Bahaya Game Bagi Anak Jaman Now Dan Cara Pencegahannya

Seperti telah kita ketahui bersama sobat kangsodik.com, media sosial berubah dari waktu ke waktu begitu teramat cepat sekali sehingga membuat susah untuk diikuti. Game permainan yang baru bermunculan terus-menerus seakan tidak bisa dibendung, dan dalam tempo yang singkat mudah menyebar hingga menjadikannya sangat viral. Contohnya saja sebuah jenis permainan ataupun game di media sosial yang namannya Neknominate dan mulai muncul sekitar dua tahunan yang lalu.

Anak Lagi Main Game Di Laptop

Permainan tersebut cukup sangat memprihatinkan sekali. Biasanya ada seorang pemuda menunjukan demonstrasi aturan gamenya yakni dengan minum barang haram alkohol dengan jumlah yang cukup banyak (Kurang lebih Setengah Dari Ukuran Penuh isi Botol). Tapi dilakukan dengan cara nekad yang tak lazim misalnya dengan setengah badan telanjang dilokasi ramai seperti mall parahnya lagi minuman tadi sengaja disatukan dengan tikus bangkai yang sudah mati. Kemudian dengan bangganya lalu dia mengunggah hasil video rekamannya tersebut di Youtube dan juga Facebook.

Sesudah itu si pemuda tersebut akan merekomendasikan temannya guna melakukan perbuatan konyol serupa. Demikianlah aturan permainan ini dibuat. Bila teman dia yang direkomendasikan tidak mau karena tidak memiliki keberanian dalam mengambil aksi gila itu, maka si pemudah yang jadi pelopor gama tersebut akan mengancam dengan cara mempermalukan temannya tadi di media sosial. Ketika itu, terdapat sekurangnya lima teman anak muda yang meninggal dunia karena permainan tersebut.

Amat disayangkan, para orang tuanya mereka seringkali kurang mengetahui tentang perihal yang diperbuat anak kandung mereka sendiri di media sosial. Lantas yang jadi masalah bagaimanakah cara agar kita dapat mencegah si anak itu memainkan sebuah game yang berbahaya semisal ini di media sosial? Berikut dibawah ini 5 kiat jitu melindungi anak akan bahaya game bagi anak jaman now di media sosial, selamat membaca:

5 Tips Pencegahan Sedini Mungkin Akan Bahaya Game Bagi Anak

1. Jangan Lepas Komunikasi

Sampaikanlah kepada anak kesayangan Anda secara baik-baik mengenai resiko negatif yang akan muncul ketika memainkan sebuah game semisal Neknominate tersebut. Mereka kemungkinan terpaksa menyerah untuk menolak ajakannya karena begitu kuat desakan dari kawan-kawan mereka serta tidak memahami efek bahayanya. Padahal kan game beginian kelak nantinya bisa menimbulkan kerugian pada reputasi dri mereka sendiri karena setiap konten apapun yang kita upload di media internet itu akan tetap ada untuk selamanya. Salah satu contohnya, ya video berupa tantangan sadis ini yang mungkin ketika ditonton oleh orang universitas tempat anak kita mendaftarkan dirinya untuk kuliah. Pihak dari universitas kemungkinan besar akan menolak untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan dikemudian hari bagi para mahasiswa lainnya.

2. Monitor Penggunaan Setiap Aplikasi

Downloadlah beberapa aplikasi android yang juga sama dipergunakan oleh anak Anda supaya nantinya bisa memahami dan mempelajari apa sajakan manfaat serta cara dalam memperggunakan aplikasi tersebut. Anda pun bisa lebih lanjut meneliti fungsi atau sistem kerja aplikasi semacam itu, Anda dapt mencari tahu kira-kira tipe karakter orang-orang semacam apakah yang aktif berkomunikasi lewat aplikasi android tadi dengan para anak-anak yang memakainya.

3. Kenalilah semua Situs Media Sosial

Kenalilah lebih awal situs-situs media sosial yang saat ini sedang ngetren dan paling ramai dipergunakan oleh setiap anak khususnya Anak sendiri. Cobalah untuk melihat aktivitas yang bagaimana saja ketika anak mempergunakan media sosial itu. Sebisa mungkin kirimlah pertemanan kepada anak Anda di media sosial tersebut dan bertemanlah lalu selanjutnya lihat sekaligus pantau siapa sajakah yang berteman dengan anak Anda.

4. Miliki Akses

Apabila anak kesayangan Anda kedapatan sering banget memakai media sosial, maka mintalah akses password atau kata sandi akun sosmed mereka, dalam upaya guna berjaga-jaga bila mereka hendak memposting konten yang terlarang dan juga memblokir akun Anda pribadi Anda agar tidak dapat bisa lagi melihatnya.

5. Installah Sebuah sistem Untuk Monitor Smartphone

Untuk perangkat smartphone yang dipakai anak-anak usia muda sekitar 17 tahun ke bawah, installah sebuah sistem untuk monitoring aktivitas smartphone dan adapun nama aplikasinya yakni Skydog. Jika sudah menerapkan sistem kayak begini Anda akan bisa leluasi mengakses kegiatan dari perangkat HP yang dipakai anak-anak Anda sebagai kontrol pencegahan dari perkara-perkaya negatif. Adapun cara pengopasiannya dapat dilakukan melalui komputer atau laptop.Kita juga dapat memantau dengan siapa sajakan mereka melakukan komunikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel