Cara Mengatasi Baterai Smartphone Android Yang Boros

Blog KangSodik.Com pada kesempatan yang berbahagia ini mau berbagi tips dan trik atau tutorial untuk handphone android atau smartphone Anda supaya baterainya tidak boros apalagi mudah rusak, pasti gak akan kebayang bukan smartphone android dengan bermacam jenis aplikasi canggih, game dan juga hiburan-hiburan yang lainya namun baterainya tiba-tiba rusak total, hehehe amit-amit jangan kesampaian deh itu terjadi, udah begitu nominal harga beli baterai handphone smartphone android itu enggaklah murah semurah beli permen karet di warung. Daripada baterai Anda ganti dengan yang baru akan juah lebih bijak dan hemat Anda berusaha untuk mencegahnya dahulu. Adapun cara mengatasinya bisa dengan menerapkan sejumlah tips sederhana berikut dibawah ini supaya baterai handpone smartphone Androdi Anda awet, tidak boros, dan tentunya gak cepat sekali rusak.

Tips Cara Mengatasi Baterai Smartphone Yang Boros

Smartphone android sekarang ini hampir semuanya sudah dibekali banyak keunggulan salah satunya ialah layar yang luas, layar dengan ketajaman resolusi yang mumpuni, prosesor yang terbaru super ringan dan cepat didukung kapasitas RAM bawaan yang besar sekali untuk penggunaan multitasking berkemampuan tinggi. Mengakibatkan, kecenderungan akan penggunaan dari smartphone android tersebut menjadi berlebihan sekali serta semakin intensif saja. Entah hal itu buat kebutuhan kerja atau bisnis, bersosialisasi atau bergaul,  hiburan nonton youtube, bermain sosmed dan juga game online sepeti game Mobile Legends dan PUBG yang lagi booming.

Dampak jelek penggunaan dari smartphone android yang terlalu berlebihan hingga melewati batas ini dapat menjadikan Anda kecanduan tiada waktu tanpa memainkan smartphone, dan juga membuat umur dari baterai handphone android pendek sekali. Tapi jangan bersedih, saya akan hadiahkan Anda 10 tips untuk mengatasi dan memperpanjang masa usia baterai handphone android Anda biar awet jaya dalam waktu yang lama. Semua saya rangkum dalam sebuah artikel yang diberi judul Cara Mengatasi Baterai Smartphone Android Yang Boros. Adapun penjabaran detailnya dapat Anda simak dibawah berikut.

Cara Mudah Memperpanjang Usia atau Umur dari Baterai Handphone Smartphone Android Anda

Keselnya bukan main kan kalau ternyata baru lewat tiga bulan saja, baterai handphone smartphone android Anda sudah mesti ganti lagi. Yupz, memperpanjang usia smartphone android yang saya maksudkan pada pembahasan ini ialah usia dari pemakaiannya. Dan itu bisa untuk pemakaian sehari-harinya maupun bisa Anda sebutkan selaku cara dalam menghemat tingkat kerusakan baterai yang lebih lama, atau pun untuk masa jangka waktu yang panjang. Lantas, bagaimanakah solusi cara yang terbaik guna memperpanjang usia baterai handphone smartphone android yang suka boros?

1. Jangan Sampai Membiarkan Handphone Smartphone Android Anda Overheat

Smartphone android itu akan terjadi overheat pabila dipergunakan secara terus-terusan tanpa henti. Supaya tidak mengalami overheat, maka harus bisa mempergunakannya dengan sangat bijak. Pemakaian kamera handphone yang secara berlebihan juga akan mengakibatkan overheat, oleh sebabnya disarankan supaya selalu menonaktifkan atau menutup saja sementara aplikasi fitur kamera apabila tidak sedang dipakai. Disamping aktivitas dalam penggunaannya, handphone smartphone android pun bisa juga menjadi berhawa panas terutama bagian mesinnya pabila disimpan dilokasi yang area permukaannya aktif memproduksi daya panas yang berlebih. Maka hindarilah dalam menyimpan handphone smartphone adnroid Anda diatas benda-benda ekektronik seperti salah satunya kulkas, dalam ruangan mobil ketika terkena pancaran teriknya matahari, maupun dilokasi atau diatas benda yang menimbulkan  hawa panas yang lainnya.

2. Jangan suka Charge pengisian Baterai handphone Semalaman

Walau sudah banyak sekali yang membekali alat charger pengisi baterai smartphone androidnya dengan tambahan fitur baru untuk bisa secara otomatis menghentikan aliran daya listrik manakala baterai handphone telah terisi penuh, namun sangatlah tidak saya sarankan Anda melakukan pengisian ulang energi baterai handphone smartphone android semalaman. Karena Hal itu akan membangkitkan  daya picu berupa overheat dipermukaan handphone smartphone android Anda, dan malah akan membikin baterai handphone smartphone android Anda menjadi cepat sekali rusak. Supaya usia baterai handphone smartphone Android Anda jauh lebih lama dan panjang usianya, maka sebaiknyalah untuk melakukan pengisian ulang daya baterai handphone ketika baterainya terisisa 30%'nan lalu biasakan cabut ketika sudah terisi berkisar 80%. Langkah ini dimaksudkan dengan tujuan guna menjaga ritme siklus peredaran energi baterai handphone smartphone Android Anda tetap stabil.

3. Aktifkanlah mode "Battery Saver"

Satu diantaranya keuntungan dalam memperggunakan smartphone dengan OS (Sistem Operasi) Lollipop v5.0 pada android ialah adanya sebuah fitur bernama "Battery Saver". Yap, agar usia baterai Anda bisa lebih tahan lama lagi alias awet, maka janganlah sekali-kali lupa buat mengaktifkan fitur "Battery Saver" di handphone Android Anda. Tujuannya ialah supaya ketika baterai handphone smartphone Anda dalam kondisis low-bat (Lemah Baterai), maka secara otomatis sistem smartphone akan cepat tanggap mengurangi kinerja performa dari CPU yang digunakannya. Bila smartphone Anda tetap dibiarkan dalam kondisi full kinerja performancenya manakala smartphone android Anda itu low-bat, maka itu pastinya akan memancing menurunnya tingkat kualitas sekaligus usia smartphone Anda pribadi. Hayo ingat-ingat...!!! Siapa sih yang jarang sekali menggunakan layanan fitur yang satu ini? Jujur sih saya sendiri juga baru tahu hehehehe.

4. Jauhilah Sejumlah Aplikasi Android yang banjir Oleh Iklan

Banyaknya jumlah aplikaksi pintar untuk android yang dapat dipilih sesuka hati di Playstore toko aplikasi miliknya google serta ditoko-toko online penyedia aplikasi yang lainnya, yang tentunya bikin Anda lebih mudah dalam menginstal segala aplikasi yang terbaru dan menarik di handphone smartphone Anda. Akan tetapi, terdapat cukup banyak sekali pengembang kreator pembuat aplikasi yang menyelipkan iklan pihak ketiga pada semua aplikasi yang dibuatnya untuk memperoleh penghasilan tambahan dari program adsense admod. Nah itu dia, aplikasi android yang berisi iklan-iklan semacam inilah yang akan menjadikan baterai handphone Anda lebih mudah cepat sekali terkuras habis. Untuk masa pemakaian yang berjangka panjang kedepan, aplikasi android yang tersemat banyak sekali iklan admod ini justru akan gampang memperpendek usia baterai handphone smartphone android Anda itu loh. Dan pastinya akan menjadikan performa pada smartphone Anda menjadi anjlok.

5. Bijak Ketika Mengaktifkan Lokasi Untuk Sosial Media

Aplikasi media sosial semisal Facebook dan Instagram membuat Anda bisa dengan gampang berbagi tempat dimana lokasi terbaru Anda berada. Bahkan Anda sendiripun bisa juga menyertakan area lokasi yang disematkan di foto hasil jepretan langsung lewat kamera smartphone android Anda. Akan tetapi tak tahukah anda, bahwa pemakaian fitur berbagi lokasi dengan terus-terusan tersebut akan malah justru memperpendek usia baterai handphone smartphone android Anda? Sebab itulah, selalu untuk mematikan layanan fitur berbagi lokasi ini ketika Anda tidak lagi mempergunakannya supaya usia baterai handphone smartphone android Anda lebih bisa panjang umurnya.

6. Kurangilah resolusi Kecerahan warna pada Layar

Bukanlah menjadi rahasia lagi bahwasanya dengan mensetting layar pada smartphone android Anda dalam keadaan tingkat volume kecerahan warna yang paling kecil akan membikin smartphone Anda pun lebih kuat hemat daya baterainya. Nah sobat, supaya semakin bisa bertahan lama awet jaya langgeng sentosa, janganlah pernah lupa setting pengaturannya ke "Time sleep" dengan jangka waktu tidak begitu lama menyala (Saya sarankan cukup satu menit saja).

7. Updatelah setiap Aplikasi Android Hanya lewat koneksi WiFi

Tahukah diri Anda, bahwa memakai jaringan koneksi WiFi publik itu jauh lebih bisa menghemat energi baterai ketimbang memakai jaringan data dari mobile smartphonenya sendiri? ini terjadi dikarenakan ketika Anda memakai jaringan koneksi WiFi publik, maka koneksi Anda akan otomatis terkunci di jaringan WiFi saja tanpa berpindah kejaringan lain, sehingga pemakaian CPU pada mesinnya dan juga baterai handphone Anda pun terhindar dari keborosan serta tercapainya penghematan daya baterai. Untuk kegiatan yang ada hubungannya dengan penggunaan mesin CPU dan koneksi jaringan internet, semisal update beberapa aplikasi android dan juga update pada OS defaultnya, sebaiknyalah untuk Anda lakukan manakala terhubung di koneksi WiFi. Disamping bertujuan guna menghemat pengeluaran biaya kuota, pastinya juga ini bertujuan supaya usia baterai gadget android Anda lebih awet dan panjang umur.

8. Gunakanlah fitur layanan "Airplane Mode" Pada Smartphone Android Anda

Jarak antara sinyal smartphone  dan juga BTS provider operator seluler yang Anda pakai itu memiliki efek pengaruh yang serius loh pada ketahanan baterai Anda. Karena itulah, bila Anda berada di kawasan yang jauh dan tidak tercover oleh koneksi jaringan BTS dari provider yang Anda pergunakan, mala alangkah baiknya Anda atur settingan handphone smartphone Anda ke mode "Airplane Mode". Adapun tujuannya supaya daya energi baterai handphone android Anda itu tidak lagi terbuang dengan sia-sia.

9. Matikanlah Fitur Notifikasi

Banyaknya jumlah notifikasi dari media sosial yang tidak begitu penting sekali yang muncul dari beberapa aplikasi sosmed, game atau aplikasi berita jelas akan menguras daya energi baterai smatphone Anda. Oleh sebab itu mulai sekarang cobalah untuk matikan semua notifikasi aplikasi yang biasanya suka masuk dan muncul dari setiap aplikasi yang dirasa Anda anggap masih belum penting-penting amat. Adapun cara mematikannya, silahkan Anda masuk pada menu pengaturan atau setting di smatphone androidnya lalu Anda pilih bagian Apps, selanjutnya pilih lagi aplikasi maupun game permainan yang enggak ingin Anda tampilkan kembali notifikasinya dilayar handphone Anda. Di bagian opsi Show Notification yang Anda lihat, hilangkanlah bagian centangnya.

10. Pergunakanlah Gambar Wallpaper Jenis Statis

Dukungan adanya live gambar wallpaper pada Android smatphone Anda memang hal itu akan menjadikan tampilan dari layar Android Anda begitu keren, namun juga perilah semacam itu malah akan membuat kinerja baterai handhone smartphone android Anda jadi cepat sekali habis. Karenanya, lebih baik memasang wallpaper yang statis sudah cukup. Satu lagi, selain tampilan live gambar wallpaper tersebut ada hematnya Anda juga mengurangi volume penggunaan dari widget yang berlebihan.

Sesudah Anda meluangkan waktu membaca artikel yang mengupas tentang 10 tips untuk bisa memperpanjang usia baterai handhpone adnroid Anda agar tidak boros ini, adakah salahsatunya yang Anda pernah terapkan sebelumnya? Pabila iya, saat ini coba deh terapkan lagi tapi semuanya, kemudian jangan lupa share atau bagikan pengalaman Anda dari efek manfaat yan dirasakan setelah melakukannya. Saya sendiri sih alhamdulillah dapat merasakan semua manfaatnya. Kondisi baterai handphone smartphone android pun jadi semakin awet tahan lama dan enggak pernah terjadi masalah. Jangan ragu yah untuk mencobanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel