Rahasia Membangun Rasa Kepercayaan Para Pelanggan Dalam Jualan Online

Adanya kepercayaan termasuk sifat paling mendasar yang sangatlah penting, yang mana sifat rasa percaya tersebut tidaklah muncul terkecuali dengan serentetan bukti nyata yang sudah ada, sama begitu pun halnya yang terjadi dalam kancah dunia usaha, sebuah kepercayaan sangatlah diperlukan terutama rasa kepercayaan dari konsumen kepada para penjual produk. Keumuman yang biasa terjadi, konsumen diharuskan membayar dahulu ketika berbelanja produk online, kemudia baru produk barang pesanan tadi di kirimkan lewat jasa kulir ke tujuan alamat pembeli.

Yang menjadi permasalahan disini adalah apakah produk jualan tersebut benar-benar Anda kirim atau sebaliknya. Nah, disitulah peran dari kepercayaan calon konsumen sangat diharapkan. Apabila para konsumen sudah semakin mempercayai Anda sebagai penjual online maka mereka pun akan dengan senang hati melakukan aktivitas transaksi pembelian tanpa sedikit pun merasa takut pesanannya tidak Anda kirimkan. Oleh karena itu rasa kepercayaan komsumen sangatlah amat penting serta Anda harus berusaha sungguh-sungguh bagaimana caranya mendapatkan rasa kepercayaan yang tinggi dari para calon konsumen tersebut.

Rahasia Cara Membangun Rasa Kepercayaan Pelanggan Dalam Bisnis Online

Dengan adanya kepercayaan itulah konsumen akan tertarik untuk  membeli produk yang Anda jual, ketentuan ini tidak cuma berlaku bagi online shop saja, bahkan untuk toko jenis offline pun sama sangat diperlukan. Oleh sebab itu kenapa kepercayaan sangatlah penting dibangun dan termasuk menjadi sebuah modal yang utama bagi para pengelola online shop, sebab dengan adanya rasa kepercayaan dari para konsumen itulah produk dagangan kita dapat laris terjual di target pemasaran.

Untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen itu memang bukan suatu hal yang gampang, karena calon konsumen cuma dapat melihat produk yang Anda jual melalui gambar/foto atau paling maksimal ialah sebuah rekaman video pendek. Maka tentunya para calon konsumen Anda tidak dapat melihat fisik bentuk produk secara keseluruhan, yang artinya konsumen tersebut tidak dapat melihat segi kualitas, ukurannya, bahan yang dipakai dan masih banyak yang lainnya. Konsumen cuma memanfaatkan sebuah deskripsi singkat tentang produk yang dilihatnya dibagian bawah atau samping gambar atau bahkan seringkali langsung menanyakan kepada owner. Bila konsumen telah menyimpulkan online shop Anda bisa dipercaya, maka konsumen tersebut akan dengan penuh semangat untuk melakukan transaksi order, begitu pun sebaliknya.

Kemudian lantas bagaimanakah agar online shop kita dapat terpercaya di mata pelanggan dan bisa menjadi sebuah pilihan yang di utamakan oleh konsumen? Maka berikut dibawah ini kami akan bagikan sejumlah informasi mengenai tips cara membangun rasa kepercayaan dari konsumen pada online shop yang sedang atau akan Anda kelola.

Rahasia Membangun Rasa Kepercayaan Para Pelanggan Dalam Jualan Online

1. Bangunlah Website Online Shop Yang Profesional

Di saat pertama kalinya ingin berbelanja online, para konsumen biasanya akan berselancar maya di internet mencari situs online shop yang berkesesuaian dengan produk benda yang sedang di inginkannya. Setelah ditemukan maka calon konsumen tersebut akan mengunjungi situs websitenya untuk segera melihat detail produk yang hendak dibeli. Hanya saja apakah telah Anda ketahui bila kesan yang utama paling menjadi sorotan oleh para calon konsumen ialah tampilan online shop tersebut. Dilengkapi dengan desain tampilan halaman depan yang menarik cepat mudah di akses dan memiliki menu navigasi yang jelas, otomatis konsumen pun akan merasa nyaman di dalam mencari barang-barangnya.

Itu berarti tampilan yang menarik dan profesional sangatlah kita butuhkan. Dan pelanggan biasanya pula melihat nama domain situs dari online shop yang Anda miliki, dengan menggunakan nama domain situs yang lebih profesional maka konsumen setidaknya percaya apabila website tersebut terpercaya. Usahakanlah jangan pernah menggunakan nama domain dari penyedia gratisan ketika membangun web online shop, konsumen sekarang ini sangat mengerti sekali jika website online shop yang memakai domain dari gratisan sangat rawan akan penipuan.

Intinya bagaimanakah membuat konsumen dapat nyaman disaat memilih produk benda melalui navigasi atau daftar menu yang dapat dengan lancar dan mudah mereka akses. Karena pabila konsumen pengunjung website Anda sudah merasa betah berlama-lama membukannya maka tingkat presentase proses transaksi pembelian akan semakin lebar terjadi.

2. Gambar Produk Harus Jelas dan Asli (Original)

Gambar produk wajib dipasang ketika kita mau berjualan secara online, karena jika tanpa adanya gambar produk bagaimana mungkin konsumen bisa tahu penampilan fisik dari produk tersebut, walaupun tidak melihatnya langsung, setidaknya dengan bisa melihat tampilan gambar yang jelas konsumen dapat mengetahui nantinya produk yang akan dia beli bentuknya seperti bagaimana. Sebagai pengelola online shop sebaiknya Anda memasang gambar asli (original) dari hasil foto langsung lewat kamera ponsel Anda. Gunakanlah kamera ponsel yang berkualitas bagus supaya detail foto produk semua dapat terlihat jelas, pastikanlah menyertakan foto yang lebih banyak maksimal 4 sampai 5 buah yang di ambil dari beragam sudut, karena jika semakin terpasang banyak foto konsumen dapat melihat produk dari segala sisi. Namun bila Anda mencomot foto dari online shop lain, maka saat produk yang Anda kirim ternyata tidak serupa dengan bentuk kondisi yang aslinya, maka konsumen dipastikan akan komplain dan juga kesal sehingga tidak mau membeli kembali di online shop Anda. Bila sudah merasa yakin produk yang akan di jual bermutu (berkualitas), mengapa harus menyertakan gambar yang palsu. Cukup kita sertakan saja gambar foto yang aslinya, sebab kejujuran kita sangatlah di perlukan disini.

3. Deskripsi Tentang Produk Yang Jelas & Lengkap

Selain kita menyertakan foto yang hasilnya jelas dan juga asli (original), Anda pun harus mengisi deskripsi ulasan pada tiap produk jualan yang akan Anda tawarkan. Berikanlah deskripsi mengenai produk dengan sangat jelas serta sedetail-detailnya. Dan janganlah sampai kita salah ketika menuliskan kalimat deskripsi produk apalagi hingga berbohong. Contoh permisalannya ketika kita menjual sebuah smartphone yang mana mempunyai garansi yang sebenarnya adalah dari distributor, akan tetapi agar calon konsumen tertarik untuk membelinya lalu Anda memberikan keterangan deskripsi yang menyebutkan adanya garansi pabrik resmi. Mungkin untuk satu atau dua orang bisa jadi ada calon konsumen Anda yang kena tipu, namun sesudah itu mereka tidak mau membeli kembali di online shop anda.

Dampak yang terburuknya ketika konsumen tadi memberikan sebuah testimoni, kemudian mereka mengatakan online shop ini telah menipu otomatis para calon pelanggan yang lain pastinya akan merasa ragu dengan online shop anda.

Memberikan keterangan deskripsi penjelasan produk yang sangat lengkap juga jelas dapat meminimalisir banyak pertanyaan yang diajukan calon pelanggan, sebab bila harga barang, jenis bahan, garansi resmi, warna, ukuran dan semua hal yang diperlukan sudah tercantum, maka para calon konsumen pun tidak mungkin akan banyak bertanya kembali, tapi kemungkinan masih bertanya mengenai cara pembayaran, cara konfirmasi dan semisalnya yang tidak membutuhkan penjelesan yang panjang.

4. Mudah Untuk di Kontak Konsumen

Saat ada konsumen yang tertarik akan produk barang yang mereka inginkan, maka konsumen tersebut akan segera mencari nomor kontak yang dapat cepat terhubung. Perlu di ketahui bahwa disini biasanya konsumen sangatlah butuh layanan fast respon dari service center Anda. Apabila konsumen menghubungi pada waktu pagi buta, maka usahakanlah Anda telah menjawabnya maksimal waktu jam tujuh sampai jam delapan pagi, janganlah sampai kita membuat mereka menunggu sangat lama hanya sekedar satu pertanyaan semata.

Yang paling terpenting pastikanlah para calon konsumen tadi mudah di dalam menemukan nomor handphone atau akun sosial media yang dapat mereka kirimi pesan pertanyaan, letakkanlah di sebelah atas atau pun di sebelah samping website yang terpenting jelas di lihat. Selain menaruh nomor handphone sediakanlah juga jenis sarana komunikasi yang lain seperti SMS, BBM, WA, Email, Telegram dan yang lainnya.

5. Garansi Dari Produk

Garansi dari produk termasuk sebuah bentuk rasa pertanggung jawaban para penjual dimana konsumen pastinya sangat amat menyukai sekali produk barang yang mempunyai garansi. Ini bukan berarti barangnya yang gampang rusak, akan tetapi untuk opsi mengantisipasi mana kala barang mengalami kerusakan mendadak atau adanya permasalahan yang mungkin timbul di lain hari.

Benar memang tidaklah semua produk barang jualan terdapat garansinya, semisal contoh pakaian dan makanan. Bila barang yang diperjualkan seperti handphone maka label garansi dipastikan otomatis sudah ada.

Maksud dari garansi yang saya tekankan disini ialah garansi produk dari diri Anda sendiri selaku penjual, seperti garansi bila barang pesanan tidak kunjung sampai ke tujuan, garansi produk barang jika rusak maupun cacat ketika sampai di tangan konsumen dan juga garansi kesalahan kirim produk karena tertukar. Dengan adanya garansi ini poin plusnya Anda telah memberikan rasa keamanan serta kenyamanan terhadap para konsumen. Maka tentunya kepercayaan dari para calon konsumen pun akan semakin mengalami peningkatan apabila terdapat garansi yang demikian dalam layanan bisnis Anda.

6. Sertakan Daftar Testimoni Dari Pelanggan

Memberikan sebuah halaman yang khusus dan berisi kumpulan testimoni kepuasan dari para pelanggan produk Anda yang telah berbelanja merupakan suatu perihal yang sangat bagus, sebab dengan memiliki real kumpulan testimoni asli dari para pelanggan, maka calon konsumen yang masih meraba-raba layanan bisnis Anda bisa lebih cepat menilai bagaimanakah kualitas produk dan juga pelayanan service centernya. Lebih baik lagi bila testimoni tersebut berada dalam posisi ideal pada halaman list produknya, dengan demikian testimoni akan sangat tepat menuju sasaran.

Janganlah pernah ragu dalam menambahkan halaman menu kumpulan testimoni berikut ini, jikalau memang setiap pelayanan yang Anda berikan benar-benar baik memuaskan dan semua produk bisnis Anda mempunyai kualitas terbaik, pastinya dengan adanya kesaksian pelanggan lewat testimoni menjadikan online shop Anda akan semakin dipandang terpercaya.

Itulah sejumlah tips untuk mendapatkan rasa kepercayaan dari konsumen dalam kita berjualan online, bila kini web online shop Anda telah berpetampilan profesional tapi masih minim transaksi, maka tidak ada salahnya membuka akun online shop di sejumlah situs layanan jual beli terbesar seperti tokopedia dan bukalapak, sebab kedua situs tersebut telah sangat populer akan kredibilitasnya dan sudah dipercaya banyak pihak. Cukup sampai sekian mudah-mudahan informasi singkat ini dapat bermanfaat, jangan lupa share lewat tombol dibawah artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Membangun Rasa Kepercayaan Para Pelanggan Dalam Jualan Online"

Post a Comment