Kunci Sukses Merubah Kegagalan Bisnis Menjadi Sebuah Kesuksesan

Dunia bisnis di dalam proses perjalanannya maka tentunya akan berhadapan dengan banyak halangan dan juga rintangan. Ketika menghadapi suatu halangan atau rintangan tentu pasti ada orang dapat menghadapinya dengan sukses namun ada pula yang sama sekali tidak sanggup untuk menyelesaikannya secara sempurna. Pencapaian kesuksesan yang sejati ataupun malah sebaliknya terjungkal oleh kegagalan yang menyakitkan, sementara situasi gagal ini di dalam perjalanan berbisnis berkelok-kelok memang cuma terpisahkan oleh sebuah dinding pemisah yang amat tipis.

Bagaimana pun kita dapat menjadi seorang pengusaha yang berhasil di dalam upaya menjalankan setiap bisnis sepenuhnya sangat bergantung kepada diri sendiri. Cukup banyak para pelaku bisnis yang gagal karena kebanyakan mereka malah berhenti dikala bisnisnya sedang mengalami kebangkrutan. Namun sebaliknya banyak pula yang bisa sukses bahkan berkembang terus menerus seakan tidak ada hentinya, dikarenakan mereka semua tidak serta merta menghentikan bisnisnya dan tidak mau menyerah kalah terhadap keadaan meskipun bertubi-tubi menjumpai kegagalan.

Kunci Sukses Merubah Kegagalan Jadi Kesuksesan

Lalu bagaimanakah caranya agar kita bisa mampu merubah setiap kegagalan yang sering di alami supaya dapat berganti dengan kesuksesan di dalam akivitas berbisnis, maka simaklah beberapa tips singkat sebagai berikut ini.

5 Kunci Rahasia Sukses Untuk Merubah Kegagalan Menjadi Sebuah Kesuksesan

#1. Menjadi Pribadi Realistis

Menjadi seseorang pribadi yang sangat realistis dapat membantu kita untuk bisa melihat dengan benar bagaimanakah situasi yang saat ini sedang dijalani. Dengan begitu kita dapat memprediksikan dan juga menghitung seberapa besar tingkat peluang yang pontensial atau pun volume kemungkinan dari kegagalan yang akan terjadi. Sesudah itu kita bergegas enyiapkan sebuah skenario yang baik untuk bersiap menghadapi hal apapun saja yang mengintai menjadi kokoh terstruktur secara terorganisir dan teratur.

Disamping itu, sikap realistis sangatlah mendukung sekali dalam kreativitas diri manakala kita lagi sedang dalam mengalami situasi kegagalan bisnis. Realistis ini membuat kita menjadi perlahan lebih memiliki  kedewasaan berpikir dan juga akan menjadikan kita lebih merasa tenang. Efek positif lainya yakni keadaan yang berlangsung akan lebih mudah untuk dikendalikan apabila kita telah merasa jauh lebih tenang dan santai tanpa adanya kepanikan. Dengan mempunyai sikap yang realistis tersebut kita akan dimudahkan untuk bersegera secepatnya memulai bangkit kembali.

#2. Terima Kegagalan Dengan Besar Hati, Kemudian Mencari Bisnis Lainnya

Kegagalan seringkali terkadang menjadi batu ganjalan terhadap beberapa sejumlah orang di dalam kegiatan bisnis. Perasaan yang belum menerima sepenuh hati akan kegagalan bisnis sesungguhnya ini akan menjadikan hambatan buat kita untuk tetap terus melangkah menatap masa depan. Alangkah lebih baiknya bila mengalami suatu kegagalan, maka terimalah dengan berhati besar lalu segeralah mencari peluang bisnis yang lain. Namun kegagalan tadi tetap janganlah dilupakan, kita jadikan sarana untuk introspeksi diri.

Selanjutnya rubahlah penyesalan dihati kita menjadi pancaran energi yang positif agar bisa segera kembali memulai aktivitas bisnis yang baru, daya kreatifitas dalam bisnis yang terbaru juga dibarengi serangkaian inovasi yang sangat dibutuhkan. Apabila kita tidak dapat menerima suatu kegagalan, maka kisah perjalanan bisnis kita akan total berhenti hingga saat itu saja. Unjungnya kita pun tidaklah akan sampai menuju puncak kesuksesan bisnis.

