Langsung ke konten utama

20 jenis Peluang Ide Bisnis Rumahan Di Kampung Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan

5 Bisnis Modal Minim Yang Sempat Digeluti Orang Terkaya Di NKRI

Tahukah kamu! Sebelum menjadi orang kaya raya atau seorang konglomerat terkenal di NKRI, mereka-mereka itu ternyata dulunya pernah merintis dan menggeluti sebuah bisnis rumahan dengan modal minim. Nah, semua jenis bisnis rumahan tersebut tentunya sangat bisa sekali Anda tiru bila Anda memiliki rencana untuk membangun suatu gurita kerajaan bisnis Anda dimasa yang akan datang.

Walau demikian, dalam membangun sebuah gurita kerajaan bisnis itu bukanlah perkara mudah semudah membalikan telapak tangan. Mereka semua yang sudah berhasil sukses dalam merintis kerajanan bisnisnya dari bisnis rumahan yang modal minim ini, tentunya harus menjumpai berbagai rintangan pahit.


5 Bisnis Rumahan Yang Pernah Dijalani Orang Terkaya Di Indonesia

Disamping itu pula, sebagai seorang pengusaha sejati pastinya mereka diharuskan belajar ulet dan gigih serta bisa melepaskan diri dari lingkaran zona yang nyaman dalam kehidupannya. Seba jika tidak begitu, ya sudah tentu akan sangat mustahil sekali untuk mampu membangun dengan baik sebuah unit bisnis dan usaha yang bernilai aset mencapai puluhan triliun rupiah tersebut.

Anda Penasaran kan dengan bisnis rumahan bermodal minim yang sempat digeluti para pengusaha terkaya di NKRI? Yuk kita simak penjabarannya di bawah berikut:

5 Bisnis Modal Minim Yang Sempat Digeluti Orang Terkaya Di NKRI

#1. Les mengajar privat

Les mengajar privat tentunya dapat menjadi salah satunya contoh bisnis rumahan bermodal kecil yang dapat Anda pilih sebagai bisnis sampingan. Modalnya pun terbilang kecil hanya sekitar tiga jutaan rupiah kok. Namun jika pandai mengelola dana modal maka akan lebih kecil lagi dan bahkan bisa tanpa modal sekalipun.

Selain mengajar les privat pelajaran-pelajaran umum sekolah, maka membuka kursus belajar bahasa negeri asing juga sangat boleh. Semisal Bahasa Inggir, Bahasa Cina, Bahasa Jepang atau korea yang mengingat cukup banyak sekali fans Kpop yang disebut Kpopers di tanah air kita ini.

Dan bisnis ini pun cukup sangat menguntungkan sekali dari segi operasional kerja. Sebab Anda tidak perlu lagi mendatangi rumah calin murid les Anda. Anda pun bisa bebas menetapkan tarif jasa yang cukup bersaing dibandingkan lembaga les kursus Bimbel (Bimbingan Belajar) diluaran sana. Palingan rincian modalnya hanya:
  •  Papan bor tulis: Rp150,000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Ripiah)
  • Spidol hitam plus penghapusnya: Rp40,000,- (Empat Puluh Ribu Rupiah)
  •  Kursi kuliah yang bisa dilipat Rp200,000,- x 10 kursu: Rp2.000.000,- (2 Juta)
  • Modul Untuk belajar: Rp200,000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah)
Total keseluruhan: Rp2.390.000,- (Dua Juta Tiga Ratus Sembilan Puhuh Ribu Ripiah)

Asal Anda tahu dan bakalan kaget, bisnis rumahan bermodal kecil semacam ini pernah digeluti oleh pendiri perusahaan besar Trakindo, namannya Achmad Hamami pastinya Anda tahu dong. Beliau memang di awal menintis bisnisnya sempat juga membuka layanan les privat dan menngajar matematika dikediaman rumahnya sendiri, sesudah masa pensiunnya sebagai seorang pilot pesawat terbang di TNI AD (Angkatan Udara).

#2. Salon Pangkas Rambut (tempat Mencukur rambut)

Bisnis jasa salon pangkas rambut juga termasuk dalam golongan bisnis rumahan yang bermodal kecil, akan tetapi itu pun tergantung sama model salonnya seperti apa. Jenis-jenis salon sendiri cukup banyak jumlahnya, ada jenis salon untung pangkas rambut doang, ada juga salon untuk perawatan badan, salon bulu mata, salon bayi, salon kecantikan wanita bahkan sampai salon hewan pun ada dan lain sebagainya.

Jika salonnya ialah tempat untuk pangkas rambut biasanya ini untuk kaum pria, tentu modalnya usahanya tidaklah terlalu besar-besar amat. Anda tidak perlu membeli serum-serum maupun vitamin khusus rambut yang lumayan mahal, kecuali apabila yang Anda dirikan ialah barbershop kelas menengah dan kelas atas.

Bila Anda berniat membuat jasa layanan pangkas potong rambut bagi para piam yang berada dipinggiran jalan, maka tentu sajalah modal yang dikeluarnya pun bisa diminimalisir sekecil mungkin. Namun jika Anda mendirikan sebuah salon untuk pangkas potong rambut khusu indoor, pastinya modalnya pun bakalan lebih jadi lebih besar walaupun tempatnya mungkin akan lebih bersuasana nyaman dan tambahan fasilitas lainya yang tidak ada di salon pangkas rambut biasa.

Untuk bisa mewujudkan bisnis salon yang sederhana ini, tahukah kawan? Ternayata modalnya hanya Rp5.000.000,- (5 jutaan) pun sudah bisa beroperasi. Nih saya jabarkan apa saja peralatan yang nantinya dikau butuhkan. Silahakn catat dan boleh langsung beli hehehe.
  • Mesin mencukur rambut otomatis 2 buah (Tergantung kebutuhan): Rp700.000,- (Tujuh Ratus Ribu Rupiah)
  • Sisir 2 buah (Untuk Merapihkan Rambut): Rp20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah)
  • Gunting pemotong rambut: Rp100.000,- (Seratus Ribu Rupiah)
  • Gunting jenis sasak: Rp150.000,- (Sertus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Pisau khusus cukur rambut: Rp30.000,- (Tiga Puluh Ribu Rupiah)
  • Silet khusus yang diisi ulang sebanyak 20 buah kotak: Rp45.000,- (Empat Puluh Lima Ribu Rupiah)
  • Handuk berukuran kecil: Rp180.000,- (Seratus Delapan Puluh Ribu Rupiah)
  • Kap untuk penutup tubuh 2 buah: Rp90.000,- (Sembilan Puluh Ribu Rupiah)
  • Botol barbershop semprot: Rp30.000,- (Tiga Puluh Ribu Rupiah)
  • Penjepit buaya yang kecil 1 pack (berisi 10 buah): Rp10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah)
  • Penjepit buaya yang besar 1 pack (berisi 10 buah): Rp15.000,- (Lima Belas Ribu Rupiah)
  • Mangkok wadah sabun atau foam sebanyak 2 buah: Rp10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah)
  • Sikat khusus bulu: Rp25.000,- (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah)
  • Kursi khusus pangkas rambut 2 buah: Rp2.000.000,- (Dua Jutaan)
  • Cermin berukuran besar 2 buah: Rp2.000.000,- (Dua Jutaan)
  • Cermin berukuran kecil: Rp50.000,- (LIma Puluh Ribu Rupiah)
Total semuanya jadi: Rp5.455.000,- (Lima Juta Empat Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah)

Asal Anda tahu aja nih, jangan kaget yah...!!! Salah seorang pebisnis sukses dan terkenal di Indonesia yang sudah menggeluti usaha dan bisnis salon ini ialah Martha Tilaar loh. Bermodalkan sebuah ruangan dengan luas 6 × 4 meteran digarasi kediaman rumah ayahnya, uang sebesar satu jutaan, dan juga tambahan modal keuangan dari sang suami tercinta, Martha Tilaar lalu mendirikan sebuah salon dengan nama Martha’s Salon yang cukup terkenal hingga sekarang.

Tentunya uang senilan satu juta pada saat masa dahulu memang sangat terbilang jumlah yang besar sekali. Walau demikian, bisnis itu ialah bisnis rumahan. Dan Mbak Martha pun melakukan kegiatan promosinya yang cukup sederhana, yakni dengan cara menyebarkan sejumlah brosur kepada para calon konsumen.

#3. Warung khusus jualan jamu

Anda sudah mengetahui kan siapakah produsen dari produk jamu yang sangat terkenal di Tanah Air kit ini dengan nilai omzet dari perusahaannya tersebut super gede bangit itu brow? Yes, tepat sekali tebakan Anda Sido Muncul lah namanya. Perusahaan besar itulah yang masa dahulunya pun hanya sebuah bisnis rumahan bermodal minim lho.

Nah, Untuk dapat berjualan jamu mengikuti jeja kesuksesan mereka, Anda juga bisa mencoba membuka sebuah warung kecil atau kafe khusus menjual jamu sederhana di area sekitar rumah Anda. Bisa katakan para penikmat minuman jamu yang menyehatkan tersebut cukup banyak dan luas sekali lho, mereka bisa muncul dari tarap ekonomi semua kelas. Kelas bawah, menengat, atas hampir 99% mereka semua suka dengan jamu.

Perkiraan biaya modal untuk membuka warung jualan jamu ialah sebagai tercatat dibawah berikut:
  • Etalase untuk menyimpan aneka produk jamu: Rp2.700.000,- (Dua Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah)
  • Alat untuk memmasak: Rp1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)
  • Termos khusus es padat dan juga blender: Rp1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah)
  • Banner promosi: Rp300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah)
  • Bahan utama jamu (jahe, temulawak, kencur, dll): Rp3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah)
Total keseluruhan: Rp8.200.000,- (Delapan Juta Dua Ratus Ribu Rupiah)

Dan lagi-lagi bisnis seperti yang disebutkan diataslah yang dulunya digeluti oleh Ny. Rakhmat Sulistyo, Anda tahu kan?. Beliau dan sang suami berhasil menemukan sebuah resep racikan jamu kesehatan tubub yang kemudian akhirnya diberi nama "Jamu Tujuh Angin". Seiring waktu berjalan hingga sekarang kita pun sering kali mendengar dan melihat iklannya dilayar kaca televisi produk jamu besutannya yang terbaru yakni jamu tolak angin, dan lain sebagainnya.

Bisnis produk jamu kepunyaannya pun dari tahun ke tahun terus berkembang dengan pesat, meskipun sempat juga mengalami yang namannya pasang surut. Di dikediaman rumah miliknya yang berada di Jl.Mlaten Trenggulun No.104, dirinya dan beberapa karyawan setianya mulai bersemangat melanjutkan kembali bisnis jamunya tersebut pasca diterpa ujian. Dan hingga pada akhirnya produk jamu dari Sido Muncul ini pun menjelma menjadi sangat tersohor seperti kita telah saksikan sekarang ini.

#4. Restoran (Warung makan)

Restoran (Warung makan) sudah sangat jelas bisa menjadi bisnis rumahan yang bermodal minim paling menguntungkan sekaligus menjanjikan untuk Anda coba. Dan bermulai dari bisnis kecil-kecilan inilah, ada banyak sekali bermunculan rumah makan-rumah makan yang ngetop serta sukses dengan omzetnya yang fantastis hingga miliaran rupiah.

Dalam membuka restoran (Warung Makan) ini memang tidak terlalu butuh dana yang besar. Apalah lagi bila letak tempat tinggal Anda berada dalam kawasan yang strategis. Sehingga tidak bakalan sulit deh untuk mencari para pelanggan yang sudi singgah ke tempat usaha Anda. Wong setiap orang pastinya butuh makan lah, dan mereka sebagian yang suka males untuk masak sendiri biasanya lebih untuk milih beli makanan siap saji.

Berapa rupaih sih dana modal untuk mengawali dalam membangun bisnis yang berikut ini? Tidak besar-besar amat lah. Berikut dibawah ini rincian detailnya:
  • Renovasi ruangan: Rp.1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Alat-alat masak: Rp.1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Peralatan untuk makan: Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)
  • Meja, kursi bisa buat sendiri atau beli: Rp.2.000.000,- (Dua Juta Rupiha)
  • Bahan pokok utama untuk harian: Rp.500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Biaya tambahan untuk kebutuhan tak terduga: Rp.500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah)
Total semuanya: Rp.7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah)

Gimana sobat menurut Anda? Masih minim kan dibawah angka Rp.10.000.000,- (Sepuluh Jutaan) tuh brow, apakah hitungan itu masih bisa masuk ke dalam kas bujet keuangan Anda?

Asal sobah tahu aja, restoran (Rumah Makan) ngetop seperti yang terkenal dengan nama "Es Teler 77" dan juga "Ayam Goreng Mbok Berek" pun dulunya merupakan bisnis rumahan atau home indrustri lho. Tapi apa yang terjadi saat ini, unit cabangnya nongol hampir disetiap kota ada. Bahkan hebatnya di negeri asing pun mereka ada.

#5. Jualan Es

Eit jangan keliru, biar dikata tampak sepele juga kesannya hanya camilan murah gituh, tidak sedikit loh para miliuner di NKRI ini yang juga dulunya itu adalah seorang penjual es keliling mapun yang bukan warung es disuatu tempat.

Es tersebut sejatinya ada banyak variannya, diantaran es goyobod, es cendol, es lilin, es kacang, es rasa campur, es kelapa muda, es gepeng, dan masih banyak yang lainnya. Supaya lebih mudah dan praktis tinggal jualan aja, maka alangkah baiknya Anda membeli satu paket waralaba khusus es minuman bila tertarik dalam berjualan es ini.

Ada lumayan cukuk banyak kok perusahan waralaba berupa minuman es dingin dengan modal permulaan yang bisa dijangkau dengan dana Rp.2.000.000,- (Dua Jutaan). Dengan angka bujet sejumlah ini, Anda tentunya dapat belajar memulai bisnis dengan tanpa diharuskan banyak ke khawatiran. Cocok bangit deh dijakankan untuk para pebisnis baru (Pemula).

Seorang pendiri Semen Bosowa (Bosowa Corp) aja, namanya Aksa Mahmud itu yang juga masuk dalam daftar list orang paling kaya di NKRI, dahulunya pun berjualan es juga. Bapk Aksa ini kala itu rajin menjajakan dagangan es miliknya ke semua orang disekitar rumahnya pada bulan puasa menjelang buka. Terang saja, dagangannya pun laris manis karena orang-orang butuh sekali minuman yang segar manis untuk berbuka puasa.

Jangan suka keenakan pada bisnis rumahan bermodal kecil

Menjalankan sebuah bisnis rumahan yang bermodal kecil ini memang sangatlah asyik. Disamping karena jumlah modalnya yang minim, risiko tingkat kerugiannya pun kecil juga, tapi keuntungan yang di dapat justru amat lumayan cukup besar.

Namun untuk bisa mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar, maka kita pun hasus bisa berubah. Akan sangat mustahil sekali jiakalu dari sebuah bisnis rumahan yang kecil tersebut, terus tiba-tiba sim salabin berubah seketika menjadi bisnis yang besar dan menggurita kemana-mana.

Jika Anda memang memiliki cita-cita untuk membangun sebuah perusahaan besar berkelas raksasa bisnis, belajarlah dulu di dalam proses Anda menjalankan bisnis rumahan kecil-kecilan. Dan di saat modal usaha sudah cukup, maka liriklah sebuah peluang bisnis lain diluaran yang prospeknya lebih cerah dan menjanjikan keuntungan besar.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 jenis Peluang Ide Bisnis Rumahan Di Kampung Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan

Kepada masyarakat yang tinggal di kampung, jangan resah bin gelisah, saat ini terdapat cukup banyak sekali peluang bisnis rumahan untuk di kampung yang tentunya dapat membawa pada tarap hidup perekonomian Anda meningkat dengan cepat. Hal ini bisa terjadi sebab kini kampung bukanlah lagi sebuah tempat yang terpencil jauh dari keramaian yang umumnya identik dikenal dengan aroma kemiskinan penduduk, keterbatasan akan peluang dunia kerja karena minimnnya pembangunan dan lain sebagainya. Namun sebaliknya, sekarang ini kampung justru menyimpan banyak potensi peluang bisnis yang sangat luar biasa menjanjikan.

Perjalanan Bob Sadino Hingga Menjadi Pengusaha Sukses Ternama

Kisah perjuangan Bob Sadino dalam mereguk kesuksesan menjadi pengusaha ternama dan terkaya di Indonesia mungkin sudah santer tersiar kabarnya keseluruh lapisan masyarakat. Nah, buat sahabat pembaca blog Kang Sodik yang barangkali belum sama sekali pernah sampai mendengar kabar kisah bagaimana perjalanan hidup beliau yang penuh dengan lika-liku. Berikut ini web blog Seribu Peluang sajikan secara singkat tentang bagaimana perjalanan kehidupan Bob Sadino sang motivator inspirasi bisnis sebelum beliau akhirnya menggapai sukses jadi seorang wirausahawan yang sangat diperhitungkan dan dihormati di negeri kita Indonesia.

Siapa sich diantara kita yang belum mengenal seeroang sosok laki-laki nyentrik bernama Bob Sadino ini, pebisnis sukses yang kawakan dan biasa berpenampilan apa adanya alias sederhana. Bahkan uniknya, dirinya biasa jika berpenampilan meski didepan publik hanya mencukupkan diri tampilan bawahnya dengan memakai celana ukuran pendek saja. Beliau ini merupakan termasuk seorang j…

Copyright © 2019 KangSodik.Com. All Rights Reserved.