7 Rahasia Ampuh Agar Tidak Gampang Mengeluh Dalam Menjalani Hidup

Mengeluh tentang sesuatu hal dalam menjalani aktivitas kehidupan ialah perkara yang sangat manusiawi sekali. Karena memang pada dasarnya manusia itu diciptakan oleh Tuhan Yang Masa Esa sebagai golongan makhluk istimewa tapi suka banget mengeluh. Mulai dari persoalan remeh hingga yang besar rasanya tiada hari tanpa mengeluh. Apalagi jika berurusan dengan masalah ekonomi. wah bisa terjadi perang dunia ke tiga deh dalam sebuah rumah tangga.

Tips Rahasia Agar Tidak Gampang Mengeluh Dalam Hidup

Dan mengeluh itu jelas sekali bukanlah kebiasaan yang baik. Mengeluh juga tidak bisa menjadi solusi untuk terlepas dari segala macam permasalahan hidup yang kita dihadapi. Namun justru sebaliknya malah bisa menjadikan masalah tersebut kian kusut dan semerawut. Oleh karenanya Rahasia Ampuh Agar Tidak Gampang Mengeluh akan menjadi penawarnya.

Semakin sering mulut dan sikap Anda mengungkapkan keluhan yang banyak setipa harinya, maka hal itu akan menjadi semakin bertumpuk pula beban pikiran yang menjejali kepala dalam otak Anda. Sebab perilaku mengeluh tersebut tidaklah pernah akan bisa melepaskan diri kita dari belenggu beban banyaknya pikiran.

Jika Anda menghendaki merasakan indahnya kehidupan ini yang dengan lebih tentram, tenang dan bahagia berbunga-bunga, maka cobalah sejak mulai detik ini juga untuk jangan gampang-gampang mengeluh. Dijamin pikiran kita pun akan terasa jauh lebih lapang ketika keseharian kita tidak banyak lagi dihujani dengan aneka keluhan demi keluhan hidup.

Bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut dibawah ini kami saya sajikan 7 tips ampuh yang dapat Anda aplikasikan supaya tidak gampang mengeluh.

1.Perbanyaklah Bersyukur

Mengeluh juga dapat diartikan sebuah sikap yang tidak pandai mensyukuri segala nikmat pemberian dari Tuhan. Hanya karena yang lain diberik harta melimpah sementara dirinya cuma cukup untuk makan saja, padahal Tuhan Yang Masa Esa telah memberikan rezeki yang tiada terkira kepada semua manusia berupa kehidupan. Pabila ada seseroang melontarkan pertanyaan, “bagaimana mungkin dapat bersyukur kepada Tuhan wong kehidupan sendiri saja sudah melarat miskin begini?”.

Justru bila dengan adanya rasa bersyukur itulah maka segala kesusahan dan kesempitan hidup kita akan menghilang seketika. Persoalan yang teramat super berat sekalipun bakalan jauh lebih diterasa akan ringan sekali seringan kapas karena adanya sikap bersyukur tersebut.

Kita harus dapat memfokuskan diri bagaimana menemukan solusi terbaik, bukannya sibuk meratapi masalah. Dan satu dinantaranya untuk mendapatkan solusi itu adalah dengan melalui pintu bersyukur. Sebab dengan rasa bersyukur itulah maka diri kita pun telah sukses menemukan rahasia kunci utama untuk menggapai kebahagiaan.

Kehidupan ini ialah semata-mata guna untuk menikmati kebahagiaan yang sudah diperjuankan. Dan yang namanya kebahagiaan tersebut bukan cuman melulu berkutat pada mempunyai harta benda belaka. Kebahagiaan hakiki hanyalah dapat dicapai dengan pandainya kita bersyukur sebanyak-banyaknya.

Mulailah untuk mengutamakan bersyukur yang banyak setiap saat. Dan tanamkan kesadaran diri yang kuat bahwa nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa itu begitu berlimpah-ruah hingga tak akan ada yang dapat menggambarkannya. Rubahlah keluhan sesegera mungkin menjadi bunga bahagia indah meronah rasa dengan medawamkan selalu banyak bersyukur.

2. Jaga Selalu Akal Sehat Anda Agar Tetap Berpikiran Positif

Membiasakan terus-menerus diri Anda untuk senantiasa mengeluh setiap waktu, sama halnya dengan menjerumuskan diri Anda dikuasai oleh pikiran yang negatif. Dan semakin mendalamnya Anda hanyut ke kolam keluhan tersebut, makan akan semakin berisikan hal-hal negatif yang menguasai pikiran dikepala otak Anda.

Gampangnya mengeluh jelas hanya melahirkan kerugian besar bagi kita. Sebab tidak secuipun mendatangkan keuntungan lahir dan batin yang dapat diambil manfaatnya dari perilaku kebiasaan yang buruk yakni mengeluh ini.

Memang benar, untuk bisa membebas lepaskan diri kita dari semua pikiran yang negatif itu bukanlah suatu pekerjaan gampang. Apalah lagi bila diri Anda telah terlalu merasa enjoy dengan situasi yang kerapkali dikeluhkan.

Tapi suka tidak suka, hal demikian mesti secepatnya dirubah bila kita tidak mau terus terjerat dalam efek samping keburukan dari banyak mengeluh. Supaya tidak gampang mengeluh, maka jagalah akal sehat Anda agar untuk tetap berpikiran positif. Dengan adanyya pikiran yang positif inilah akan membangkitkan rasa semangat hidup yang tinggi dan optimisme dalam meraih kebahagian.

Tentunya Dengan mempunyai pikiran jernih yang berhasil dikelola hingga termindset positif maka Anda pun akan terasuk aura bersemangat yang lebih besar untuk menjalani segala suka duka kehidupan dalan dunia yang penuh dengan kepalsuan. Dan bisa untuk kembali lagi melakukan aktivitas keseharian yang juga penting namun mungkin sudah terlupakan manakala pikiran Anda banyak sekali dipenuhi hawa negatif yang disebabkan banyak mengeluh tadi.

3. Berhenti Mengeluh Dalam Tiga Hari berturut-turut

Cobalah berhenti mengeluh untuk sejenak sekurangnya dalam waktu tiga hari secara berturut-turut tanpa putus. Langkah ini tampaknya terlihat sepele dan gampang sekali, akan tetapi sangatlah berat dilakukan oleh siapa pun. Terutama disaat akan baru memulainya.

Dan apabila Anda berhasil menjalankan dengan sangat baik, maka tingkatkanlah waktunya menjadi kurang lebih lima harian kedepan secara berurutan. Selanjutnya konsistenlah untuk menambahkan waktu harinya tahap demi tahap ketika Anda berhasil tidak mengeluarkan segala keluhan.

Rasakanlah bagaimana bedanya yang terdapat dalam lingkaran pikiran otak dan ruang hati terdalam Anda disaat mampu merealisasikan metode ini secara baik serta konsisten tidak mudah goyah. Perihal Ini termasuk merupakan bagian dari proses melatih diri sendiri, agar kita tidak kerapkali memandang dengan perasaan negatif pada setiap permasalahan hidup yang semua orang pasti menjupai.

4. Lihatlah keadaan di Bawah, Jangan suka melihat keadaan di Atas

Ketika diri kita mulai melontarkan keluhan hidup atas sebuah keburukan atau kekurangan diri yang teralami, maka cobalah sempatkan untuk bisa melihat keadaan sekeliling kehidupan diri Anda. Utamanya orang-orang yang keadaan hidupnya berada lebih susah ketimbang kita.

Sebab pastinya diatas bumi yang luas ini, ada mereka yang jauh lebih berhasil dan juga ada diantara mereka yang mengalami keterpurukan hidup dibandingkan kita. Ketika muncul perasaan kok saya hanya sanggup makan cuma sekali dalam satu harinya, maka tengoklah keadaan sekeliling rumah Anda enta itu tetangga atau para gelandangan dijalan. Terdapat banyak sekali orang-orang diluran sana yang mereka baru mampu makan sesudah bekerja kasar dan keras sampai tiga hari bahkan ada yang seminggu.

Ada orang jumlahnya banyak sekali yang buat bisa untukmakan sehari sekali saja mesti bekerja banting tulang dari dini hari hingga masuk malam buta. Dan itupun cuma cukup buat membeli sebungkus nasi rames dengan teman lauk-pauk seadanya hanya tempe ditambah sayur sedikit saja. Ingat, jangan suka melihat segala kelebihan yang dimiliki orang. Sebab hal itu cuma akan menambah semakin buruknya keluhan demi keluhan nantinya. Pun juga terlalu banyak melihat sisi keburukan dari pihak lain pun justru dapat melupakan keburukan yang ada pada diri kita sendiri.

5. Kurangilah Kehendak diri untuk Tampil Sempurna

Manusia ini memang diciptkan Allah Ta'ala sebagai makhluk yang mulia dan lebih sempurna dibandingkan makhluk-makhluk lainnya. Namun bukanlah itu berarti segala hal yang manusia lakukan mesti selalu juga sempurna. Sejenis robot saja atau sebuah mesin elektronik pun bisa dengan mudah melakukan sautu kesalahan padahal sudah diprogram dengan tepat dan akurat oleh sistem. Apalah lagi manusia seperti kita yang memiliki kemampuan serbat terbatas di dalam mengerjakan semua aktivitasnya.

Sepanjang kehidupan umat manusia ada hal-hal yang banyak sekali dan tidak mungkin bisa dengan mudahnya kita merubah maupun mengendalikannya. Semisal halnya ketidakmungkinan manusia untuk mampu dalam mengatur serta merubah keadaan cuaca alam raya. Sebab itulah jangan suka sekali berpikiran melebihi batas untuk bisa tampil sempurna di dalam semua perkara. Berpikir berlebihan untuk kerapkali tampil sempurna itu hanyalah akan mengundang timbulnya seabreg keluhan pada diri kita manakal hasil diakhir usaha tidak seirama dengan harapan yang membuncah.

Kekurangan plus kesalahan ialah sebuah hal alamai yang sangat manusiawi sekali. Memaksakan pada kesempurnaan diri malah hanya membuat nalar pikiran kita semakin rapuh dan berat. Bila itu dibiarkan, maka bukanlah suatu kemustahilan kita pun akan terjangkiti penyakit depresi. Ancaman seriusya bisa-bisa Anda menjadi orang gila.

6. Bukalah Mata Lebar dan Perbanyak Wawasan

Bisa juga keluhan sering terjadi merupakan akibat dari minimnya wawasan pengetahuan akan dunia luar yang kita miliki. Kita cenderung hanya berpatokan pada suatu hal yang tertentu semata. Padahal masih ada cukup banyak sekali baragam pilihan lain yang dapat Anda pilih dan kerjakan. Tapi, Anda malah tetap memilih pada situasi rumit tersebut.

Cobalah berusaha untuk bisa berpikiran yang lebih jernih dan kreatif. Teruslah mencari sejumlah ide cemerlang dan juga gagasan yang terbaru lain daripada lain yang bahkan sebelumnya tak pernah terlintas sedikitpun dalam pikirkan Anda. Tambahlah ilmu pengetahuan diri Anda yaitu dengan cara perbanyak membaca buku atau artikel-artikel yang bermanfaat di internet sahsatu contohnya ya di blog Kangsodik.Com ini.

Ingatlah sebuah pepatah indah, buku itu ialah jendelanya cakrawala dunia. Dengan buku Anda dapat mengetahui segala informasi pengetahuan yang menakjubkan dan mencengangkan. Dengan semakin bertambahnya wawasan pengetahuan ilmu Anda, di dalam segala macam bidang, maka mata pikiram Anda pun akan jauh lebih tercerahkan dan terbuka lebar untuk dapat melihat segala kejadian serta persoalan dengan sikap yang bijak.

7. Perluaslah Teman Pergaulan Anda

Cobalah juga Anda selidiki barang sebentar, apakah setiap kebiasaan buruk mengeluh tersebut dilakukan juga oleh orang-orang disekitar lingkungan rumah Anda baik itu keluarga sendiri maupun tetangga. Mengapa bisa begitu? Karena terdapat banyak sekali penelitian dalam bentuk survei ke lapangan oleh sejumlah orang secara langsung yang menandakan bahwa watak manusia itu dipengaruhi juga oleh orang-orang yang ada disekelilingnya. Termasuk tapa kecual watak atau tingkah laku kebiasaan jelek banyak berkeluh-kesah.

Kalau ternyata memang daerah lingkungan tempat bersosialisasi Anda banyak dipenuhi manusia-manusia yang gemar sekali mengeluh ini itu, maka sebaiknyalah dan secepatnya mulai untuk membatasi pergaulan dengan mereka karena mudhorotnya sangat besar. Paling tidak hingga Anda dapat memperkuat mental diri sendiri untuk kebal pada pengaruh buruk kebiasaan suka mengeluh saban waktu.

Sebagai solusinya perbanyaklah untuk bergaul lebih luas lagi dengan orang-orang yang suka menolong, berbagi, dan saling menyemangati.satu sama lain. Seperti contohnya mereka para relawan kemanusiaan yang mengabdikan dirinya tanpa pamrih untuk memberi pendidikan gratis sebagai pengajar private bagi anak-anak tidak mampu dipemukiman kumuh.

Mereka para relawan pejuang kemanusiaan itu merupakan sebuah contoh nyata dan real orang-orang kuat yang cerdas, pemberani dan perprinsip keras pantang untuk mengeluh kepada keadaan sesulit apapun, sebab mereka semua menyadari bahwa masih ada banyak sekali orang-orang yang termarjinalkan dan membutuhkan bantuannya.

Camkanlah baik-baik bahwa tidak mungkin ada sebiji pun perkara yang positif apalagi manfaat yang dapat diperoleh dari suatu kebiasaan jelek yang namanya mengeluh. Dan sebaliknya Anda malah akan jatuh terpuruk ke dalam situasi kejiwaan diri yang sangat buruk. Keadaan hidup yang condong menjadikan Anda sangatlah sulit untuk merasakan manisnya kebahagiaan yang tak dapa terbeli oleh harta sebanyak apapun di dunia ini. So kawan, mulai dari sekarang, cobalah tips dan trik ketujuh rahasia ampuh diatas supaya Anda pun dan kita semua tidak gampang mengeluh tentang apapun jua. Go spirit of sukses for you!
Advertisement

0 Response to "7 Rahasia Ampuh Agar Tidak Gampang Mengeluh Dalam Menjalani Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel