8 Tips Cara Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat Dan Menguntungkan

Buat seorang pebisnis pemula, dalam mengawali sebuah bisnis tertentu bukanlah suatu pekerjaan mudah. Apalah lagi dengan permodalan dan juga pengalaman bisnis yang sangat minim, ini membuat daya prosentase untuk meraih keberhasilan dalam bisnis pun yang akan dibangun nantinya sangatlah kecil sekali. Seperti telah kita ketahui bersama, sekarang ini yang menjadi rumitnya masalah tersebut kini sudah terdapat solusinya yakni dengan munculnya bisnis sistem waralaba. Dengan memulai usaha lewat membeli sebuah waralaba maka akan lebih mempermudah upaya Anda untuk mempunyai sebuah suaha tanpa mesti direpotkan trial and eror ketika proses pencarian sistem usaha yang lebih tepat. Bisnis waralaba ini bisa menjadi sebuah pilihan yang cerdas buat para pebisnis pemula sebab memiliki banyak sekali keuntungan serta kelebihan jika dibandingkan dengan memulai usaha dari awal.

Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat

Meningkatnya volume tren dalam wirausaha otomatis berpengaruh kepada perkembangan dunia bisnis jenis waralaba kian marak di Indonesia. Mulai banyak sekali waralaba baru hadir bermunculan dan menawarkan kemitraannya. Hal tersebut tentunya menjadi suatu sinyal yang positif buat para pebisnis atau pun calon pebisnis yang mau memulai usahanya karena memperoleh banyak sekali referensi berbagai peluang bisnis yang beranekaragam bentuk juga jenisnya. Meskipun demikian kenyataannya, sebelum kita menentukan jenis waralaba yang mana yang akan nantinya dipilih, ada sejumlah perkara yang mesti kita perhatikan dengan baik agar dana investasi kita tidak menjadi terbuang percuma.

Berikut dibawah ini ialah tips cara memilih bisnis waralaba (Franchise) yang berpotensi untung besar:

1). Pilihlah jenis waralaba dengan produk yang telah teruji dalam kredibilitasnya juga usahakan merek yang populer. Janganlah mudah untuk terperangkat dengan rayuan-rayuan profit yang besar ataupun modal minim untung berlipat sehingga kita memilih jenis waralaba berproduk yang asal comot sembarangan dan ternyata tidak memiliki tingkat kepopuleran mreknya yang luas. Ingatlah, setiap konsumen amat sangat sekali memperhatikan merek dari sebuah produk penjualan sebelum mereka memutuskan membelinya.

2.) Pelajarilah dan juga pahami tentang aspek dari hukum bisnis waralaba (franchise). Pastikan dengan teliti izin dari usaha waralaba yang mempunyai legalitas, jelas, serta dapat terjamin pertanggung jawabannya. Bila waralaba tersebut berupa minuman dan makanan, maka pastikan pula semua bahan bakunya yang dipakai ialah sehat bagi tubuh manusia alias tidak mengadung zat-zat kimia yang berbahaya, satu lagi yakni halal dalam pandangan agama islam jika target pasarnya kalangan Muslim. Hal demikian penting sekali kita lakukan supaya bisnis yang dijalankan bebas akan permasalahan segala bentuk hukum pidana yang bisa jadi mungkin juga terjadi di lain hari.

3). Carilah model usaha waralaba atau franchise yang berkesesuaian dengan karakter passion diri Anda. Tentu ini sangat penting, supaya Anda bisa terus aktif berbisnis dengan rasa penuh semangat yang bergairah dalam mengembangkan usaha tersebut. Tidaklah ada suatu perihal yang besar untuk mendorong daya semangat kita selain daripada minat kesukaan kita terhadap bidang bisnis tertentu maupun hal apapun. Apabila kita sudah menyukai sesuatu, maka segudang ide yang kreatif dan bernilai jual tinggi maka akan dengan sendirinya bermunculan.