#3. Yakinilah Bahwa Semua Ini Perjuangan, Bukanlah Perang

Kegagalan bisnis memang kerapkali menjadi momok bagi hampir semua pebisnis. Tidak jarang diantara mereka menghadapi pedihnya kegagalan usaha dengan ekspresi terlalu berlebihan. Saking kelewat berlebihannya ketika dihadapkan situasi kegagalan tersebut mereka ada yang merasa seolah-olah hidupnya telah hancur lebur. Untuk bisa menghadapi keadaan seperti itu, maka solusi tips ampuh yang dapat kita lakukan ialah dengan cara meyakinkan akan diri sendiri bahwa dunia ini tidak sesempit yang dibayangkan dan bukan juga sedang berada di arena perang.

Dan kita pun tidak berada dalam kondisi pengungsian apalagi dalam ancaman.  Semua ini ialah sebuah perjuangan hidup yang semestinya kita hadapi dengan penuh keberanian tanpa mengenal lelah. Sebuah keputusan mutlak ada ditangan kita sendiri, untuk mengecap kebangkitan dan bebas merdeka untuk berproses kembali meniti jalan manis pahitnya kesuksesan. Intinya tinggal kita berbuat sekarang juga, sudah cukup.

#4. Nikmatilah Kebebasan Bisnis Yang Dimiliki

Kebebasan itu sangatlah mahal sekali harganya. Oleh karena itu ketika kita mempunyai kebebasan di dalam menentukan sebuah keputusan, maka usahakan nikmatilah semuanya dengan hati bijaksana. Definisi kebebasan yang dimaksud disini ialah apapun hasil keputusan arah dari sebuah bisnis yang mau kita ambil ialah seluruhnya 100% pertanggung jawaban berada di tangan kita sendiri. Jadi di saat kita dalam menghadapi kegagalan maka bisa bebas untuk memutuskan langkah selanjutnya yang nanti hendak ditempuh.

Apakah nantinya kita memutuskan akan bangkit kembali lalu memulainya lagi dari awal, atau mungkin malah ingin berhenti hingga disitu saja. Nah, Ini tentunya nanti yang akan menjadi dinding pembeda antara seorang pengusaha sukses dengan pengusaha gagal. Pengusaha sukses akan selalu bahagia dalam perjalanan menikmati indahnya kebebasan ketika mau memulai kembali merintis usaha setiap selesai kegagalan itu berlalu. Mereka sama sekali tidaklah pernah merasakan kegagalan dalam hal apapun, akan tetapi mereka sebaliknya malah menganggap setiap kegagalan ialah termasuk celah kebebasan memilih untuk bisa memulai sesuatu yang terbaru yang mesti dimaksimalkan agar lebih berdaya guna.

#5. Berpikirlah dan Bertindak Positif Saat Menjumpai Kegagalan

Adakalanya mayoritas kita beranggapan bahwa kegagalan itu ialah lebih dominan besar pengaruhnya daripada dirinya sendiri. Maka tidak jarang bisa jadi kegagalan muncul bermula dari pikiran negatif diri sendiri. Maka dari itu, berusahalah untuk selalu berpikiran dan bertindaklah secara positif dalam menghadapi setiap kegagalan apa saja yang lagi kita jumpai. Jadi sedapat mungkin hilangkanlah anggapan di hati masing-masing bahwa kita ialah pebisnis gagal. Gantilah perkataan GAGAL tadi dengan kalimat yang lebih positif yakni PENGALAMAN, kalimat ini lebih mengandung arti yang penuh motivasi bukan mematikan semangat dalam menggali potensi diri.

Kesimpulannya jadi tatkala kita mengalami sebuah kegagalan, anggaplah itu semuanya sebagai pengalaman berharga untuk cermin pembelajaran ke depannya agar dapat memperbaiki dengan lebih baik lagi. Ingatlah bahwa yang namannya pengalaman tersebut ialah guru terbaik kita. Sehingga tidak perlu lagi mengarang seribu alasan demi membenarkan sikap berputus asa dikala menemui kegagalan. Perlu diketahui kegagalan ialah cemeti untuk mencambuk semangat diri agar tetap membara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kunci Sukses Merubah Kegagalan Bisnis Menjadi Sebuah Kesuksesan"

Post a Comment