Cara Aman Menghapus Semua Data Di Android

Sebuah temuan baru hasil penelitian intensif dari salahsatu vendor software antivirus ternama yakni Avast memaparkan jika melakukan pilihan pada "Factory Reset" yang terdapat pada sistem pengaturan operasi smartphone Android itu tidaklah efektif sekali dalam menghapus semua data milik pengguna. Si perusahaan tersebut membeli sekitar 20'an telepon pintar smartphone OS Android yang lama di eBay tempat belanja online internasional. Dan hasilnya mencengangkan mereka bisa berhasil dalam mengembalikan data yang dihapus dengan cara "Factory Reset" sebanyak 40 buah ribu gambar dan foto, serta 750 buah email masuk dan juga SMS masuk plus 250 buah kontak orang lain. Hebatnya lagi mereka pun berhasil dalam memulihkan data identitas dari empat orang pemilik sebelumnya smartphone bekas atau second itu. Yang sangat buruk, mereka para ahli dari Avast itu memakai sebuah software untuk recovery data yang ada dan bertebaran banyak di pencarian internet, dan bukanlah software yang khusus dibuar untuk bisa memperoleh semua data-data hilang ini dapat kembali.

Hapus Semua Data Di Android Dengan Mudah Cepat Dan Aman

Meskipun Avast beserta perusahaan-perusahaan yang lainnya saling berlomba menawarkan tools-tools penghapus semua data dalam memori card, ada sejumlah metode yang dapat dilakukan guna mengamankan semua data penting milik pribadi ketika Anda melakukan pennghapusan data lewat "Factory Reset". Maka tetap saja itu tidak menjadi solusi karena termyata sangat mudah menekuman data asli yang sudah dihapus tersebut. Oleh karenanya Cara Aman Menghapus Semua Data Di Android akan menjelaskan dan menjabarkan beberapa tips, langkah, dan metode yang ampuh untuk menghapus semua data pada smartphone Android Anda dengan aman dan tidak bisa lagi ditemukan oleh siapapun.

Metode 1: Lakukan Enkripsi

Kalian sangat disarankan sekali untuk mengenkripsi semartphone Android kalian sebelum mulai menghapus datanya. Proses lewat enkripsi ini akan menjadikan data yang ada smartphone Anda penempatannya acak-acakan atau dengan kata lain menjadi terpisah satu sama lain. Bahkan walaupun tidak bisa terhapus dengan sepenuhnya, agar bisa memulihkan file data semacam ini sangat diperlukan sekali sebuah kunci pembuka khusus.

Untuk menjalankan enkripsi di data perangkat, silahkan buka bagian menu incon gerigi atau Settings, lalu klik opsi Security selanjutnya pilihlah Encryptphone. Fitur semacam ini kemungkinan terletak pada lokasi yang beda-beda di setiap perangkat masing-masing smartphone Android kita.

Metode 2: Jalankan "Factory Reset"

Metode berikutnya ialah dengan melakukan atau menjalankan "Factory Reset" pada Android Anda. Hal demikian bisa Anda lakukan dengan cara memilih sebuah perintaj "Factory Data Reset" yang biasanya terletak pada bagian sub menu "Backup & reset" dimenu pengaturan settings. Anda harus mengtahui sepenuhnya jika melakukan pilihan reset ini jelas akan membuta terhapusnya seluruh data yang ada di perangkat smartphone Android Anda termasuk dalam memori card eksternalnya. Sebelumnya menjalankan metode ini, jangan lupa lakukan backup semua file data yang dirasa penting bagi Anda sendiri yang mau disimpan untuk suatu kebutuhan tak terduga dilain waktu.

Metode 3: Masukkanlah "Data Dummy"

Metode pertama plus kedua diatas bagi sebagian kebanyakan orang mungkin sudah cukup, namun langkah metode yang ekstra lainnya ini dapat memberikan sebuah perlindungan yang lebih baik ketika menghapus semua data penting milik pribadi di Android. Sesudah selesai menjalankan "Factory Reset", masukkanlah semua foto-foto, kontak, yang semuanya palsu pada penyimpanan data di smartphone Anda. Kenapa ini diperlukan? Jawabannya detailnya ada pada poin berikutnya.

Metode 4: Jalankan "Factory Reset" Kembali

Sekarang sesudah smartphone Anda telah dipenuhi oleh foto sekaligus data-data kontak dan file yang palsu, maka jalankanlah "Factory Reset" kembali untuk melakukan penghapusan konten lama atau pun data yang dummy tadi. Maka otomatis kini orang lain pun akan sangat kesulitan sekali untuk bisa menemukan semua data yang asli karena telah terkubur dan ditumpuk oleh diantara serpihan-serpihan data paslu atau dummy yang kita jejalkan.

Masih juga merasa sindrom paranoid akut, karena takut sekali data Anda nantinya ditemukan? Jangan khawatir sabahabat KangSodik.Com, Lakukan dan jalankanlah langkah atau metode yang tiga tadi dan juga metode ke empat dengan sebanyak-banyaknya yang Anda inginkan. Insya Allah semua data asli Anda akan menghilang lenyap bak ditelan perut bumi hehehehe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel