10 Tips Dalam Menjaga Kondisi Hati Ketika Bangun Tidur Di Pagi Hari

Bangun di pagi hari merupakan sebuah awal dalam memulai segala macam aktivitas rutin harian. Dan tentu saja kita semua selalu ingin melakukan bangun dipagi hari ini dalam kondisi yang segar dan juga penuh dengan rasa semangat di dada yang tinggi. Berusaha mengatasi sebisa mungkin janganlah sampai kondisi hati kita pun terkontaminasi suasana yang buruk dan buram ketika pagi menjelang, karena jika itu terjadi jelas akan melemahkan dan menjatuhkan stamina sobat dalam aktivitas menjalankan pekerjaan harian yang panjang.

Tips Sehat Bangun Pagi

Berikut adalah 10 Tips Dalam Menjaga Kondisi Hati Ketika Bangun Tidur Di Pagi Hari supaya kualitas bangun di pagi kita dalam kondisi yang segar dan dipenuhi rasa semangat beraktivitas:

1. Janganlah Tidur Terlalu Malam

Ini sangat penting sekali, janganlah sampai diri kita terlalu asik dan sibuk akan pekerjaan kantor atau segala aktivitas keseharian yang lainnya hingga tanpa sadar telah mengorbankan porsi waktu yang seharusnya jatahnya untuk tidur.

Tidur di waktu malam hari yang sangat baik itu dimulai memasuki pukul 21:00 atau pulul sembilan malam. Sedangkan tidur yang terlalu malam contohnya saja jam dua belas malam tentu akan sangat berdampak negatif bagi kesehatan diri kita.

Disamping akan membahayakan pada kesehatan diri, tidur yang terlalu malam pun akan menyebabkan kondisi tubuh ketika bangun dari tidur menjadi terasa amat lemas sekali dan pegal-pegal, kurang bersemangat kerja dan situasi batin buruk sekali, tentunya sobat pun tidak ingin kan itu terjadi?

Oleh sebab itulah, lakukan aktivitas tidur di malam hari secara berkesinambungan tepat di pukul sembilan malam jangan sampai lewat sehingga kita pun akan dapat merasakan efek positifnya berupa badan yang segar dan jiwa yang bersemangat beraktivitas pagi hingga sore.

Oleh sebab itulah, lakukan aktivitas tidur di malam hari secara berkesinambungan tepat di pukul sembilan malam jangan sampai lewat sehingga kita pun akan dapat merasakan efek positifnya berupa badan yang segar dan jiwa yang bersemangat beraktivitas pagi hingga sore.

2. Hentikanlah dulu Penggunaan smartphone selama tiga puluh Menitan Saat Menjelang Akan Tidur

Hentikan atau Kurangi dulu aktivitas ketika malam tiba terutama sesudah solat Isya, dan manaka menjelang akan tidur usahakan jauhkan dari benda yang bernama smartphone maupun perangkat gadget lainnya pada diri kita.

Waktu di malam hari sebaiknya dimanfaatkan dengan maksimal untuk mengistirahatkan tubuh, dan jangan lupa pastikanlah sebelum berbaring di tempat tidur untuk menggosok gigi terlebih dahulu sekaligus mencuci muka, tangan dan kaki. Jika sobat seorang muslim ada baiknya wudhu dulu seperti biasa dilakukan Nabi Muhammad Shallahu'alaihiwassalam.

3. Bersihkankah Tempat Tidur Dari Debu Yang Menempel diatasnya

Sobat Jangan ujug-ujug langsung berbaring saja untuk tidur, kibas-kibaskanlah dulu sprei kasurnya dan juga alas kasur dibawahnya sehingga tampak bersih menyehatkan dari semua debu-debu yang seing membuat kita bersin-bersin, sehingga ketika mau tidur pun menjadi terasa nyaman.

Disamping itu pun untuk lebih nyaman lagi,  gantilah pakaian sobat dengan pakaian tidur khusus yang pastinya bersih. Boleh sesekali disarankan kita mandi dulu dengan air yang hangat selamat satu sampai dua jam menjelang sebelum mau tidur.

4. Matikanlah Semua Lampu

Ini juga salah sati kebiasaan Nabi yakni hendaknya kita ketika tidur dalam keadaan gelap dengan cara mematikan semua lampu yang ada dikamar, tujuannya agar tidur menjadi sangat nyaman sekali, terasa nyenyak dan lelap serta berkualitas pastinya.

Tidur ketika ruangan dalam kondisi digelapkan akan membantu kita untuk bangun dipagi hari dalam jiwa yang selalu semangat.

Sebagai untuk memotivasi diri kiat, berikut adalah manfaat dari tidur ketika ruangan atau kamar digelapkan:

  • Meningkatkan daya produksi pada hormon yang bernama melatonin sehingga dengan hormon ini bisa menaikan sisyem daya tahan tubuh (Kekebalan Tubuh) dan menjadikan tidur kita nyenyak dan lelap.
  • Menjadikan tubuh kita rileks plus mencegah tidak terkenal stres. Sementara jika tidur malam dalam kondisi lampu dinyalakan akan beresiko sekali menimbulkan gangguan depresi jiwa.
  • Menjadikan suasana batin yang baik sekaligus jiwa selalu bersemangat keti beranjak bangun dari tempat tidur. Melatonin pun mnejadi Lancar diproduksi dan juga merangsang pertumbuan serotonin yakitu sebuah hormon yang memiliki fungsi untuk menstabilkan mood agar tetap terjaga dengan baik.
  • Mencegah penyakit pikun yang mana suka mudah sekali lupa akan sesuatu hal. Tidur ketika dalam kondisi terang akan menyebabkan otak kita selalu menerima adanya respon berupa cahaya masuk mengenai mata, yang berakibat otak pun kurang sekali istirahat.

5. Lakukanlah Olahraga Secara Rutin

Aktivitas dalam berolahraga ketika pagi datang sangat bermanfaat seklai untuk menjadikan tidur kita lebih lelap dan pastinya berkualitas baik. Dan jika kita ketika bangun tidur dipagi hari ada perasaan kurang segar dan juga kurangnya bersemangat dalam berkegiatan, mungkin kita butuh olahraga untuk mengatasi hal tersebut.

Olahraga pastinya menjadikan badan kita fit dan sehat, sehingga menjadikan tidur kita nyenyak pun juga bangun paginya bersemangat.

6. Duduklah Barang Sejenak Sesudah Terbangun Dari Tidur

Usahakan sobat janganlah langsung beranjak berdiri sesudah terbangun dari lelapnya tidur, coba duduklah terlebih dahulu kurang lebih selama satu hingga dua menitan, sembari perlahan menarik hebusan nafas yang agak panjang kemudian jangan lupa bersihkan juga korotan belek di mata karena selain mengganggu mata jika keluar rumah akan jadi ketawaan orang.

Sesudah waktu berlalu satu dua menitan tadi dalam posisi duduk maka barulah silahkan berdiri perlahana-lahan, dan sambil melakukan beberapa peregangan otot namun jangan terlalu kuat-kuat.

7. Lakukan Mandi Pagi

Dengan kita melakukan aktivitas mandi dipagi hari akan bisa membersihkan seluruh badan tentunya dan juga menyegarkan jika dan pikiran kita. Sesudah tubuh kita terbasuh dengan air mandi maka si kantuk pun yang masih bersisa akan berkurang seketika hingga menghilang.

Ingat, janganlah sampai sobat memulai semua aktivitas atau pekerjaan rutin sehari-hari tanpa terlebih dahulu melakukan aktivitas mandi dipagi hari.

8. Rapihkanlah Kasur dan Kamar Tidur

Ketahuilah sobat dengan seringnya melihat keadaan ruangan kamat tempat tidur kita dan juga kasur yang tertata rapih bersih akan mampu menciptakan rasa damai dan tenang serta menajdikan kita lebih lagi bertambah semangat ketika mau menggarap sebuah pekerjaan diwaktu pagi.

9. Minumlah Air Mineral Putih

Ketika pagi telah tiba setelah terbangun dari mimpi yang indah hendaknyalah sobat meminum segelas air mineral putih, dan jangan buru-buru minum secangkir kopi atau teh manis. Meminum air mineral putih itu sangatlah bermanfaat sekali terhadap kesehatan tubuh kita, dan pastinya membuat kita lebih segar di waktu pagi yang cerah menjelang.

10. Sarapan Pagi

Terakhir dengan sarapan pagi akan melahirkan energi baru bagi seluruh tubuh kita sehingga ketika hendak menjalankan rutinitas harian.

Bermacam manfaat yang lainnya dari sarapan di waktu pagi ialah:

  • Pikiran dapat lebih berkonsentrasi atau fokus.
  • Menjaga kondisi mood atau suasana dalam hati yang lebih baik.
  • Jiwa yang penuh semangat plus daya berpikir yang meningkat tajam.
  • Memperkuat Imun atau ketahanan tubuh yang berfungsi mencegah gampang terserangnya penyakit.

Gimana sobat KangSodik.Com Sudah puaskah dengan artikel kesehatan pada kesempatan kali ini? Mudah-mudah tidak puas yah jadi bisa terus penasaran dan untuk berkunjung kembali ke halaman ini. Baiklah, kami cukupkan sekian dulu dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya. Terimakasih.

Baca juga: 14 Ciri-ciri Kecanduan Sosial Media Dan Solusi Mengatasinya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel