7 Jenis Usaha Musiman Yang Sangat Menguntungkan Pada Bulan Suci Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan ialah merupakan satu bulan dalam 12 bulan yang dipenuhi dengan keberkahan. Dimana pada bulan ini Umat Muslim seluruh penjuru dunia diwajibkan melaksanakan ibadah puasa sebulan lamanya untuk bisa memperoleh derajat manusia yang Taqwa. Tidaklah cuma keberkahan ukhrowi (Bersifat Akhirat), namun juga bulan suci ramadhan ini pun membawa dampak keberkahan Duniawi (Bersifat Dunia) semisal kesehatan badan dan juga melimpahnya rezeki. Hal itu sudah menjadi kewajaran masyarakat muslim terutama di Indonesia disaat memasuki bulan ramadhan, semangat gairah dalam berbelanja berbagai kebutuhan pokok khususnya pada pangan dan sandang akan mengalami lonjakan yang sangat tajam. Hal tersebut yang tentu menjadi sebuah berkah yang tersendiri terhadap beberapa para penjual dagangan tetap dan sejumlah penjual yang menjadi pedagang musiman setiap bulan ramadhan.


Siapapun dapat memanfaatkan hadirnya momentum bulan puasa ini supaya bisa mendapatkan uang penghasilan sampingan. Bagi sobat pembaca semua yang mau memulai sebuah usaha, maka dapat memanfaatkan adanya momentum bulan suci ramadhan tersebut sebagai sarana latihan dalam mengelola keusahaan. Berikut akan kami ulas berbagai jenis peluang bisnis sampingan pada bulan suci ramadhan nanti. Kenapa kami sebut bisnis sampingan? Sebab memang jenis peluang bisnis ini dapat dikerjakan pada separuh waktu serta tidak pernah akan dapat mengganggu dalam kekhusyukan kita ketika mengisi hari-harinya untuk beribadah.

7 Jenis Usaha Musiman Pada Bulan Suci Ramadhan

#1. Usaha Menu Paket Sahur 

Sahur termasuk salah satu ibadah yang di sunnahkan agar dilakukan oleh setiap kaum muslimin pada bulan suci ramadhan supaya bisa kuat ketika menjalani aktifitas ibadah di siang harinya dalam menahan lapar dan haus saat berpuasa. Bagi segelintir orang, mempersiapkan menu makan sahur termasuk aktifitas rutin selama satu bulan yang sangat merepotkan dikarenakan tidak memiliki kebiasaan memasak makanan sendiri untuk sahur dan juga merasa malas dikarenakan tempat tinggalnya jauh sekali dari warung masakan untuk membeli masakan sahur yang sudah jadi. Kondisi tersebut dapat menjadi potensi peluang bisnis yang dapat Anda lirik dan kerjakan dengan memfasilitasi menu paket sahur.

Usaha bisnis musiman ini jauh akan sangat maksimal penghasilannya apabila Anda tinggal pada lingkungan semisal wilayah tempat banyak mahasiswa yang kos-kosan, pada wilayah kos pekerja kantoran, atau pun perumahan elit tertentu disejumlah komplek yang kesulitan akses untuk menuju WARNAS (Warung Nasi). Strategi pemasaran yang dilakukan pun cukup sederhana. Pertama membuat selebaran blosur yang memuat isi tulisan jasa usaha yang di tawarkan yakni berupa layanan menu paket sahur juga bisa pesan antar atau istilahnya "delivery order". Cantumkan keterangan jasa usaha Anda selengkap mungkin juga janganlah lupa menyertakan kontak telepon yang mempermudah untuk dihubungi diantaranya nomor telepon tadi, pin BBM, nomor SMS/WA.Selanjutnya bagikanlah secara langsung pada setiap perumahan atau pun indekosan. Usahakanlah bertemu secara langsung pada setiap orang target konsumen Anda, dengan begitu Anda dapat langsung mempresentasikan promosi layanan secara bahasa lisan sekaligus membagikan blosur selebaran. Sedapat mungkin untuk meminta nomor kontak calon target konsumen Anda pada saat itu pula untuk nantinya di "follow up".

Dengan metode sederhana tersebut, dan juga target market yang di tuju pun sesuai, dari 20 rumah yang berhasil Anda datangi, bisa dipredisikan setidaknya ada 15 orang atau paling sedikit 10 orang calon konsumen akan bersenang hati untuk menerima layanan penawaran produk pake sahur Anda. Maka artinya, bila Anda mempresentasikan pada sekita 100 calon konsumen, berarti itu tandanya akan terdapat sekurang-kurangnya 70 calon konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan tetap pada setiap harinya selama bulan ramadhan. Cobalah hitung laba keuntungan dalam satu hari yang bisa anda peroleh. Bila dalam setiap per paket nominal keuntungannya sebesar 2.000 rupiah maka dalam satu hari Anda dapat meraup laba keuntungan senila 140.000 rupiah sehari atau sekitar 4.200.000 rupiah dalam waktu satu bulan. Jumlah yang sangat lumayan cukup bukan, ini mengingat bisnis yang di lakukan sangat ringan sekali. Hanya cukup bekerja pada awal ketika promosi menawarkan jasa layanannya, sesudah itu tinggal berjalan pada hari yang berikutnya. Anda tidaklah perlu untuk repot memasak sendiri semua menu paket sahurnya, Anda dapat join dengan sebuah WARNAS (Warung Nasi) atau Rumah Makan yang biasa Anda berlangganan, jelas tidak merepotkan, sangat simple sekali dan tentuya keuntungan didapat sangat lumayan.

#2. Berjualan Makanan Takjil

Menu takjil ini seakan sudah menjadi hidangan wajib ketika saat berbuka ibadah puasa tiba terutama bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Beragam jenis takjil berbuka yang sangat difavoritkan oleh masyarakat biasanya berupa air minuman yang segar manis dan juga makanan ringan berasa manis lainnya semisal kurma, kolak, es siruf campur, kue martabak manis, dan lain sebagainya. Berjualan beraneka menu makanan takjil termasuk merupakan sebuah pilihan yang tepat buat siapa saja yang berkeinginan membuka bisnis sampingan pada bulan suci puasa tersebut.

Yang mesti Anda cermati ketika hendak berjualan makanan takjil ini ialah sebuah tempat yang strategis. Usahakan Pilih tempat jualan yang memiliki keramaian orang berlalu lalang maka dijamin secara hitungan matematis dagangan tersebut akan laku keras diserbu oleh para pemburu makanan takjil. Satu hal lagi Jangan pernah lupa untuk tetap menjaga kualitas daganganya, Jika makanan takjil buatan Anda lezat dan nikmat, maka dimungkinkan akan kembali dicari oleh para konsumen pada ke esokan harinya. Cukup simple sekali bukan, dan ini juga tidak terlalu banyak waktu yang terbuang pada bulan suci ramadhan ini.

#3. Bisnis Usaha Pakaian & Baju Muslim

Telah menjadi sebuah tradisi rutin setiap tahun sebagian besar masyarakat suka mengenakan pakaian baru disaat lebaran. Umumnya mereka berbelanja pada awal bulan suci ramadhan masuk atau juga sebelum memasuki ramadhan. Alasan utamanya sederhana sekali karena mereka ingin mendapatkan harga beli yang sangat murah, karena semakin waktu mendekati hari lebaran biasanya penjual suka menaikkan nilai harga pakaian yang mereka dijual.

Oleh sebab itu, supaya memperoleh laba keuntungan yang maksimal, maka Anda  harus sudah mengawali usaha pakaian tersebut setidaknya sebulan sebelum masuk ramadhan. Yang jadi masalah memulai usaha pakaian semacam ini membutuhkan banyak modal yang cukup besar. Akan tetapi tidaklah perlu cemas bagi yang Anda tidak mempunyai cukup akses modal, terdapat tips untuk memulai usaha pakaian ini dengan jumlah modal minim bahkan bisa tanpa perlu modal sekalipun. Untuk tips ini bisa Anda dapatkan pada pembahasan artikel yang selanjutnya. Namun intinya Anda bisa melakukan kerja sama dengan sebuah perusaha baju di sekitar tempat tinggal Anda.

Anda pun dapat menjualnya melalui internet (Secara Online) dengan langkah yang cukup sederhana sekali. Bila anda telah mengetahui trik ilmunya, meskipun hanya lewat Sosmed (Sosial Media), jualan Anda bisa laku keras. Hal terpenting yang mesti Anda perhatikan disaat Anda telah berjualan berbagai pakaian melalui online ialah, Anda mesti segera menutup aktifitas penjualan di H-10 sebelum lebaran. Sebab di waktu itu pihak jasa kulir expedisi barang dipastikan sedang dalam sibuk berjibaku melakukan pekerjaannya mengirimankan barang-barang dan dimungkinkan adanya keterlambatan ketika pengiriman ke tempat tujuan sangatlah tinggi. Alangkah baiknya Anda jangan melayani order pembelian pada sepuluh hari yang terakhir, ketimbang Anda nantinya pusing tujuh keliling dikomplain banyak konsumen akibat barang lama sampai. Maka lebih baik Anda memfokuskan diri meningkatkan berbagai ibadah wajib dan sunnah pada sepuluh hari yang terakhir.

#4. Usaha Perlengkapan Sholat & Peralatan Ibadah

Memasuki bulan suci Ramadhan, sudah dipastikan Kaum Muslimin (Umat Islam) selalu meningkatkan kegiatan amal ibadahnya jauh lebih semangat lagi dibandingkan pada waktu bulan yang lainnya. Tentunnya momen ini membutuhkan bermacam perlengkapan dan peralatan untuk dapat mendukung aktifitas ibadah mereka. Jumlah dari permintaan mengenai perlengkapan dan peralatan ibadah Umat Islam meningkat sangat drastis pada bulan ramadhan tersebut.

Macam-macam perlengkapan yang dapat Anda tawarkan ialah : sarung, sajadah, kopyah, Al-Qur'an, mukena, dan masih banyak yang lainnya. Sama seperti usaha pakaian tadi, disini Anda pun harus juga mempersiapkan segalanya satu bulan sebelum tiba ramadhan. Apabila terkendala akan modal, dapat juga melakukan penjualan secara online lewat internet dan Sosial Media dengan modal sendiri atau pun menjualkan produk orang lain, dan Anda bisa mendapatkan selisih keuntungan darinya setelah melalui perundingan dan kesepakatan bersama.

#5. Usaha Kue Kering Untuk Lebaran

Menyajikan beraneka jenis kue disaat lebaran termasuk merupakan sebuah tradisi pada masyarakat umumnya yang telah berjalan secara estafet hingga sekarang. Namun tidaklah setiap orang bisa pandai dalam membuat kue-kue tersebut yang menarik dan lezat. Oleh sebab itu sebagian besar diantaranya lebih suka untuk membeli bermacam kue tadi yang sudah jadi di toko-toko kue yang menyediakannya. Bila anda memiliki keahlian dalam membuat beraneka kue kering yang rasanya enak dan tampilan rupa yang memikat, tentunya hal tersebut dapat menjadi sebuah potensi peluang usaha yang menjanjikan.

Untuk cara pemasarannya, ini tidaklah perlu dicemaskan. Asalkan kue hasil buatan tangan anda itu enak, maka pastinya akan laku laris terjual dan di incar para pembeli. Langkah pertama bisa promosi kepada orang yang terdekat dengan memanfaatkan momen acara khusus tertentu semisal arisan warga dan juga pengajian rutinan dirumah bukan di masjid (Sebab Tidak Boleh Jualan Di Dalam Masjid). Silahkan untuk memberikan kue tester buatan tangan Anda, bila rasa dari kue tersebut disukai kawan-kawan Anda, ini akan berefek sebuah promosi gratis namun sangat efektif yakni disebut pemasaran "Mouth To Mouth Marketing" yang artinya pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan cara seperti itu produk usaha Anda tersebut akan lebih cepat untuk dikenal oleh banyak sekali kalangan yang merasa puas pada kue hasil buatan tangan Anda sendiri. Supaya hasilnya lebih maksimal janganlah lupa optimalkan promosi Anda melalui media online. Promosi secara online termasuk alternatif marketing terbaik dan paling hemat serta tingkat hasil pemasarannya sangat powerful sekali.

#6. Menjadi Penyalur ART (Asisten Rumah Tangga)

Ketika menjelang akan lebaran tiba banyak sekali para IRT (Ibu Rumah Tangga) yang sangat kerepotan sekali mengurusi rumah tinggal mereka dikarenakan ditinggal pulang kampung oleh ART (Asisten Rumah Tangga) yang biasanya. Disepuluh akhir bulan puasa yang semestinya dipergunakan untuk melakukan peningkatan amal ibadah masing-masing, bukan malah justru disibukkan oleh urusan bersih-bersih rumah. Maka solusinya ialah, dengan menyewa layanan jasa ART (Asisten Rumah Tangga) yang khusus dipekerjakan pada saat momen ketika menjelang akan lebaran saja.

Maka disini Anda dapat memanfaatkan sebuah peluang usaha jasa sebagai penyalur ART (Asisten Rumah Tangga) ini. Ingat, yang sangat perlu untuk diperhatikan ialah kualitas akan SDM (Sumber Daya Manusia) dari calon pekerja sementara tersebut haruslah mereka yang benar-benar berkualitas juga berkemampuan mengerjakan semua pekerjaan rumah dengan sangat baik.

#7. Bisnis Travel Mudik Khusus Lebaran & RTT (Reservasi Tiket Transportasi)

Kebiasaan tradisi pulang mudik saat lebaran ialah merupakan sebuah tradisi musiman yang cuma ada di negeri Indonesia saja. Tradisi setiap tahunan ini merupakan sebuah arus pengerahan (mobilisasi) massa yang terbesar dan terjadi otomatis tanpa komando yang terus berulang pada tiap tahunnya. Fenomena semacam ini tentu berbuah berkah yang tersendiri buat penyedia layanan transportasi umum yang mana pada saat moment hari raya umat islam ini adalah sebuah moment dimana mereka panen penumpang yang sangat melimpah. Permintaan mengenai jasa layanan transportasi ini meningkat sangat tajam pada beberapa hari memasuki ramadhan, membuat harga beli tiket dapat melambung cukup tinggi hingga 100% volume nilai kenaikannya.

Anda dapat memanfaatkan sebuah peluang usaha sebagai agen penyedia layanan RTT (Reservasi Tiket Transportasi) mulai dari BUS, KA (Kereta Api) ataupun tiket Kapal Laut dan Kapal Terbang (pesawat Terbang). Anda pun dapat membuka penyedia layanan jasa mudik lebaran bersama-sama satu mobil dengan kota tujuan yang sama. Hal tersebut sangat bagus di fasilitasi bagi orang-orang yang ingin mudik lebaran namun tidak kebagian tiket. Sebab memang transfortasi KA (Kereta Api) dan juga BUS REGULER termasuk alat sarana akutan umum yang favorit dan selalu menjadi incaran pemudik. Dan Anda disini bisa melakukan kemitraan (Kerja Sama) dengan sejumlah pengusaha BUS yang biasanya untuk pariwisata lokal untuk dapat menyediakan layanan transportasi buat pemudik mahasiswa dan kalangan umum. Jadi dengan penerapan solusi seperti ini Anda dapat memperoleh dua sekaligus keuntungan, yang pertama bisa berbuat baik karena telah menolong sesama dari kalangan mahasiswa serta umum menjadi bisa pulang mudik untuk lebaran di kampung halaman masing-masing, dan yang kedua tentunya adalah memperoleh keuntungan uang atas usaha yang sudah dilakukan.

Demikianlah itu, pembahasan mengenai 7 Jenis Usaha Musiman Yang Sangat Menguntungkan Pada Bulan Suci Ramadhan yang dapat Anda coba untuk dijalankan. Namun tentu masih terdapat banyak jenis usaha yang lainnya dan dapat Anda coba manfaatkan apabila Anda sangat jeli dalam melihat jenis usaha yang potensial juga mampu kreatif menggali ide serta mengembangkannya. Bagi sahabat pembaca yang memiliki banyak ide dan masukan jenis usaha yang lain maka silahkan untuk berkomentar dibawah artikel ini. Semoga saja dapat bermanfaat, pesan dari kami lakukanlah dengan kinerja terbaik bagi setiap usaha Anda. Sebab bisa jadi, usaha sambilan yang di awali pada bulan puasa ini dapat menjadi sebuah bisnis yang memiliki masa depan yang cerah dikemudian hari. AAMIIN.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Jenis Usaha Musiman Yang Sangat Menguntungkan Pada Bulan Suci Ramadhan"

Post a Comment