Usaha Jasa ‘Cuci Motor’ Inilah Cara Memulainya Supaya Sukses

Ada cukup banyak jenis usaha yang dapat dikerjakan di atas muka bumi ini, satu dari sekian juta lebih diantaranya ialah usaha mencuci kendaraan motor (Cuci Motor). Bidang usaha ini termasuk dalam lingkaran kategori jenis usaha yang membutuhkan modal awal yang cukup bervariasi, sangat bergantung pada diri pribadi kita selaku pengelolanya, membuka jenis usaha jasa pencucian motor dengan perbandingan kecil ataupun besar. Disamping itu sangat tergantung pula dengan sejumlah mesin serta peralatan yang akan dipergunakan, semakin modern dan canggih serta lengkap peralatan yang dipakai maka tentunya modal yang harus dikeluarkan pun harus besar juga.

Pada kesempatan di hari berbahagia ini kami akan mencoba membagikan beberapa referensi tentang usaha ‘Cuci Motor’ sekaligus juga analisa pendukung lainnya yang menjadi penunjang berjalannya bisnis tersebut. Barangkali nantinya bisa menjadi sebuah bahan materi pertimbangan yang terkhusus bagi para pembaca semua yang berniat dan berkeinginan akan memulai usaha pencucian motor tersebut.

Bisnis usaha Jasa Cuci Motor Sangat Menjanjikan Sekali Dan Inilah Tips Suksesnya

Dewasa ini apabila kita perhatikan dijalanan umum sudah pastinya kendaraan pribadi yang paling terbanyak dipergunakan sekarang adalah kendaraan bermotor. Kendaraan beroda dua tersebut memang sedang menjadi sebuah pilihan yang dianggap lebih baik oleh banyak kalangan orang, disamping harga belinya yang relatif murah dibandingkan mobil, dan dengan adanya motor ini segala aktifitas berpergian lebih cepat dan mudah di dalam kita berakselerasi serta jarangnya motor tersebut mengalami kemogokan layaknya kendaraan mobil.

Dalam negeri kita sendiri dapat dibilang jika tingkat penjualan kendaraan motor sangatlah tinggi. Para peminat dari kendaraan beroda dua ini terus melonjak setiap tahun ke tahun dan tidak mengherankan pula apabila terdapat puluhan perusahaan yang memasarkan kendaraan motor buatannya di tahan air.

Menengok fakta kenyataan yang terlihat maka ada beberapa bidang bisnis yang memiliki kaitan erat dengan kendaraan bermotor tersebut dan pastinya mempunyai prospek penghasilan yang sangatlah menjanjikan, salah satu diantaranya ialah usaha dalam bidang jasa pencucian kendaraan motor. Jenis usaha yang berikut ini sangat jelas sekali dibutuhkan oleh banyak para pengendara motor terutama mereka yang tidak punya waktu atau memang malas untuk mencuci alat kendaraan motornya sendiri. Tidak dapat dipungkiri mencuci jenis kendaraan bermotor memang termasuk kegiatan yang cukup berat, apalagi bagi para wanita. Hingga jadinya tak mengherankan jikalau banyak diantara mereka yang memilih membawanya ke tempat jasa pencucian sepeda motor.

Bisnis jasa pencucian kendaraan bermotor sendiri dapat dijalanakan di sepanjang masa, baik itu saat musim datangnya kemarau ataupun pada musim penghujan. Cuma saja dikala waktu musim hujan turun, setiap kendaraan akan semakin cepat kotor karena sering terkena tanah berlumpur yang otomatis tanpa disadari hal tersebut menguntungkan pengusaha dari bisnis jasa pencucian motor ini.

Agar dapat memulai bisnis yang berikut ini, Anda mesti menyiapkan permodalan yang mencukupi untuk menyewa tempatnya, membeli peralatan nyuci seperti mesin semprotan, sabun khusus, lap kain, sarung tangan dan lain sebagainya, serta yang jangan boleh terlupakan adalah merekrut sejumlah karyawan jika dimungkinkan yang sudah berpengalaman.

Disaat kita telah memulai bisnis pencucian motor ini maka secara langsung ataupun tidak kita telah membuka sebuah lapangan kerja bagi orang yang membutuhkan, terutama terhadap kaum pemuda yang baru lulus sekolah dan belum mempunyai pekerjaan. Sebab pada dasarnya kegiatan mencuci motor ini dapat dilakukan siapa pun, sehingga para karyawan yang Anda rekrut dengan status pendidikan lulusan apapun tidaklah menjadi masalah.

Baiklah, untuk Anda para pembaca sekalian yang mungkin berminat dan berencana terjun di dunia bisnis ini, silahkan langsung simak saja beberapa tips bagaimana memulai usaha atau bisnis jasa pencucian kendaraan bermotor tersebut dari awal hingga selesai secara lengkap terutama penting sekali bagi pemula.

Tips Dalam Memulai Bisnis ‘Cuci Motor’ Supaya Sukses

#1. Pilihlah Tempat Lokasi Strategis

Lokasi tempat usaha merupakan sebuah faktor yang paling terpenting yang bisa menentukan potensi ramai dan tidaknya bisnis pencucian motor tersebut. Dimana apabila berhasil memilih sebuah lokasi tempat usaha yang benar dan tepat maka dapat kita pastikan bahwa bisnis ini akan ramai di datangi para pengunjung yang nantinya kemungkinan akan menjadi calon konsumen Anda. Mendapatkan sebuah lokasi usaha yang sangat strategis ini memang bukanlah sesuatu hal yang begitu mudah, disamping biayanya yang cukup tinggi, disekitaran lokasi usaha tersebut seringkali biasanya telah ada orang lain yang membuka usaha yang sama sehingga secara kebetulan menimbulkan adanya persaingan.

Mau tidak mau langkah yang terbaik yang seharusnya tetap Anda usahakan ialah terus mencari sebuah lokasi yang strategis sampai ketemu, yakni sebuah lokasi tempat usaha yang letaknya berada pas dipinggir jalan umum yang sangat mudah untuk dilihat oleh setiap pengendara baik motor maupun mobil. Jika memungkinkan usahakanlah lokasi yang sudah Anda tentukan letaknya jauh sekali dari kompetitor supaya pelanggan yang nanti Anda peroleh semakin banyak.

#2. Desain Lokasi Dengan Menarik & Bersih

Walaupun hanya sekedar sebatas bisnis pencucian motor, Anda pun tidak juga boleh sekali-kali meremehkan persoalan desain lokasi tempat usaha dan juga kebersihan sekelilingnya. Mau bisnis apapun apa lagi yang berhubungan dengan pencucian maka pastinya mesti bersih lokasi tempatnya. Usahakanlah bisnis pencucian Anda tersebut mempunyai desain halaman depan yang cukup menarik untuk dilihat yang secara umum harus terdapat ruangan sebagai pencucian yang khusus serta ada juga ruangan finishing yang berfungsi untuk pembersihan tingkat terakhir.

Selain hal itu pula kebersihan dari tempat lokasi usaha juga mesti Anda jaga dengan baik. Biasanya yang umum terjadi usaha bidang pencucian ini sangat mudah di dekati lumut-lumut, penyebabnya tiada lain ialah karena seringnya terkena air hampir di setiap harinya. Solusinya untuk tiap bagian dinding tembok sekitar pencucian sendiri lebih baik apabila dipasang pake keramik saja supaya tidak terkena lumutan lagi. Sebelum tempat usaha dibuka usahakanlah Anda untuk memberi terlebih dahulu arahan bagi semua karyawan agar menjaga dengan baik kebersihan lokasi tempat dimana usaha tersebut berdiri.

#3. Ruang Tunggu Buatlah Senyaman Mungkin

Hal yang berikut ini pun tidaklah boleh untuk terlewatkan, sebab kegiatan mencuci kendaraan motor tersebut tidak bisa selesai dengan instan dan bahkan seringkali harus mengantri. Sehingga diperlukan ruang khusus untuk menunggu hingga beres dengan memiliki kapasitas ruangan yang cukup luas serta nyaman mesti Anda juga sediakan. Disamping itu dapat pula Anda untuk menambahkan beberapa aneka jenis fasilitas hiburan agar para pengunjung di ruang tunggu tidak merasa bosan, seperti ada akses wifi internet gratis, televisi ataupun paling tidaknya ada sebuah radio.

