Tips Menjadi Orang Kaya Pada Usia Di Masa Muda

Umumnya setiap manusia normal pasti ingin sekali menjadi orang yang kaya raya, apalagi jika itu terjadi pada usia kita ketika masih dalam keadaan muda. Tentunya tidaklah akan pernah ada diantara kita yang menolak hal tersebut. Karena hidup berlimpah dengan kekayaan, secara hitungan dunia kita akan menjadi sosok pribadi manusia yang berdaya dan lebih dihormati orang, dan terutama dapat lebih bebas dalam melakukan semua amal kebaikan. Meskipun cukup banyak dari kita yang sangat menginginkan hidup kaya pada usia yang masih muda, namun sebagian mayoritas mereka tidak mampu mewujudkannya. Sekiranya apa penyebab yang menjadikan kegagalan yang mereka alami?

Terdapat cukup banyak jumlahnya setiap manusia yang memiliki obsesi untuk menjadi orang kaya pada masa muda namun malah justru terjerumus kepada kekayaan yang bersifat semu, menyeret pada kemiskinan tanda sadar, bahkan berujung dengan kebangkrutan bisnis yang sangat menghancur leburkan. Setidaknya ada tiga yang menjadi penyebab paling utama alasan mengapa banyaknya orang yang gagal menjadikan dirinya kaya raya di masa muda. 


Penyebab Timbulnya Kegagalan Dalam Proses Meraih Hidup Kaya Di Masa Muda

1). Belum Memahami Secara Benar Arti Kaya Sebenarnya

Banyak yang orang keliru dalam memahami pengertian kaya tersebut seperti bagaimana. Dampaknya mereka malah menganggap yang dimaksud kaya itu adalah seseorang yang dari tampilan lahirnya terlihat memiliki rumah yang mewah, kendaraan mobil atau motor yang bermerk, dan juga bergaya pakaian hingga kebiasaan hidup yang serba glamor. Padahal justru kemungkinan seseorang yang tampak terlihat berpenampilan kaya tersebut namun hakekatnya sangatlah miskin sebab bisa jadi hutang piutangnya lebih banyak daripada penghasilannya. Memiliki rumah yang mewah tapi kredit, kendaraan mobil pun masih cicilan, smartphone canggih terbaru juga status ngutang, dan beragam jenis hutang kreditan lainnya. Orang-orang sejenis ini mereka hanya berpenampilan kaya namun fatamorgana, karena sebenarnya dia adalah golongan kaum miskin belaga kaya. Jadi, mulai dari sekarang janganlah sampai diantara kita yang bercita-cita menjadi orang kaya pada usia masa muda, namun gagal paham dan malah mencontoh lifestyle (gaya hidup) orang yang berpura-pura kaya.

Jadi pengertian kaya yang sebenarnya ialah ketika situasi pendapatan pasif (passive income) kita jauh lebih banyak daripada menuruti kebiasan hidup bermegah-megahan. Passive income ialah sebuah penghasilan yang didapatkan tanpa secara nyata aktif bekerja. Ini artinya bahwa seseorang memiliki pendapatan pasif akan mendapatkan keuntungan materi tanpa langsung harus dirinya yang bekerja. Biasanya penghasilan besarannya tersebut jauh lebih banyak ketimbang biaya lifestyle hidupnya, sebab hal itu bukanlah kebutuhan dalam hidup. Oleh karena itu sudah pastinya biaya hidup glamor sangatlah lebih tinggi dibandingkan biaya dalam kebutuhan hidup sehari-hari. Hal tersebut menandakan bahwa setiap diri dapat disebut orang kaya manakala dia telah tidak harus lagi membanting tulang siang malam untuk bekerja dalam membiayai kebiasaan glamornya. 

2). Kurang Memiliki Kecerdasan Finansial

Penyebab yang kedua dari kegagalan hidup kaya adalah dikarenakan kurangnya mempunyai kecerdasan dari segi finansial. Janganlah minder terlebih dulu jikalau Anda saat ini termasuk bagian yang lemah dalam hal kecerdasan dari sudut finansial sebab jenis kemampuan kecerdasan tersebut dapat dipelajari serta ditingkatkan sambil menjalani prosesnya. Kecerdasan dari segi finansial ialah suatu bentuk kecerdasan yang dipunyai seseorang di dalam kepintarannya menghasilkan materi, mengelolanya, dan juga pandai menumbuhkannya ke usaha yang lain. Kalau hanya mengetahui cara memperoleh uang saja itu sangat banyak sekali orang telah menguasainya, namun persoalannya tidak semua orang tersebut bisa mengelola keuangan dan menumbuhkannya. Maka efeknya, mereka tetap terus membanting tulang bekerja keras tak kenal waktu untuk mendapatkan uang yang banyak, tetapi anehnya setiap penghujung bulan tanggal akhir selalu saja kekurangan, bahkan setelah terlewati bertahun-tahun aktif bekerja tapi aset dari kekayaannya sama sekali tidak beranjak berubah, tetap segitu-gitu saja hanya jalan ditempat. Begitu amat pentingnya mempunyai kecerdasan dari segi finansial di dalam kita menentukan peruntungan hidup di masa yang akan datang apakah sukses jadi manusia kaya ataukah malah sebaliknya.

