7 Fadhilah Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Wajib Anda Tahu

BULAN RAMADHAN ialah bulan yang sangat istimewa bagi seluruh Umat Islam di dunia. Salahsatu fadhilah keutamaannya yang amat jelas sekali ialah tidak ada nama-nama suatu bulan dalam kalender hijriah yang disebutkan di dalam kitab suci Al-Quran terkecuali bulan Ramadhan. Anda bisa cek langsung di Surat Al-Baqarah surah ke 2 ayat 185. Serta terpadat beberapa Fadhilah Keutamaan Bulan Ramadhan lainnya yang dapat Anda simak jika membaca artikel ini sampai akhir.

Fadhilah Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Ramadhan ialah Syahrul Quran atau bulannya Al-Quran. Karena di bulan ramadhan inilah pertama kalinya wahyu diturunkan. Dan ramadhan itu juga Syahrullah yakni bulannya Allah. Tepat di bulan tersebutlah Umat Islam Yang beriman serentak dimana-mana melaksanakan ibadah full yang secara langsung diperuntukan kepada Allah Ta'ala dan pastinya Dialah yang juga akan langsung memberi balasan ganjarannya.

Perlu juga diketahui sahabat www.kangsodik.com bahwa ramadhan ini pun dimana waktunya Kaum Muslimin yang Mukminin melaksanakan salah satu "Rukun Islam" yang ke empat, yaitu ibadah puasa atau shaum romadhon. Sebuah amalan ibadah yang khusus selama satu bulan penuh dari mulai waktu maghrib hingga waktu subuh dengan nilai ganjaran pahala yang sangat spesial.

Fadhilah Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Wajib Anda Tahu

Setidaknya terdapat 7 fadhilah keutamaan yang terkandung pada bulan suci Ramadhan:

1). Pintu-pintu gerbang surga pun dibuka, dan pintu-pintu gerbang neraka Allah tutup dengan rapat, serta para setan-setan penggoda pun dibelenggu kuat (HR An-Nasa'i). Semangat tinggi dalam beribadah sehingga Keimanan pada diri kita bertambah dan meningkat, itulah yang terjadi selama bulan suci Ramadhan kita lewati.

2). Jika dibulan yang biasa, ganjaran pahala dari setiap amal kebajikan menjadi dilipatgandakan hingga sepuluh kalilipatnya, akan tetapi pada bulan suci Ramadhan ganjaran pahala dari amalan yang hukumnya wajib akan dilipatgandakan hingga tujuh puluh kalilipat lebih banyak dan juga amal ibadah yang hukumnya sunnah akan disamakan pahalanya dengan amalan yang hukumnya wajib saat dilakukan diluar bulan Ramadhan. (HR Muslim).

3). Pahala dari puasa shaum romadhon akan langsung Allah Ta'ala terima sekaligus dibalasnya sekehendak Allah sendiri. "Setiap dari amal ibadah anak cucunya Adam akan dilipatgandakan. Dari satu kebaikan Allah akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali hingga  tujuh ratus kalilipat, terkecuali puasa (Shaum Romadhon). Puasa (Shaum) ialah milik-KU, Allah dan Diri-Nyalah yang pasti akan secara langsung memberi balasan ganjaran pahalanya." (HR Muslim).

4). Ramadhan ini dimana bulan telah diturunkannya kita suci Al-Quran. “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…." (QS. Al-Baqarah:185).”

5). Di dalam bulan Ramadhan tersebut terdapat satu malam yang penuh keberkahan yang bernama Malam Lailatul Qadar, malam ini jauh lebih mulia dari seribu bulan biasa (QS al-Qadar:1-5). Jika beribadah pada saat malam ini maka sama halnya setara berjuang atau berjihad dijalannya Allah sebanyak seribu bulan. Bagi kaum muslimin yang beriman lalu berjumpa dan banyak beribadah ikhlas Lillahita'ala maka dijamin seluruh kehidupannya akan lebih menjadi sangat baik dan juga penuh dengan kebahagiaan di dunia pun di akhirat.

6). Segala dosa dimasa lalu pun akan Allah ampuni jika kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan dipenuhi rasa keimanan dan juga pengharapan hanya kepada Sang Maha Pencipta Allah Subhanahuwata'ala, dengan tak pernah ketinggalan mengisi setiap malam ramadhannya dengan Sholat Tarawaih (Qiyam Ramadhan) serta amal ibadah yang lain yang dicontohkan Nabi (HR. Bukhari & Muslim).

7). Ini yang juga paling penting ketika bulan Ramadhan tiba setiap doa-doa kita lebih berpotensi cepat sekali dikabulkan oleh Allah Ta'ala, apalagi ketika beberapa menit menjelang berbuka (HR. Ibnu Majah & Baihaqi). Selama ketika berpuasa itu, setiap diri yang menghamba pada ILLAHI sangatlah dekat sekali pada-Nya sebab amalan puasa shaum romadhon tersebut memang hanya untuk-Nya.

Mudah-mudahan kita semua diberikan Allah kekuatan yang kokok untuk bisa melaksanakan amal ibadah di bulan suci Ramadhan baik sebelum dan sesudah ada di dalamnya dengan sebaik mungkin hingga berhasil meraih fadhilah keutamannya. Amiin....! Wallahua'lambishshawabi.

Baca Juga: Cara Niat Puasa Ramadhan Yang Benar Sesuai Contoh Nabi
Advertisement

0 Response to "7 Fadhilah Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Wajib Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel