Pentingnya Sebuah Manajemen Pengaturan Waktu Pada Produktivitas Usaha

Jika kita ditanya apakah sesuatu yang paling sangat berharga yang keberadaanya tidaklah dapat ternilai dengan bayaran materi berapapun jumlahnya, hanya menggelinding maju terus di depan, dan tidak akan pernah lagi terulang untuk mundur balik belakang. Betul, itulah dia yang dinamakan sang WAKTU. Ia adalah nyawanya kehidupan, jika sekali saja ia terkuras habis hingga tak bersisa maka binasalah kehidupan dari seseorang anak manusia. Karena waktu sangat berharga jika dibandingkan dengan harta sebanyak apapun.

Jika seseorang menghabiskan semua waktu masa mudanya demi sekedar hanya untuk bersuka ria saja, tidak tergerak sedikit pun untuk menimba ilmu dunia maupun akhirat, maka dipastikan dirinya akan mengalami penyesalan yang dalam di masa tuanya karena dirundung dengan berbagai kesulitan hidup. Dia hanyalah bisa meratapi penyesalannya, karena sang waktu sudah pergi dan begitu lama berlalu. Dan dia pun tidak dapat menukar waktu masa mudanya walaupun dengan sebuah gunung emas, berapapun harta yang hendak dikobarkan agar dapat membeli waktu masa lalu meski cuma sehari, jelas tidak mungkin pernah akan bisa, sebab waktu tidak dapat diulang. Hal tersebut jelas menggambarkan bahwa sang waktu amat sangat berharga jauh melebihi uang.

Pentingnya Manajemen Pengaturan Waktu Pada Produktivitas Usaha

Setiap anak manusia memiliki jatah masa waktunya yang besarannya sama semuanya dalam sehari, yakni 24 jam atau 1.440 hitungan menit. Akan tetapi, pertanyaannya mengapa terdapat orang yang rutinitas kegiatan hariannya dapat sangat aktif produktif dalam melakukan segala hal, namun di lain sisi banyak orang yang menghabiskan seluruh waktunya hanya dengan menikmati kemalasan dan perbuatan tidak berguna? Maka jawabannya ialah karena sebagian besar mereka termasuk kumpulan manusia-manusia yang mempunyai visi kehidupan dan memiliki manajemen pengaturan waktu terbaik namun contoh yang kedua sebaliknya.

Memiliki visi dalam hidup ialah sebuah petunjuk jalan untuk meraih cita-cita terbesar dalam kehidupan seseorang. Ingin menjadi siapa dan mau berperan selaku apa. Maka visi tersebut akan menuntun seseorang dengan terarah ketika hendak menentukan sebuah sikap serta keputusan terbaik untuk diambil. Sudah cukupkah bila hanya mempunyai visi maka seseorang tadi akan dapat bekerja dengan produktifitas tinggi dalam kegiatan kesehariannya? Tentunya belumlah cukup. Sebab visi ini masih bersifat berupa sebuah gambaran pada garis dasarnya, oleh karena itu dibutuhkan implementasi yang khusus dan lebih mendetail secara terfokus yang mampu dapat membantu dalam menjabarkan visi hidupnya menjadi sebuah rangkaian dari perencanaan aktivitas pelaksanaan pada kurun waktu tahunan, setiap bulan, seminggu sekali, hingga opsi rencana pada kegiatan rutin harian.

Setelah Anda mampu dalam membuat susunan perencanaan aktivitas yang produktif dalam kurun waktu yang sudah disebutkan diatas maka saatnya Anda action. Di dalam artikel ini kami akan mencoba berbagi beberapa tips kepada Anda para pembaca tentang bagaimana caranya mengelola jatah waktu yang hanya 24 jam saja dalam sehari akan tetapi dapat kita isi dengan beragam aktivitas keseharian yang lebih produktif.

Pengaturan Produktivitas Ketika Kerja

Pengaturan ini berfungsi untuk bisa meningkatkan ritme produktivitas dalam bekerja pada setiap harinya. Sistem kerja dari pengaturan ini sangatlah sederhana, namun hasilnya  cukup powerful apabila kita menerapkannya dengan maksimal. 

Berikut dibawah ini ialah pengaturan produktivitas dalam kerja :

  • Membuat Rencana Secara Menyeluruh Aktivitas Harian Anda
  • Memprioritas Kegiatan Yang Terjadwal
  • Mencatat List Daftar Pekerjaan
  • Membagikan Dengan Porsi Waktu Yang Tepat Pada Tiap Pekerjaan

#1. Membuat Rencana Secara Menyeluruh Aktivitas Harian Anda    

Hal ini ialah pandangan secara menyeluruh atau garis besarnya tentang jadwal kerja harian Anda, apa kira-kira yang mesti Anda bereskan di hari saat itu. Misalnya, untuk hari besoknya, Anda sudah merencanakan akan membuat rekaman video mengenai marketing online untuk produk pakaian distro. Itu termasuk adalah sebuah gambaran garis besarnya akan kegiatan kerja Anda pada hari yang telah ditentukan tadi. Gambaran intinya dapat diartikan menjadi Judul dari kegiatan kerja Anda. Lalu pada saat itu maka Anda pastinya akan mencatat mengenai rencana aktivitas-aktivitas yang bisa mendukung jalannya proses ketika pembuatan rekaman video tentang marketing tersebut. Tindakan ini merupakan komponen langkah awal yang seharusnya Anda kerjakan supaya Anda tetap produktif menjalaninya disetiap hari.

#2. Memprioritas Kegiatan Yang Terjadwal

Sesudah menuliskan tema judul dari aktivitas harian anda, maka opsi langkah berikutnya ialah menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang akan menjadi yang utama diprioritaskan. Prioritas ialah sesuatu perkara yang mesti didahulukan serta diutamakan ketimbang perkara lainnya. Disni Anda mesti menentukan apa saja pekerjaan yang akan Anda lebih dulu dalam mengerjakannya dipermulaan waktu. Manfaat yang diperoleh ialah agar kita bisa menyelesaikan sesegera mungkin bentuk pekerjaan yang paling penting serta mempunyai tingkatan pengerjaan yang berat lalu kita garap awalan waktu dengan sepenuh tenaga yang masih full, bukan dikerjakan di akhir waktu dimana ketika tenaga telah melemah.

Opsi ini sangat penting sekali untuk dilakukan kemudian juga Anda mesti disiplin dalam mentaatinya. Jika langkah opsi ini kita abaikan, maka akibatnya mengundang datangnya kebiasaan jelek yakni suka dalam menunda-nunda setiap pekerjaan yang utama dimana yang seharusnya dijadikan prioritas nomor satu dan pada akhirnya justru terbengkalai. Hindarilah melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting di permulaan waktu, supaya tidak menimbulkan kerusakan pada ritme kegiatan Anda selanjutnya.

#3. Mencatat List Daftar Pekerjaan

Sesudah Anda mengatur manajemen prioritas, selanjutnya tinggal Anda segera membuat sebuah daftar urutan pekerjaan rutin harian jadwal Anda secara terperinci. Daftar dari pekerjaan tersebut berupa sebuah rangkaian dari kegiatan yang lengkap dimulai ketika bangun pagi setelah tidur hingga tidur beristirahat kembali.

#4. Membagikan Dengan Alokasi Waktu Yang Tepat Pada Tiap Pekerjaan 

Disetiap rutinitas aktivitas yang sudah Anda tulis, berikanlah porsi jatah waktu alokasi yang sepadan. Mengetahui kapan memulainya plus juga tahu kapan harus segera menyelesaikannya. Nilai manfaatnya ialah, Anda pun akan menjadi terbiasa untuk disiplin serta lebih semangat untuk terpacu lagi menyelesaikan setiap target dari pekerjaan dengan tepat pada waktunya.

Dengan kita menerapkan pengaturan produktivitas kehidupan dunia kerja yang cukup sederhana ini, Insya Allah segala aktivitas keseharian Anda akan menjadi lebih produktif dan berdaya guna, bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat pula untuk orang lain terutama terhadap Orang Tua serta keluarga terdekat Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Pentingnya Sebuah Manajemen Pengaturan Waktu Pada Produktivitas Usaha"

  1. Manajemen waktu sangat penting agar tidak menyesal dunia akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz semoga bermanfaat terimakasih kunjungannya

      Delete
  2. Sangat membantu bagi pengaturan waktu secara produktif
    -kunjingi juga
    Http://revisites.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip jangan lupa baca artikel yang lainnya

      Delete
  3. Arahan yang bagus kang perlu jg tuk buat pengaturan waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat, jangan bosan terus mampir di blog kami, terimakasih kunjungan dan komennya,,

      Delete