3). Terburu-buru Ingin Langsung Kaya

Bersemangat dalam mengejar impian itu sangat bagus, akan tetapi jikalau terburu-buru maka hal demikianlah yang seharusnya dihindari. Setiap orang yang sukses pastinya sudah melewati sebuah perjalanan proses yang panjang. Tidaklah ada cara yang cepat dan instan dalam mencapai sebuah kesuksesan. Nikmatilah prosesnya dengan setulus hati, jangan mudah tergoda berbagai rayuan yang menawarkan cara singkat untuk kaya raya yang sungguh tidak dapat diterima oleh akal.

Di tahun-tahun lalu banyak sekali rekan-rekan saya sesama pebisnis online yang bernafsu ingin sekali kaya pada usia masa muda akan tetapi sayangnya mereka tergoda dengan iming-iming sebuah program investasi menjanjikan dengan keuntungan tidak masuk akal dalam sehari hingga sebulan. Jika sudah begitu, rasional otak seseorang pun jadi hilang diakibatkan dorongan hawa nafsunya yang ambisius ingin cepat segera langsung kaya raya. Namun hasilnya bukanlah kekayaan yang dia dapat akan tetapi justru malah sebuah kebangkrutan yang menimpanya karena semua jumlah uang simpanan miliknya yang telah diinvestasikan malah dibawa kabur oleh seorang penipu berkedok program investasi online.

Tips Menjadi Orang Kaya Pada Usia Masih Muda

Berikut dibawah ini ialah tips efektif untuk mewujudkan impian Anda menjadi seorang anak muda yang bisa kaya dalam arti sebenarnya :

#1. Mulai Membangun "Pasive Income" Anda Sedini Mungkin.

Belajarlah dalam mengumpulkan banyak aset sejak usia sedini mungkin sehingga dari aset-aset itulah Anda sudah mempunyai kesiapan untuk menghasilkan materi sebagai bekal nantinya ketika menginjak usia remaja muda. Mulailah menahan segala pengeluaran yang bersifat royal (konsumtif) yang seringkali terjadi di usia muda, alokasikan dana Anda tersebut untuk dibelikan sejumlah aset bisnis. Berikut ini ialah contoh real beberapa jenis aset bisnis yang dapat menghasilkan "pasif income" yang keuntungannya bisa berkali-kali lipat berkesinambungan :

  • Property. Mulailah sisihkan dari penghasilan rutin Anda setiap bulannya untuk membangun atau membeli sebuah aset dalam bentuk property. Namun janganlah sampai kita salah dalam membelinya, belilah sebuah property yang dapat menghasilkan keuntungan seperti rumah kos-kosan, rumah toko (ruko), apartemen, tanah kavling, sawah, dan juga property jenis lain yang dapat menghasilkan keuntungan di masa depan.
  • Bisnis bersistem. Saatnya memulai belajar untuk membangun bisnis yang memiliki sistem pengelolaan yang bagus dan benar. Sekarang ini cukup banyak telah ada beberapa komunitas bisnis yang dibuat oleh sejumlah pengusaha dan mereka rela berbagi pengetahuan bagaimana caranya membangun sebuah bisnis usaha yang hingga profesional, contohnya : GENPRO, TDA, IIBF dan masih banyak komunitas yang lainnya. Apabila bisnis tersebut sudah mempunyai sistem yang kuat, maka hal itu akan melahirkan "pasive income" bagi kita pemilik usahanya. Jika sudah begitu tidak lagi perlu terlibat secara aktif di dalam bisnisnya, namun tetap memperoleh kucuran penghasilan.
  • Bursa saham. Pengertian saham ialah surat yang berharga dan merupakan sebuah tanda dari kepemilikan diri seseorang akan suatu aset perusahaan. Tentunya saham ini dapat menghasilkan "pasif income" bagi kita dalam bentuk deviden. Maka mulailah untuk belajar berinvestasi dalam membeli sebuah saham di salah satu perusahaan ternama yang memiliki kinerja peningkatan usaha yang baik dan terus naik nilai bagi hasil keuntungan sahamnya seiring makin berkembangnya perusahaan tersebut.

