Daftar List Jadwal Imsak Puasa Shaum Ramadhan 2019 (1440 Hijriah) Lengkap

Assalamu'alaikum sobat muslim semuanya, masih pada kuat kan puasanya ramadhannya? Iya dong puasa ramadhan kan wajib hukumnya. Kali ini KangSodik.Com akan membagikan daftar list jadwal imsak ramadhan untuk tahun 1440 Hijriah atau tahun 2019 kaleder Masehi sekarang ini. Barangkali diantara sobat muslim belum ada yang tahu, dan Insya Allah dengan baca artikel ini semoga sudah tahu yah. Sobat muslim bisa baca, bisa catat, atau bisa juga print tapi yang saya sarankan ya cukup buka aja halaman artikel ini setiap kali ingin mengecek jadwal imsak puasa shaum ramadhan tersebut, oke.

Jadwal Imsak Puasa Shaum Ramadhan 2019 ( 1440 Hijriah )

Sebelum kita masuk ke tujuan inti sedikit kita membahas apa itu Imsak atau Imsakiya? Dari kalimatnya sendiri Imsak atau Imsakiyah memiliki pengertian menahan lebih detailnya menahan diri untuk berhenti makan dan minum guna memulai ibadah shaum (puasa). Namun dalam faktanya imsak ini tidak pernah ada di jaman Nabi dan para sahabat apalagi tindakan-tindakan hasil pemahaman imsak yang salah kaprah  saat seperti membunyikan sirine ambuland dimasjid, penguman lewat speaker masjid oleh marbot yang terlalu berlebihan, dll. Jelas sama sekali bukan itu yang dimaksud. Imsak yang sebenarnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan bahkan menurut pendapat lain bahwa imsak itu artinya yang berpuasa itu sendiri.

Imsak ini memang hasil dari istihadnya sejumlah Ulama melayu yang bertujuan hanya sekedar kehati-hatian saja, untuk jangan terlalu santai saat sahur ketika waktu sudah mepet mendekati subuh tidak lebih dari itu. Tapi ya kenyataan masyarakat awam memahaminya berbeda, waktu imsak ini dianggap tidak boleh makan dam minum lagi untuk mulai puasa padahal jika demikian yang praktekan maka itu sama dengan menambah waktu dimulainya puasa sebelum waktu yang sebenarnya yakni waktu subuh itu sendiri. Hal ini dikhawatirkan ibadah puasa shaum ramadhan kita menjadi tidak sah.

Oleh karena itu mari kita sama-sama berlajar lagi hukum-hukum seputar ramadhan yang benar dan dapat dipertanggung Jawabkan secara dalil Qur'an Serta Hadist Shohih pun juga lewat kitab-kitab para Ulama yang sudah ada.

Baca juga: Syarat Rukun sahnya Puasa Di Bulan Suci Ramadhan

Adapun maksud dibuatnya jadwal Imsak ini ialah untuk berhati-hati supaya tidak berlebihan makan minum ketika sudah mendekati waktu azan subuh yang sebenarnya, sedangkan jadwal imsak itu sendiri sekitar 10-15 menitan sebelum sebelum berkumandangnya azan Shubuh. Dalam rentang waktu itu sobat muslim sebetulnya masih bisa berkativitas makan dan minum dan bahkan ketika azan sudah berkumandang pun jika gelas masih ditangan sobat muslim masih boleh untuk meneguknya hingga kalimat azan terakhir sudah tidak boleh lagi.

List Jadwal Imsaki Puasa Shaum Ramadhan Tahun 1440 Hijriah 2019 M

List Jadwal ismak atau imsakiyah ini ini kami ambil dari halaman laman situs resmi BIKA (Bimas Islam Kementerian Agama) RI (Republik Indonesia).

Jadwal Imsak puasa Shaum Ramadhan 2019 ( 1440 Hijriah ) Bandung


Jadwal Imsak puasa Shaum Ramadhan 2019 ( 1440 Hijriah ) Jakarta


Jadwal Imsak puasa Shaum Ramadhan 2019 ( 1440 Hijriah ) Surabaya


Sebagai contoh disini hanya kami memuat kota saja, untuk area kota yang lainnya dapat sobat cek sendiri dengan sangat mudah disitu website Bimaislam Kemenag.

Anda dapa mepergunakan informasi Jadwal waktu imsak atau imsakiyah shaum Ramadhan dari web RESMI kemenag tersebut seperti sebagai patokannya, yang sebagian telah kami sertakan namun supaya lebih terpercaya serta dapat dipertanggung Jawabkan keakuratannya sebaiknya cek langsung dilaman sumbernya.

Insya Allah ibadah puasa shaum Ramadhan di tahun 2019 sekarang ini yang bertepatan dengan tgl. 1 bulan Ramadhan (1440 Hijriyah) akan jatuh dihari Senin tgl 6 bulan Mei tahun 2019 hampir serentak sama diseluruh wilayah Indonesia, hingga bahkan diseluruh penjuru dunia terutama yang banyak penduduk muslimnya.

Baca juga: 7 Fadhilah Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Wajib Anda Tahu
Advertisement

0 Response to "Daftar List Jadwal Imsak Puasa Shaum Ramadhan 2019 (1440 Hijriah) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel