Peluang Usaha Waralaba Tren Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini

Dunia kewirausahaan di dalam negeri Indonesia akhir-akhir ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Semakin meningkatnya animo masyarakat kepada dunia wirausaha ditandai oleh makin banyaknya pebisnis-pebisnis wajah baru kian bermunculan. Namun untuk membangun sebuah bisnis tidak semudah yang diucapkan apalagi buat pebisnis baru (pemula) yang belum memiliki pengalaman. Ditambah lagi permasalahan branding bisnis yang tidak dipunyai oleh sebuah usaha baru yang masih seumur jagung. Branding ini sangatlah penting di dalam proses menghadapi gencarnya persaingan bisnis yang amat ketat. Pelanggan akan jauh lebih melirik produk usaha yang telah populer daripada sebuah produk yang baru tapi belum ada kejelasan akan kualitasnya.

Bisnis Waralaba Sebuah Tren Usaha Masa Kini

Permasalahannya, membangun suatu brand bisnis tidaklah gampang, butuh permodalan besar, adanya kerja yang keras,  serta waktu pengerjaan yang banyak. Hal tersebut akan menjadikan sebuah barrier (pembatas) buat pelaku bisnis yang masih pemula dalam kemampuan bertahan menghadapi persaingan. Nah, sebuah solusi yang tepat dan cerdas sekali buat para pebisnis pemula, yang berkeinginan memulai segera karir usahanya tanpa banyak resiko, ialah dengan cara membeli sebuah bisnis jenis waralaba yang sedang tren belakangan ini. 

Sekilas Tentang Bisnis Waralaba

Waralaba (franchise) ialah sebuah sistem menduplikasi kesuksesan usaha dari seseorang pengusaha waralaba (franchisor) terhadap salah seorang yang berkenan membeli duplikasi sistem tersebut yang dinamakan franchisee. Membeli dengan cara waralaba ini artinya juga kita membeli sebuah hak perizinan atas pemakaian semua produk dan sistemnya yang sudah sukses sebelumnya. Dengan munculnya waralaba ini semakin membuat mudah yang jadi biasa saja menjadi seorang pengusaha pada tingkat kesuksesan yang sangat tinggi jika dibandingkan kita memulai bisnis sendiri merangkak dari awal.

Konsep bisnis waralaba tersebut pertama kalinya lahir di negara Amerika sekitar tahun "1850-an" yang diprakarsai oleh seorang yang bernama "Isac Singer", yang kebetulan pemilik jenis usaha penjual mesin jahit merk Singer. Sementara di negeri kita sendiri (Indonesia), sistem bisnis waralaba ini mulai banyak dikenal sekitar tahun "1950-an" yang ditandai ketika munculnya usaha dealer pada kendaraan lewat pembelian sebuah lisensi. Sekarang ini usaha dengan sistem  waralaba di Tanah Air tumbuh semakin menjamur disetiap wilayah dengan berbagai bentuk penawaran kerja sama yang sangat menarik.

Sejumlah waralaba usaha yang sedang berkembang cukup pesat hingga saat ini ialah waralaba dalam sektor makanan semisal Papa rons, Ayam bakar Wong Solo, Pecel Lele Lela, Red Crispy, Ayam bakar Mas Mono dan lain sebagainya. Ada juga waralaba berjenis "Mini Ritail" semisal Indomart, Yomart, dan Alfamart. Lalu waralaba paling sangat sanagat menguntungkan sekali adalah jenis waralaba sektor pendidikan semisal Superkids, Primagama, ILP, Sinotif, dan English First. Perkembangan bisnis waralaba di Indonesia kian kemari terus menerus meningkat dari tahun  ke tahun, dapat kita lihat ketika diselenggarakan sebuah pameran mengenal waralaba terdapat banyak sekali waralaba sekala nasiolan mampu bersaing ketat dengan usaha waralaba kelas dunia.

Keuntungan Usaha Waralaba

Membeli usaha waralaba ialah cara yang cerdas untuk mempunyai bisnis sendiri dengan tingkat risiko kerugian yang sangat kecil. Proses percobaan (trial) dan kesalahan (error) saat mencari pola juga sistem usaha yang klop tidaklah perlu kita rasakan sehingga akan lebih mudah dan cepat suatu bisnis tersebut memperoleh sejumlah keuntungan. Menurut berdasarkan sebuah penelitian, perbandingan keberhasilan usaha waralaba bisa tembus hingga 75%, jauh lebih tinggi dibandingkan memulai usaha dari awal yakni sebesar di angka 60%.

Oleh sebab itu, jenis peluang usaha waralaba sangatlah potensial sekali apalagi buat Anda selaku pebisnis pemula. Akan lebih bagus lagi Anda untuk belajar usaha dengan cara membeli paket bisinis waralaba dari produk yang sudah terkenal karena memiliki sejumlah keuntungan ketimbang Anda menjalankan bisnis produk sendiri sedari nol. Inilah beberapa poin keuntungan jika Anda join menjalankan jenis bisnis sistem waralaba :

1. Tidak usah capek dalam membangun sebuah brand bisnis. Disini usaha Anda bisa langsung dijalankan menggunakan merk dari franchisor. Label merk tadi sudah lebih dikenal atau telah populer di masyarakat luas sehingga bisnis Anda nantinya akan dengan mudah berjalan mulus.

2. ROI cukup tinggi. Nominal keuntungan bisa langsung dinikmati walaupun usaha tersebut baru saja Anda buka karena sistemnya sudah lebih dulu berjalan, angka biaya dalam proses percobaan (trial) dan juga kesalahan (error) nyaris kosong, sehingga bisa menjadikan tingkat dalam pengembalian dana investasi pada usaha Anda semakin lebih cepat.

3. Terdapat Pelatihan khusus kepada seluruh mitra usaha waralaba tersebut. Pelatihan usaha ini sangatlah penting sekali karena hal itu merupakan sebuah proses pengalihan pengetahuan dari jenis produknya dan juga sistem usaha dari pihak franchisor berdasarkan pengalamannya hingga mencapai kesuksesan, pelatihan ditujukan pada franchisee supaya mitra usaha bisa menjalankan bisnisnya dengan sempurna sesuai Standard Operating Procedure (SOP) serta sesuai pula dengan racikan pada sistem usaha yang telah terbukti akan keberhasilannya.  

4. Adanya Sebuah Layanan Untuk Konsultasi. Di dalam setiap perjalanan bisnis, pastinya ditemukan permasalahan-permasalahan yang kerapkali dijumpai oleh semua mitra bisnis waralaba. Oleh karenanya mitra usaha waralaba dapat berkonsultasi akan permasalahannya kepada owner waralaba langsung dan secara bersama mencarikan solusi baiknya. konsultasi tersebut penting sekali agar daya perkembangan usaha waralaba bisa tetap stabil dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Dengan keuntungan bisnis yang tercapai maksimal ini tentunya memberikan keuntungan bagi kedua pihak yang telah bersepakat dalam kerja sama bisnis baik owner waralaba atau pemiliknya maupun dengan mitra bisnis waralaba.

5. Kompetisi usaha sejenis dapat diminimalisir. Owner waralaba yang profesional pastinya akan dengan seksama mengatur juga memberikan batasan kuota dari jumlah anggota mitra bisnisnya dalam sebuah wilayah supaya tidak berimbas terjadinya persaingan usaha yang sangat ketat antar sesama anggota mitra usaha warlaba. 

6. Biaya aktivitas promosi dapat diminimalkan. Setiap pemilik usaha waralaba tentu akan ikut membantu Anda dalam mempromosikan bisnis Anda. Kegiatan promosi tersebut dilakukan pada wilayah bisnis Anda serta juga pemasaran promosi di pusatnya langsung dengan mencantumkan informasi pada website utama perusahaan maupun di kantornya mengenai alamat lengkap mitra bisnis pada setiap daerah. 

Demikianlah tadi ialah ulasan tentang usaha waralaba saat ini, peluang juga potensi besar waralaba sungguh yang sangat menggiurkan. Bila Anda mau belajar untuk memulai bisnis, maka membeli waralaba ialah pilihan alternatif yang sangat tepat. Salah satu tujuan yang utama dalam berbisnis ialah untuk mendapatkan keuntungan. Nah, dengan join usaha waralaba maka kita akan memperoleh kentungan yang lebih banyak dan cepat dibandingkan usaha yang dimulai dari bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha Waralaba Tren Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini"

Post a Comment