biasanya harga jauh lebih mahal. Akan lebih baik santaplah makanan pangan yang mempunyai khasiat alami tetapi tetap berharga murah. Apabila dilokasi kerja anda terdapat kantin karyawan, anda bisa makan siang dikantin agar dapat mengurangi makan direstoran.

Penggunaan Pakaian

Lebih bagus membeli pakaian yang memiliki kualitas dan awet dipakai lama, ketimbang terlalu keseringan membeli pakaian yang berharga murah akan tetapi tetapi cepat sekali rusak.

Kendaraan Mobil

Apabila akan jarang memakainnya maka lebih baik tidak usah membelinya. Namun jika memang akan selalu menggunakannya, maka belilah sebuah model yang efisien. Kalau memungkinkan servis atau perbaiki sendiri kerusakan yang terjadi semampu yang ditahui. Mencucilah mobil anda sendiri, dan usahakan mesti selalu tahu harga update  servis kendaraan mobil dan harga terbaru onderdilnya.

Hiburan Rekreasi

Tidak bisa dipungkiri aktivitas rutin dari pekerjaan akan membuat diri kita jenuh, oleh karena itu bolehlah sesekali berlibur melakukan rekreasi, namun pandai-pandailah memilih tempat yang terdekat dengan ongkos yang lebih bersahabat.

Sejumlah contoh di atas merupakan secuil pengorbanan kecil yang bisa meringankan dan menghemat pengeluaran uang anda. Itu sama sekali tidak akan mengusik kualitas kehidupan anda saat ini, malah sebaliknya memberikan keuntungan yang lebih besar untuk kemakmuran di masa depan.

3. Meningkatkan sumber pendapatan

Selain upaya menghemat, anda pun seyogyanya mesti meningkatkan sumber pendapatan. Walaupun membuka usaha baru suatu perkara yang tidak mudah. Namun apabila anda ingin mencobanya, maka anggaplah menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan.

Langkah pertama, jika anda berkeinginan membuka sumber untuk meningkatkan pendapatan adalah mengidentifikasi dengan akurat apakah itu yang  disukai, kemudian anda bisa menjalankannya dengan sangat baik.

Setiap manusia memiliki keahlian yang beragam, dan biasanya mereka memiliki satu sampai dua bidang keahlian yang utama serta sejumlah bakat kecil lainnya. Dalam keahlian akan melahirkan bakat, ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan kebahagian dan kesenangan hidup anda.

Apabila anda pandai melahirkan sebuah keahlian tersebut di sektor kewirausahaan, maka tentunya ini dapat membuahkan profit yang cukup lumayan besar. Salah satu contoh bila anda terampil menggunakan kedua tangan, lalu coba anda renungkan untuk menciptakan kerja sambilan. Dalam memperbaiki sebuah barang elektronik dan yang lainnya.

Anda juga dapat melakukan pekerjaan plumbing atau yang berhubungan dengan pipa air, jam tangan dan dinding, radio fm atau Komputer dan Laptop. Seandainya anda menyukai berkebun, coba manfaatkan hobi tersebut dengan menawarkan jasa terhadap pihak lain, seperti membuatkan taman depan rumah dan perkantoran, menjual bermacam sayur-sayuran, jenis buah-buahan, benih pepohonan dan lain sebagainya.

Sekiranya anda suka berbincang dan bertemu dengan banyak pihak, anda barangkali dapat memasarkan sesuatu. Anda bisa mengikutsertakan diri dalam transaksi penjualan secara langsung, atau memberi pembelajaran, atau memperkenalkan sebuah produk asuransi. Bila anda mempunyai sebuah keahlian tertentu, anda dapat mengajarkannya dalam bentuk kursus atau privat kepada pihak lain, apakah dengan cara bebas atau secara khusus.

Anda cuma akan bisa berhasil meraih kesuksesan bila melakukan semua pekerjaan yang anda sukai, dimana ia menjadikan bakat yang dimiliki dan lalu menuangkannya kearah yang komersial. Sekian banyak orang yang berpendapat hanyalah secuil industri saja yang memperoleh keuntungan, padahal mereka sebetulnya bisa berhasil dan sukses meski dalam sektor apapun. Jelas hal ini telah dibuktikan oleh para jutawan yang sudah mengalami asam garam dunia bisnis.

Seumpama anda memiliki kendala untuk melahirkan ide usaha atau peluang bisnis, lebih baik carilah  seorang rekan dan perbincangkanlah bersama-sama, lalu ambil selembar kertas putih kosong kemudian catatlah semua ide yang muncul difikiran masing-masing.

Jangan dicela semua ide yang disodorkan rekan anda, namun kumpulkan setelah itu barulah ide tersebut difilter dan dikaji lebih dalam serta dianalisisa sehingga dapat dibentuk satu kesimpulan dan solusi tindakannya. Tidak perlu dipedulikan seberapa lama  waktu yang diperlukan, mungkin tiga atau lima hari, dua minggu atau sampai sebulan, asalkan  itu tidak dibiarkan terpendam begitu saja. Tentu hal ini sangat buruk bila terus dipendam tanpa tindakan, oleh sebab itu jika kita mempunyai ide namun tidak membuat aksi apa-apa, pada akhirnya sesudah waktu berlalu sekian puluh tahun kita masih tetap saja pada posisi yang dahulu.

Atau anda pun dapat melakukannya sendirian, silahkan cari sebuah tempat yang sunyi sepi atau anda bangun dipagi hari usai solat subuh, sehabis itu anda jangan langsung tidur kembali. Abaikan semua masalah rumit anda dan mulai menenangkan fikiran, atau alangkah lebih bagus lagi anda bangun sepertiga malam untuk solat tahajud. Jika dibarengi dengan ibadah seperti itu, Insya Allah pekerjaan seperti apapun biasanya akan dimudahkan untuk mendapatkan ilham.

Itulah tadi uraian mengenai tips rahasia mencari tambahan uang yang banyak hanya dari rumah, ini adalah suatu usaha yang selaras atau terstruktur. Satu sektor usaha akan memperkuat usaha yang lainnya. Disini saya juga ingin sedikit mengingatkan bahwa poin-poin diatas wajib didukung dengan penunjang lain yang bersifat spiritual mengacu pada nilai-nilai ajaran agama seperti memanjatkan doa, menyalurkan sedekah, menunaikan zakat, membantu orang susah dan lain sebagainya.

Perkara ini sangat dibutuhkan, karena segala kebaikan akan memperoleh balasan dengan kebaikan pula dan seluruh usaha semata-mata hadir atas berkat dan rahmat dari Sang Maha Pencipta Allah Ta'ala. Kita pun juga seharusnya bertawakal, dan selaku insan beriman kita mesti selalu ridha dan mawas diri akan setiap kebaikan dan keburukan. Semoga Allah Yang Maha Pemberi Rezeki membukakan semua pintu-pintu rezeki yang halal serta barokah untuk kehidupan kita di dunia dan akhirat kelak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIGA RAHASIA MENCARI UANG YANG BANYAK DIRUMAH"

Post a Comment