Langkah Termudah Dalam Memasarkan Produk Secara Online Dan Offline

Pemasaran ialah bagian mata berantai yang terpenting di dalam sebuah aktivitas bisnis. Dapat kita bilang bahwa keberadaan pemasaran ialah nyawa utama dari segala kegiatan bisnis dan usaha. Tanpa adanya pemasaran, sebuah produk bisnis yang sudah susah payah dirancang dengan bagusnya serta dibuat sehebat-hebatnya malah justru tidak diterima oleh target pasar. Strategi dalam pemasaran dengan tepat sasaran dan mengena sangat dibutuhkan supaya produk bisnis yang dihasilkan tadi dapat diterima serta ada yang membelinya. Dan menguasai pemasaran ialah sesuatu yang sangat dinamis di dalam perjalanan bisnis. Perihal ini cukup amat terasa penting apabila dikaitkan pada keadaan situasi sekarang ini.

Perkembangan dunia teknologi akan informasi digital dan juga komunikasi cepat, sedikit banyaknya mengubah strategi pola pemasaran usaha. Sebelum adanya internet, mekanisme strategi dunia pemasaran dikerjakan dengan cara manual serta terbatas sekali. Pemasaran ala dengan tipe model jenis konvensional ini, sering disebut pemasaran dengan gaya offline. Namun sesudah internet ini telah lazim dipergunakan dan banyak dimanfaatkan orang-orang, pola sistem strategi dalam pemasaran pun menjadi sangat masif dan meluas tanpa batas. Dan Model tipe pemasaran jenis ini disebut juga dengan sistem pemasaran secara online.

Langkah Termudah Dalam Memasarkan Produk Melalui Online Dan Offline

Sekarang ini terdapat dua langkah memasarkan sebuah produk bisnis yang cukup banyak dipakai oleh perusahaan-perusahan besar maupun kecil yakni pemasaran jenis offline serta pemasaran jenis online. Beberapa dari perusahaan tersebut mempergunakan salah satu diantaranya dalam upaya memasarkan semua produknya, dan sebagiannya menggunakan kedua cara tersebut sekaligus.

Yang selanjutnya menimbulkan pertanyaan kita, diantara kedua jenis strategi bisnis tersebut kira-kira yang manakah masuk pada kriteria cara efektif serta lebih baik untuk diterapkan dalam perkara supaya produk bisnis kita itu bisa diterima serta dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat luas.

Melalui pembahasan ini, kita akan coba menjelaskan bagaimana caranya memasarkan sebuah produk bisnis dengan cara online serta offline supaya Anda bisa menentukan opsi cara dalam memasarkan sebuah produk usaha yang seperti bagaimana untuk nantinya Anda akan ambil, maka berikut dibawah ini penjelasannya :

#1. Dengan Cara Online

Memasarkan Sebuah Produk Bisnis Via Situs Media Sosial

Negara Indonesia termasuk merupakan sebuah negara yang mayoritas penduduknya penggila situs Media Sosial. Hal tersebut bisa Anda coba manfaatkan dengan baik untuk dapat memasarkan dan menawarkan semua produk usaha Anda melewati situs online atau beberapa media sosial semisal Facebook, Google+, Twitter, Linkedin, Instagram, Path dan lain sebagainya.

Jejaring sosial Facebook dewasa ini telah menjadi sebuah raksasa sosial media dengan volume jumlah user pengguna terbanyak baik di Indonesia sendiri maupun di dunia. Sebuah cara paling mudah untuk mensosialisasikan produk bisnis melalui media Facebook yaitu dengan langkah membuat laman Fanspage pribadi atau bisnis. Buatlah sebuah Fanspage dengan nama toko online Anda di media Facebook, lalu kemudian mulailah sosialisasikan semua produk bisnis Anda pada Fanspage yang sudah Anda buat tersebut.

Apabila semua produk bisnis Anda dirasa memiliki nilai yang menarik di mata pengguna facebook, maka orang yang akan menyukai Fanspage toko online Anda diperkirakan akan mengalami peningkatan, dan dengan demikian produk bisnis Anda tadi akan jauh lebih dikenal khalayak banyak calon konsumen.

Memasarkan Melalui Forum

Sosialisasi sebuah produk melalui forum komunitas bisa Anda pilih dan menjadikannya sebagai sebuah langkah alternatif. Disini pun Anda tidaklah perlu banyak mengeluarkan dana untuk kegiatan memasarkan segala produk bisnis Anda pada sebuah forum. Namun yang mesti Anda kerjakan hanya cukup menjadi bagian anggota dari forum tersebut, kemudian selanjutnya membuat sebuah thread.

Beberapa jenis forum komunitas yang terpopuler sekala lokal diantaranya adalah kakus.co.id, detik.com, ads.id. Dari ketiga jenis forum yang disebutkan barusan memungkinkan kita untuk bisa memasarkan segala macam produk bisnis yang sama sekali tanpa mesti memikirkan pengeluaran biaya promosi yang tinggi.

Memasarkan Lewat Sebuah Blog

Memasarkan sebuah produk melalui blog termasuk merupakan suatu cara yang terbaik saat ini dan bisa juga Anda segera menempuhnya. Bila Anda ingin berhemat biaya pengeluaran, maka pilihlah sebuah platform jenis blog yang gratisan, semisal blogger.com dan bisa juga wordpress.com. Disitu Anda memiliki kebebasan menuangkan tulisan tentang produk-produk bisnis atau jasa yang menggunakan salah satu layanan blog tadi atau keduanya. Namun yang saya sarankan gunakanlah blogger, karena lebih mudah penggunaannya dan bisa bebas mengganti tampilan web atau template buatan sendiri maupun hasil beli.

Untuk dapat memasarkan semua produk bisnis Anda tersebut terhadap banyak pengguna internet, index dari peringkat blog yang Anda miliki haruslah bagus, dikarenakan target dari pengunjung ialah visitor organic, maksudnya adalah para pengunjung yang datang dari hasil pencarian di mesin pencari google (search engine).

Memasarkan Sebuah Produk Lewat Situs Online Khusus Jual Beli

Cara yang gratisan jenis lainnya dalam memasarkan sebuah produk bisnis Anda melalui online ialah dengan cara menggunakan sejumlah situs yang khusus untuk menjajakan produk barang-barang untuk diperjual belikan. Metode memasarkan beberapa produk via situs jual beli ini termasuk merupakan trik strategi cara promosi bisnis yang sangatlah mudah dan cepat serta tanpa mengeluarkan biaya.

Terdapat beberapa web situ layanan jual beli online yang sangat populer dan gratis di dalam negeri Indonesia sendiri diantaranya yakni seperti tokopedia.com, bukalapak.com dan lain sebagainya. Pasanglah iklan dari produk bisnis Anda di kedua situs tersebut dengan tentunya mengikuti aturan syarat ketentuannya masing-masing supaya keanggotaan akun Anda tidak mengalami masalah. Pilihlah opsi iklan yang regular maupun premium yang sesuai dengan perhitungan budget yang telah Anda kalkulasikan.

Memasarkan Sebuah Produk Binis Dengan Membuat Situs Online Shop

Kalau cara yang satu ini cukup banyak dipakai oleh sejumlah perusahaan, akan tetapi buat Anda para pembaca yang mempunyai niat ingin membuat web situs online shop (toko online) sendiri tidak juga jadi masalah untuk di coba, karena memang akan lebih baik jika hendak memasarkan produk lewat online bagusnya memiliki sebuah website. Sebagai permulaan Anda dapat membuat sebuah web online shop (toko online) berskala minimalis terlebih dahulu yang belum membutuhkan biaya yang besar. Misalkan dengan memanfaatkan blog gratisan tadi.

#2. Pemasaran Melalui Offline

Pasarkan Produk Lewat Menentukan Target Pasar serta Rencanakan Produk 

Hal yang pertama dan harus dilakukan tentunya yaitu menentukan target pasar tujuan yang nantinya akan menjadi tempat pelayanan kita, dan untuk langkah yang selanjutnya ialah menentukan dan merencanakan jenis produk bisnis yang mana saja disekitar kita yang paling terbanyak dibutuhkan oleh target pemasaran.

Sebagai contohnya apabila Anda akan menargetkan sebuah pasar pada tingkat pedesaan, dan juga target tujuan Anda paling banyak mayoritas ialah para ibu rumah tangga, maka disini Anda dapat mencoba untuk memasarkan beberapa produk bisnis berupa peralatan dapur ataupun bisa menawarkan alat-alat kecantikan semisal kosmetik dan lain-lain.

Pasarkan Produk Lewat Menentukan Lokasi Plus Waktu

Tidak cuma lokasi jualan saja yang mesti diperhitungkan, akan tetapi waktu juga harus Anda perhatikan dalam kita membuka tempat untuk usaha, misalnya Anda mau menjual segala macam peralatan buat anak sekolah SD,SMP dan SMA. Maka usahakanlah Anda dalam membuka kios tokonya hingga waktu malam maksimal tutup pada jam 21:00 atau 22:00, karena umumnya jam-jam itulah para siswa sekolahan berburu berbagai jenis perlengkapan untuk sekolah semisal buku, pulpen, penggaris, penghapus jangkar serta yang lainnya.

Pasarkan Produk Lewat Brosur & Stiker

Sebuah cara dalam memasarkan setiap produk melalui offline lainya ialah dengan langkah membuat lembaran brosur yang banyak dan kemudian menyebarkan kepada masyarakat luas yang sering berkumpul ditempat ramai dan pastikan juga orang-orang yang potensial menjadi pelanggan yang setia bisnis Anda nantinya. Sertakan pula gambar produk yang cukup menarik dan dilengkapi beberapa kontak person yang mudah dihubungi jikalau ada yang ingin membeli produk bisnis Anda yang sudah di cantumkan dalam lembaran brosur tersebut. Disamping itu, tips lainnya supaya selebaran tadi tidak serta merta dibuang tanpa dilihat dulu maka muatlah sesuatu yang ada manfaatnya seperti diskon menarik dan lain sebagainya.

Langkah kedua yang selanjutnya ialah mencetak gambar stiker merupakan hal yang mudah akan tetapi kita harus pandai dalam mencari posisi dinding rumah, dinding toko atau bisa juga tembok gang jalan yang dapat terlihat jelas oleh orang-orang yang lalu lalang. Pastikan tempat tersebut ramai dilewati banyak sekali orang. Namun tetap menjaga kerapihan dan kebersihan dan jika dimungkinkan meminta izin terlebih dahulu ke pihak yang punya rumah.

Keuntungan paling inti dari langkah kedua metode Memasarkan sebuah produk bisnis via online di media internet dan juga Offline secara langsung adalah dua bentuk cara promosi yang tidak begitu banyak menghabiskan biaya dalam upaya memasarkan sejumlah produk bisnis yang hendak dipasarkan. Akhir kata semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Termudah Dalam Memasarkan Produk Secara Online Dan Offline"

Post a Comment