Ketiga bentuk aset tersebut diatas merupakan sebagian contoh kecil dari manfaat memiliki aset bisnis yang dapat menghasilkan "pasif income". Masih cukup banyak jenis bentuk aset bisnis yang murah dan sederhana lainnya. Pada intinya suatu hal perkara yang dapat menghasilkan keuntungan pribadi meski tanpa ikut bekerja. Misalkan : Usaha Rental Mobil, Ternak Sapi yang menghasilkan susu perah dan dapat dipanen serta dijual air susunya. Jasa Penyewaan Kendaraan Motor, Jasa Sewa Mesin Penggilingan dan lain-lain. Silahkan tentukan dan asah semua keterampilan pribadi Anda dalam menciptakan sebuah aset bisnis pribadi dan langsung terjun praktik.

#2. Tingkatkan Kecerdasan Ilmu Finansial

Tips yang kedua ini ialah lebih condong bersifat dalam menguasai sebuah ilmu yang mana yakni ilmu kemampuan dalam menghasilkan sejumlah uang yang banyak, ilmu dalam mengelola keuangan, dan juga ilmu kemahiran dalam menumbuhkan keuangan tersebut. Poin pertama, kemampuan ilmu dalam menghasilkan sejumlah uang yakni ilmu pengetahuan yang mesti kita menguasainya supaya kita dapat terampil dalam menghasilkan materi dengan efektif serta masif. Terdapat banyak sekali tips yang dapat Anda lakukan semisal mengikuti kajian seminar bisnis, pelatihan entrepreneurship, atau pun belajar secara mandiri lewat internet di mesin pencari dengan rajin membaca artikel sejumlah blog orang lain yang memuat tema peluang bisnis dan usaha, disamping itu Anda wajib untuk praktik secara langsung mendirikan dan mengelola sebuah bisnis. Bila semakin intensif Anda berlatih, maka Anda akan lebih semakin pandai serta ahli dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Kedua ialah kecerdasan dalam mengelola keuangan. Sebesar apapun uang penghasilan bisnis Anda, jika tidak dapat mengelolanya dengan baik, maka hasil jerih payah tersebut akan mengalami kebocoran ke perkara yang sia-sia. Hal tersebut pastinya tidaklah diharapkan sama sekali dimana Anda bekerja begitu keras, namun pada akhir setiap bulannya selalu terkuras habis. Pelajarilah ilmu mengenai manajemen mengelola keuangan, diantaranya yang saya rekomendasikan ialah FL (Financial Literacy). Ketiga ialah ilmu mengenai bagaimana caranya menumbuhkan keuangan. Ilmu pengetahuan ini membahas mengenai belajar mendalami tentang cara berinvestasi secara benar, mempelajari tata cara mengalokasikan sejumlah uang pada masa sekarang dengan bertujuan untuk menambah income kita pada masa yang datang.

#3. Bersyukurlah. 

Setelah kita berusaha dengan maksimal, maka serahkan semua hasil sepenuhnya kapada Tuhan Yang Maha Esa dan jangan lupa untuk selalu mensyukuri berapapun nominal pencapaian untung dari bisnis kita tersebut. Terkadang kita sering lupa untuk bersyukur manakala sedang bersemangat meraih sebuah target bisnis, justru malah yang sering terjadi terbesitnya dalam hati perasaan kecewa serta keluh dan kesah. Apabila Anda mau cepat kaya, salah satu solusinya tambahlah rasa bersyukur Anda. Bersyukurlah terhadap setiap pencapaian bisnis Anda apapun hasilnya baik besar maupun kecil dan tetap kembali menata diri untuk melanjutkan proses perjalanan dalam menuju impian Anda.

Jika rasa tingkatan syukur Anda semakin besar, maka percayalah Tuhan Yang Diatas tidak akan ragu menambah limpahan nikmat yang banyak, memperlancar urusan-urusan yang terkait dengan bisnis, dan juga mendekatkan diri Anda menuju impian menjadi orang kaya pada usia yang masih muda. Implementasi rasa syukur disini termasuk gemar berderma atau bersedekah berbagi kelebihan rezeki pada sesama yang membutuhkan terutama kaum dhuafa dan anak yatim.

Demikianlah teman-teman sahabat pembaca yang budiman ulasan tentang tips menjadi orang kaya di masa muda. Semoga dapat bermanfaat serta memberikan warna inspirasi buat kita semuanya terutama terhadap Anda para insan pemuda dan pemudi yang punya target sukses di usia muda.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjadi Orang Kaya Pada Usia Di Masa Muda"

Post a Comment