Tempat ruang tunggu tersebut sebaiknya tetap masih bisa terhubung ke tempat ruangan pencucian motornya, hal ini dimaksudkan supaya pemilik dari motor yang di cuci mengetahui proses bagaimana sepeda motornya dibersihkan. Apabila konsumen sudah tahu bahwa mekanisme pencucian motornya di lokasi usaha Anda yang sangat rapi, teliti serta bersih sekali, maka dapat diprediksi para konsumen nantinya semakin percaya dan berpotensi akan menjadi para pelanggan loyal.

#4. Pastikanlah Memberikan Servis Layanan Terbaik

Sekarang ini bisa dikatakan hampir segala bidang jenis usaha atau bisnis yang menjual produk ataupun jasa mesti memperhatikan sekali pelayanan terbaik kepada para konsumennya. Karena jika mengabaikan para konsumen itu sama dengan halnya membuang rasa kepercayaan dari mereka kepada bisnis kita. Tentunya setelah rasa kepercayaan itu hilang maka dapat berpengaruh sangat buruk bagi laju perkembangan bisnis kedepannya. Oleh sebab itu adanya servis pelayanan yang maksimal kepada para konsumen sangatlah penting peranannya.

Anda pun sebagai pemilik usaha harus bisa memberikan semacam pengarahan kepada para karyawan yang kerja agar senantiasa memperhatikan servis pelayanan yang optimal kepada para pelanggan. Tidaklah cuma sebatas memberi senyuman saja, akan tetapi juga ada sejumlah aspek lainnya yang sama-sama penting. Mengucapkan perkataan terimakasih misalnya sesudah konsumen tersebut membayar jasa Anda di Kasir merupakan suatu perkara yang kelihatannya sepele namun sangat berefek cukup dahsyat jika itu dilakukan secara rutin.

#5. Jangan Lupakan Promosi

Jikalau mau bisnis pencucian motor Anda ramai setiap harinya, maka satu langkah permulaan yang mesti dicermari sesudah tempat lokasi usaha ialah promosi. Hal tersebut sebagai tindakan yang sangat penting sekali untuk dalam rangka memperkenalkan usaha pencucian motor Anda. Minimal Anda mesti membuat sebuah banner yang besar dengan kalimat iklan yang menarik atau juga memasang spanduk kemudian pajanglah disekitar halaman depan tempat usaha yang sekiranya mudah terlihat oleh para pengendara motor. Berikanlah harga promo yang murah dalam masa pembukaan di bulan pertama hingga tiga bulan berikutnya dengan tetap memberi pelayanan yang baik dan berkualitas agar lebih banyak lagi yang berdatangan karena tertarik akan kepuasan layanannya.

Tambahan lainnya Anda pun dapat memberikan trik teknik dalam promosi berupa pancingan, semisal adanya diskon sekian persen atau pun kupon potongan harga bagi para pelanggan Anda yang telah cukup sering datang mencucikan kendaraan sepeda motornnya di lokasi tempat usaha Anda. Pada intinya kegiatan berpromosi ini sangatlah penting sekali dalam bisnis apapun untuk dapat terus melesatkan kemajuan dari bisnis Anda tersebut.

Demikianlah sahabat pembaca yang budiman sejumlah cara dan tips sukses dalam upaya menggeluti bidang bisnis pencucian motor ini. Mungkin saja referensi di atas masih terdapat banyak kekurangan jadi mohon agar dimaklumi adanya. Cukup sampai disini semoga saja bermanfaat, apabila berkenan tolong di share kembali dengan cara cukup klik aja tombol sosial media dibawah tulisan ini agar lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat. Terimakasih dan salam berwirausaha.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Usaha Jasa ‘Cuci Motor’ Inilah Cara Memulainya Supaya Sukses"

  1. Walaupun kelihatannya sepele, bisnis buka jasa cuci motor sebenarnya ladang emas kalau kita mampu mengelolanya dengan baik ya kang.

    Bayangkan saja, jika satu moto 10.000, dan sehari dapat 10 motor tinggal dikalikan saja ya kang. :)

    Salam kenal Kang Sodik, dari saya Admin Rudiberbagi,com :)

    ReplyDelete