4). Jangan lupa Cari terlebih dahulu informasi yang banyak tentang latar belakang franchisor atau pemilik usaha waralaba. bagaimanakah reputasi kinerjanya, sudah berapakah cabang yang dia miliki, bagaimana juga perkembangan dari rekan para mitranya yang telah bergabung. Disarankan untuk mencari informasi dan menggalinya dari sejumlah pihak ketiga yang tidak mempunyai kepentingan apapun atau independent.

5). Tanyakanlah kepada orang yang telah sukses berjalan bisnis waralaba. Cari juga informasi mengenai support bantuan dan juga service layanan yang disediakan oleh franchisor terhadap para mitranya, apakah responnya memuaskan sebagian besar mitra atau malah justru sangat mengecewakan. Data-data informasi sangat berguna untuk dapat mengetahui dengan menyeluruh apakah sebuah tawaran dari investasi kerja sama yang dibeli berkesesuain dengan praktek nyata dilapangan atau tidak.

6). Jangan merasa segan untuk menyelidiki situasi keuangan dari pewaralaba tersebut. Catatan akan keuangan sebuah perusahaan di waktu yang lalu termasuk merupakan suatu hal yang penting untuk menjadi sebuah patokan dalam upaya mengambil sebuah keputusan yang tepat. Jenis waralaba (franchise) yang mesti kita tentukan adalah jenis waralaba atau franchises yang sudah teruji dan terbukti mencetak banyak keuntungan dalam kurun waktu selama puluhan tahun. Pemiliki waralaba yang jujur tidak pernah akan merasa sungkan untuk menunjukkan data keuangan yang mereka miliki.

7). Cermati terlebih dulu draft surat kontrak kemitraan dengan sangat baik. Pelajarilah semua hal mengenai hak mitra dan juga kewajiban kedua belah pihak. Jangan cepat tergesa-gesa berjabatan tangan yang menandakan telah menerima perjanjian dalam kontrak kerja tadi sebelum benar-benar Anda dapat memastikannya semua isi kontrak sama-sama menguntungkan dan tidak ada unsur ketimpangan yang memberatkan Anda dikemudian hari.

8). Harap untuk perhatikan janganlah mempertaruhkan semua aset kekayaan pribadi Anda hanya untuk melakukan investasi di suatu waralaba. Karena sebagus bagaimana pun  waralaba tersebut, tetap saja memiliki sebuah risiko yang sama pada semua jenis bisnis. Pasalnya bisnis ini ialah dunia usaha yang sifatnya dinamis, ada banyak sejumlah faktor dari luar yang tidak bisa dikendalikan perusahaan manapun yang dapat mempengaruhinya.

Apapun jenis usaha waralaba (franchises) yang akan anda jalankan nantinya, maka yang sangat paling terpenting juga adalah bagaimana penempatan area lokasi bisnis waralaba dimana Anda menjalankannya. Tempatkanlah pada sebuah lokasi usaha yang cukup ramai seperti halnya di lokasi pasar, sekolahan, kampus tempat kuliah ataupun disekitar pusat perbelajaan umu semisal mall. Dengan demikian bisnis waralaba yang Anda beli berpotensis bisa segera secepatnya mengembalikan dana investasi pembelian hak usahanya dan sekaligus memberikan keuntungan yang berkelanjutan.

Demikian itu tadi pembahasan tentang beberapa tips dalam memilih bisnis waralaba usaha yang bisa menguntungkan. Mudah-mudahan dapat membantu Anda menambah referensi informasi peluang usaha dan juga motivasi bagi para pembaca sekalian yang ada niatan mau memulai usaha waralaba. Satu hal yang perlu di ingat bahwa dalam menekuni dunia bisnis janganlah kebanyakan cuma mempelajari teori saja, eksekusi tindakan serta aksi nyata yang dapat menentukan kesuksesan kita. Selamat berjuang.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "8 Tips Cara Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat Dan Menguntungkan"