Langsung ke konten utama

20 jenis Peluang Ide Bisnis Rumahan Di Kampung Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan

Sembilan Ide Jenis Bisnis Khusus Ramadan Bisa Membuat Kamu Kaya Dadakan

Bulan suci Ramadan itu memang dipenuhi dengan banyak sekali keberkahan. Karena Allah Ta'ala kepada semua kaum muslimin yang beriman menjanjikan diberikannya banyak sekali ladang amal yang mendulang pahala berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa, bulan suci Ramadan ini juga banyak sekali menyimpan ladang untuk menjemput rezeki. Ada banyak sekali orang yang menciptakan sejumlah bisnis secara dadakan ketika bulan menahan lapar dan haus pada siang harinya ini masuk dengan nilai keuntungan yang amat besar.

Apalagi jumlah penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Ini tentu sangat potensial untuk dijadikan target pemasaran suatu usaha. Jadi mengapa mesti ragu, segeralah buat perencanaan dua atau satulan bulan sebelum memasuki bulan ramadan itu sendiri. Dengan adanya persiapan dan perencanaan yang matang dan jauh-jauh hari maka akan lebih ringan dan tidak repot nantinya. Pemilihan produk yang mau dijual juga haruslah dipikirkan dengan baik. Usahakan pilih produk yang benar-benar mudah laku, disukai banyak orang, profit keuntungannya tinggi. Dengan begitu dalam waktu satu bulan Insya Allah Anda bisa kaya mendadak.

Ide Jenis Bisnis Khusus Ramadan

Kembali ke keutamaan bulan suci ramadan. Siapa sih orangnya yang menolak, jika pahala dicurahkan berlipat ganda, bisnis pun sukses banyak menghasilkan rupiah berlimpah? Tetapi, peluang ide jenis bisnis apakah ya kira-kira yang memiliki tingkat propekstif yang besar manakala dijalankan pada bulan suci puasa hingga menjelang hari lebaran tiba? Baiklah kita simak bersama yuk poin-poinnya dibawah ini!

1. Berjualan Makanan takjil, berupa minuman yang manis, dan juga kolak

Takjil, ialah sebuah padanan kata yang asal muasalnya dari bahasa Arab Timur Tengah dengan memiliki makna yakni menyegerakan. Di dalam penjelasan ini, oleh karenanya takjil tersebut diartikan secara lengkap sebagai dimaksud yang berarti Menyegerakan saatnya buka puasa ketika kumandang azan magrib telah terdengar. Karena di dalam syariat islam, tindakan menyegerakan untuk berbuka di bulan puasa ialah sebuah perintah yang termasuk bagian dari ibadah.

Begitu pula dengan apa yang tercantum di dalam kamus induk bahasa melayu Indonesia murni, takjil ini pun diartikan sama yaitu menyegerakan dan juga persamaan yang lainnya yakni mempercepat sesuatu perbuatan. Jadi sesudah kita mengetahui apa makna arti yang sebetulnya, sehingga menjadi rada aneh kedengarannya apabila akhirnya perkataan takjil itu disandingkan dengan kata gratis, contohnya "Takjil Gratis". Nah, demikianlah sejenak mengulas apa itu takjil, diharapkan setelah kita mengetahui pengertian yang sebenarnya supaya kita bisa berusaha meluruskan pemahaman yang salah di tengah masyarakat.

Namun apa boleh buat karena sudah terlanjur takjil itu dipahami sebagai makanan maka dalam poin artikel ini tetap saya akan memperlakukannya makanan juga sesuai judul diatas. Bicara soal berbuka di bulan puasa itu memang lebih enak jikalau dimulai dengan air minuman yang manis semanis gula, seperti segelas teh dan juga makanan takjil dari kolak buah-buahan yang menyegarkan. Nah, kita bisa coba memanfaatkan kesempatan ini buat membuka usaha jualan takjil, dari kolak kolang-kaling, sirup buah, cireng, gehu, bala-bala, ditambah minuman dingin manis dan segar yang lainnya. Anda bisa mulai berjualan dihalaman rumah diposisi bagian depannya, menawarkan juga ke setiap kantor perusahaan yang terdekat, dan lain sebagainya. Insya Allah, permintaan pelanggan pun akan terus tinggi!

2. Jualan Baju Muslim

Hari lebaran sangat identik sekali dengan tradisi segala serba baru diantaranya baju. Anda dapat coba untuk hunting berbagai tipe baju busana muslim dengan aneka modelnya yang bagus serta elegan buat dijual lagi. Sedapat mungkin temukanlah supplier barang glosir yang utama, agar harga yang diperoleh lebih murah dari biasanya. Sehingga Anda pun bisa untuk menjualnya dengan bandrol harga yang tidak kelewat mahal. Jika berhasil, maka akan membuat banyak sekali pelanggan yang ketagihan belanja di lapak Anda, Mantap sekali kan!

Baju muslim yang bisa Anda jual itu cukup banyak sekali. Beberapa diantaranya semisal sarung biasa dan juga celana sarung, sajadah berbagai jenis merek, mukena dengan sejumlah pilihan warna, jilbab yang biasa atau yang lengkap dengan cadarnya, peci atau kopiah, baju takwa untuk kaum pria pergi sholat, celana sirwal atau celana cingkrang, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menyediakan juga stok busana muslim khusus anak-anak baik laki-laki maupun perempuan. Karena kebutuhan mereka juga biasanya sama dengan kebutuhan orang dewasa. Kebanyakan mereka aktif mengisi bulan ramadan dengan kegiatan-kegiatan ibadah mulai dari ngaji Qur'an rutin di Masjid, sholat, hingga acara buka bersama disekolah dan itu semua dibutuhkan sekali berpenampilan islami.

3. Jualan Beraneka Paket Kue Kudapan Kering

Kaum muslimin Indonesia juga seringkali banyak melakukan pembelian beraneka jajanan paket kue kudapan kering ketika memasuki memasuki hari Lebaran. Jadi kenapa itu seolah sebuah tradisi yang wajib karena untuk persiapan jika ada saudara dan tetangga yang bertamu ke rumah, mereka pun sudah punya makanan ringan untuk dihidangkan sebagai suguhan bagi para tamu tersebut. Maka dari itu, apabila Anda memiliki hoby memasak, maupun punya sebuah resep rahasia warisan keluarga untuk membuat kue kudapan kering tadi , Anda pun bisa coba memulai untuk berjualan kepada semua orang baik itu tetangga, teman, rekan usaha dan lain-lain.

Jangan berkecil hati jikalau Anda tidak mempunyai kepandaian dalam hal masak-memasak. Kita tetap masih bisa untuk berjualan beragam kue kudapan kering  buatan kerabat, teman, atau beli saja ke toko grosir camilan terdekat. Apalah lagi bila Anda aktif sekali di sosial media maka tentunya bakalan membuat jualan Anda laku keras diburu konsumen.

Rugi sekali kalo Anda tidak mengambil peluang bisnis ini. Mumpung masih ada satu bulan lagi segera susun tatapengeloaan rencana bisnis buat ramadan nanti. karena di waktu yang sama bagi mereka yang sudah berkecimpung lama dalam usaha musihaman telah lebih dulu mengumpulkan stok produknya dan menyimpannya di gudang-gudang mereka. Kenapa sampai segitunya? Ya, karena bisa jadi ketika ramadan telah menjelang semua harga akan diperkirakan melonjak naik termasuk harga glosiran sekalipun. Oleh sebab itu, sedia payung sebelum hujan adalah peribahasa yang cocok untuk Anda terapkan dalam rencana bisnis musiman di bulan suci ramadan yang akan datang.

4. Jualan Manisan Kurma

Pada bulan ramadan, kurma selalu menjadi makanan ringan sejenis buah-buahan asal Timur Tengah Mekah  Arab Saudi yang sangat paling banyak diburu dan dicari untuk dibeli. Semua kalang Umat Islam mereka berlomba-lomba untuk memborong kurma yang sudah berupa manisan itu untuk disajikan sebagai takjil saat berbuka ketika masuk azan Magrib di hari-hari puasa wajib tersebut. Tidak cuma itu saja, kurma ini pun sering dijadikan suguhan buat tamu ketika Ramadan.

Kurma ini ternyata ada beberapa jenis tergantung dari daerah mana ia dipanen.  Kurma-kurma tersebut barang impor dari luar negeri, kebanyakan didatangkan dari negeri asalnya yakni seperti Madinak, Makkah, Tunisia, Mesir, Irak, dan Iran semunya mayoritas berasal dari negara-negera bagian Timur Tengah. Namun uniknnya ada juga yang diimpor dari negera barat AS (Amerika Serikat).Jadi, Anda bisa berdagang beberapa jenis varian buah kurma guna mendulang nilai keuntungang yang lebih banyak. Anda pun dapat membantu mereka yang berpuasa dalam menyiapkan santapan takjilnya.

Nah, bagi sobat yang kepingin tahu jenis-jenis buah kurma apa sajakah yang ada sekarang ini? Asal tahu saja sedidaknya terdapat 5 jenis buah kurma yang beredar banyak dipasaran terutama pada saat bulan suci ramadan. Baiklah untuk mempersingkat waktu yuk bersama-sama kita pretelin satu persatu jenis aneka kurma dibawah ini:
  •  Buah Kurma Jenis Ajwa. Diantara sekian jenis buah kurma yang ada, kurma inilah yang harganya lebih mahal. Mengapa bisa begitu? Sebabnya ialah kurma ini yang asalnya dari kota Madinah negara Arab Saudi dan memiliki juga nama selainya, kurma inipun sangat disukai oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam. Kurma ini mempunyai bentuk agak padat serta sedikit keras namun rasanya paling lezat. Ciri-cirinya bisa dilihat dari warnanya yang hitam semu pekat plus juga ada seratan berwarna kecokelatan dipermukaannya. Rasa manis di dalamnya  menyerupai buah kismis, wujud fisiknya kering dibagian luarnya, tidak punya kelembaban, dan diameter ukurannya sedikit besar.
  • Buah Kurma Jenis Lulu. Jikalau berkeinginan memakan buah kurma manis yang rupanya mirip dengan kurma kesukaan nabi tapi harganya lebih terjangkau, sahabat kang Sodik bisa menjatuhkan pilihan pada kurma jenis Lulu. Buah kurma yang satu ini juga mempunyai ciri sama yakni hitam agak pekat, tetapi ukuran badannya saja yang kecil jika dibandingkan dengan kurma jenis Ajwa. Kurma ini pun tidak punya garisan serat pada permukaan badannya.
  • Buah Kurma Jenis Amer Hajj. Kalo Kurma ini umumnya biasa kebanyakan orang menyesebutnya dengan nama Amir Hajj. Nah, buah kurma ini dipanen dari negeri Irak dimana kurma ini berasal. Amir Hajj mempunyai daging bertestur yang sangatlah lembut sekali dan dagingnya tebal. Keunikan dari Kurma Hajj ini orang seringkali mengenalnya dengan nama welcome kurma (Kurma Selamat Datang), karena banyak dihidangkan oleh penghuni rumah buat menyambut para tamu yang datang kerumahnya. Satu hal lagi yang menarik dan pastinya disukai semuanya ialah harganya sangat murah-meriah.
  • Buah Kurma Jenis Palmfruit. Kurma lain yang juga umum sekali dibeli orang-orang Islam ialah kurma jenis Palmfruit. Negeri asal kurma ini dari negara Tunisia. Bentuknya agak lain yakni memiliki diameter panjang dan lonjong, warna kulit luarnya cokelat semu kemerahan, tekstur daging cenderung agak kenyal, untuk rasa tetap manis.
  • Buah Kurma Jenis Ruthob (Kurma Muda). Kurma yang terakhir ialah kurma ruthob biasanya diperjual-belikan masih mentah atau muda, namun membutuhkan waktu lama supaya bisa matang lalu bisa untuk dimakan.Kurma jenis ruthob ini mempunyai khasiat alami untuk bisa menyuburkan peranakan wanita, oleh karenanya sangat cocok sekali dikonsumsi bagi para ibu rumah tangga yang lagi dalam masa program kehamilan. Adapun harganya dibanderol sekitar Rp200.000,- sampai Rp250.000,- perkilogramnya. Kurma model ini mempunyai ciri yang berwarna jelas kuning agak gading pun teksturnya lumayan keras dikarenakan memang kurma mentah.
5. Jualan perlengkapan Untuk Salat

Namanya juga ramadan tentu akan menjadi sebuah kesempatan waktu yang tepat bagi pemeluk agama Islam untuk lebih banyak, rajin, khusuk dan total dalam menjalankan amal ibadah. Supaya Anda juga dapat turut ikut serta dalam membantu serta memicu kaum mumslimin rajin dalam beribadah, Anda bisa mencoba berbisnis alat-alat untuk salat dan ibadah lainnya.

Apa saja sih produk alat-alat sholat yang utama maupun pendukungnya? Kali dirincikan lumayan banyak tapi disini saya bahas gambaran besarnya saja. Diantaranya yang paling umum yaitu baju koko, kain sarung, baju mukena, sajadah, kopiah atau peci, kitab Al-Qur'an, kitab surat-surat pendek Zuz'amma, buku-buku Islam, buku panduan sholat, buku panduan zikir yang benar, dan mungkin masih ada yang lainnya.

6. Berjualan aneka macam gorengan dan minuman dingin

Siapa sih orangnya yang tidak menyukai makan kering gorengan plus ditemani segelas minuman baik hangat maupun dingin ketika hendak berbuka? Anda bisa coba berjualan jajanan ini disekitaran gang dekat rumah Anda. Pasti akan banyak sekali warga setempat yang berdatangan untuk membeli makanan kecil buat buka puasa mereka. Adapun yang dijual Anda bisa mulai mencoba berjualan tempe goreng mendoan, batagor, aneka gorengan lainnya sekaligus dengan jualan minuman yang dingin semisal softdrink serta tes mani manis dan lain sebagainya.

7. Jualan Makanan Box Paket Katering

Cukup banyak sekali perkantoran dipusat kota yang mengadakan acara berbuka puasa bereng para karyawannya, dimana pada kebiasannya entah itu patungan sesama karyawan atau bosnya sendiri yang mensponsori akan banyak membeli bermacam aneka makanan ringan, dan juga makanan berat buat dinikmati bersama ketika berbuka puasa. Jikalau Anda senang masak juga pandai membuat camilan manis ditambah memang memiliki bakat keahlian khusus untuk pekerjaan memasak, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis makanan box katering dengan berbagai paket menu. Menu paket dan menu paket santap sahur contohnya.

8. Jualan Bingkisan Parsel Idul Fitri

Selain panganan kue jenis kering, pakaian baru, istri baru buat para jomblo hehehe, biasanya umumnya sebagian orang akan saling memberikan bingkisan berupa parsel Idul Fitri kepada kerabat dekat, rekan kerja, dan para sahabat karibnya. Bila Anda mempunyai bakat dalam merangkai suatu barang-barang yang dikreasikan semenarik mungkin, tinggal cukup membeli saja semua bahan-bahan dan juga produk-produk untuk dibuat parsel tersebut, sehingga Anda hanya perlu menyusun produk-produk tadi yang kemudian dijadikan satu dalam sebuah keranjang khusus.

Bisnis ini potensial sekali kawan, coba pikirkan jika biasanya berbagi hadiah lebaran cuma dikantongin keresek maka itu sama sekali kurang menarik. Nah, kalau dirangkai dalam suatu wadah khusus maka jauh lebih cantik dan momen berbagi pun terasa ada nilai tambahnya. So, buat apa lagi berat-berat berpikir ini sudah ada jalannya tinggal mau tidak untuk merealisasikannya.

9. Usaha Merentalkan mobil Buat Mudik

Tidak semua kalangan orang memiliki kendaraan seperti mobil untuk dipakai mudik pulang kampung ke desa kelahirannya. Inilah kesempatan emas bagi Anda sebagai peluang bisnis musiman yang kebetulan mempunyai mobil atau motor pribadi yang tidak sedang dipergunakan disaat itu. Anda bisa merentalkan kendaraan tersebut. Ramadan karim dan Lebaran hari kemenangan jadi mengandung berkah yang berlipat sekaligus mendapat untung melimpah.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di Indonesia terdapat kebiasaan atau tradisi unik yang jarang kita temukan di negara-negara lain yakni mudik. Mudik ialah suatu kegiatan perjalanan memergunakan kendaraan ke luar kota dan umumnya ke kampung-kampung. Para pemudik ini berasal dari kota tapi mereka bukan penduduk asli melainkan perantauan dari desa yang sudah lama tinggal di kota dan setahun sekali pulang mudik ke kampung halaman. Mereka di kota mengadu nasib dalam mencari rezeki, ada yang sukses ada juga yang malah luntang-lantung jadi gelandangan. Nah, yang sukses inilah biasanya sering banget mudik. Mereka itu bisa dijadikan sasaran utama dari usaha rental sewa kendaraan Anda.

Bagamaina, lumayan banyak sekali bukan? Aneka rupa variasi model bisnis serta usaha yang dapat Anda kerjakan selama 30 hari Ramadan hingga lebaran? Silahkan,  Anda ingin coba bisnis yang jenis apa dulu? Namun usahakan yang mudah dan sekiranya Anda benar-benar mampu menguasahinya. Akhir kata selamat berbisnis dan selamat berjihad mencari nafkah buat diri, anak istri, jangan dilupakan juga yang utama buat orang tua tercinta karena berkat jasa mereka kita bisa lahir ke muka bumi dalam keadaan sehat wal'afiat. Wassalamu'alaikum Warohmatullahiwabarokatuh.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 jenis Peluang Ide Bisnis Rumahan Di Kampung Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan

Kepada masyarakat yang tinggal di kampung, jangan resah bin gelisah, saat ini terdapat cukup banyak sekali peluang bisnis rumahan untuk di kampung yang tentunya dapat membawa pada tarap hidup perekonomian Anda meningkat dengan cepat. Hal ini bisa terjadi sebab kini kampung bukanlah lagi sebuah tempat yang terpencil jauh dari keramaian yang umumnya identik dikenal dengan aroma kemiskinan penduduk, keterbatasan akan peluang dunia kerja karena minimnnya pembangunan dan lain sebagainya. Namun sebaliknya, sekarang ini kampung justru menyimpan banyak potensi peluang bisnis yang sangat luar biasa menjanjikan.

5 Bisnis Modal Minim Yang Sempat Digeluti Orang Terkaya Di NKRI

Tahukah kamu! Sebelum menjadi orang kaya raya atau seorang konglomerat terkenal di NKRI, mereka-mereka itu ternyata dulunya pernah merintis dan menggeluti sebuah bisnis rumahan dengan modal minim. Nah, semua jenis bisnis rumahan tersebut tentunya sangat bisa sekali Anda tiru bila Anda memiliki rencana untuk membangun suatu gurita kerajaan bisnis Anda dimasa yang akan datang.

Perjalanan Bob Sadino Hingga Menjadi Pengusaha Sukses Ternama

Kisah perjuangan Bob Sadino dalam mereguk kesuksesan menjadi pengusaha ternama dan terkaya di Indonesia mungkin sudah santer tersiar kabarnya keseluruh lapisan masyarakat. Nah, buat sahabat pembaca blog Kang Sodik yang barangkali belum sama sekali pernah sampai mendengar kabar kisah bagaimana perjalanan hidup beliau yang penuh dengan lika-liku. Berikut ini web blog Seribu Peluang sajikan secara singkat tentang bagaimana perjalanan kehidupan Bob Sadino sang motivator inspirasi bisnis sebelum beliau akhirnya menggapai sukses jadi seorang wirausahawan yang sangat diperhitungkan dan dihormati di negeri kita Indonesia.

Siapa sich diantara kita yang belum mengenal seeroang sosok laki-laki nyentrik bernama Bob Sadino ini, pebisnis sukses yang kawakan dan biasa berpenampilan apa adanya alias sederhana. Bahkan uniknya, dirinya biasa jika berpenampilan meski didepan publik hanya mencukupkan diri tampilan bawahnya dengan memakai celana ukuran pendek saja. Beliau ini merupakan termasuk seorang j…

Copyright © 2019 KangSodik.Com. All Rights Reserved.