14 Ciri-ciri Kecanduan Sosial Media Dan Solusi Mengatasinya

Sosial Media sebetulnya sangatlah bermanfaat sekali apabila pemakaiannya diaplikasikan dengan tepat dan benar pastinya. Dengan Sosial Media ini, Sobat bisa dengan sangat gampang sekali terhubung dengan siapun tanpa terbatas ruang dan waktu untuk berkomunikasi lewat jaringan internet.Namun yang jadi permasalahannya manakala seseorang itu sudah kecanduan dan keranjingan dalam mempergunakan sosial media, rela menghabiskan seluruh waktu hidupnya hanya demi untuk bermain medsos semisal Facebook, Twitter dan lain-lain.

Bahaya Kecanduan Media Sosial

Berikut dibawah ini ciri-ciri seseorang mengalami kecanduan sosial media yang dapat KangSodik.Com sampaikan kepada sobat pembaca yang selalu haus akan pengetahuan:

1. Sesudah bangun dari tidurnya malah langsung ambil smartphone lalu membuka medsos. Walau sebenarnya masih ada kegiatan sehari-hari yang lebih penting yang lainnya yang mesti dilakukan seperti mandi pagi, mengerjkan sholat ketika sudah masuk waktu subuh lalu sarapan pagi.

2. Sesudah menuliskan update status facebook atau twit di twitter. Maka dada pun menjadi berdebar kencang karena menanti sebuah pengharapkan banyaknya yang melakukan like jempol.

3. Asik bermain medsos hingga semua pekerjaan dan kewajiban utama terbengkalai, seperti membantu pekerjaan orang tua, mengerjakan tugas sekolah/kuliah, kerja mencari nafkah, dan lain sebagainnya.

4. Asik terus bermain medsos sampai-sampai lupa untuk belajar mata pelajaran sekolah atau kuliah.

5. Asik dalam bermain medsos sampai akhirnya melupakan interaksi sosial kepada orang-orang yang terdekat mulai dari orang tua, adik, kakak, kerabat, dan juga para sahabat dekat maupun kenala-kenalan disekitar rumah.

6. Suka share apapun di medsos, bahkan hingga sesuatu perkara yang sama sekali tidak terlalu penting untuk sebarkan, hingga terjebak pada penyebaran berita bohong alias hoax.

7. Merasa kesal dihati dan juga kecewa berat ketika statusnya itu tidak memperoleh like jempol dari teman medsosnya, sehingga pada akhirnya melakukan Like pada statusnya sendiri, "Kok perasaan nyindir diri sendiri yah hehehehe".

8. Bikin akun lain yang khusus untuk mewakili seseaut yang disukai semisal boneka atau hewan, hal ini tentunya sangat berlebihan sekali karena boneka atau hewan itu jelas bukanlah golongan manusia seperti kita-kita yang dapat berbicara dan bisa mengungkapkan perasaan dalam sebuah tulisan. Mengurus 2 akun medsos sekaligus bersamaan yaitu akun utama dirinya sendiri dan juga akun boneka kesukaannya akan sangat membuat repot dibuatnya.

9. Berlama-lama hingan seharian full menghabiskan semua waktu hidupnya hanya demi mengkepoin atau mencuri-curi tahu profile akun milik pengguna medsos yang lain, sementar kita itu bukanlah seorang intel pencari fakta akun tetangga eh salah akun orang lain maksudnya.

10. Seakan-akan hidupnya sengsara merana hanya disebabkan hilangnya jaringan koneksi internet apalagi kalau kuoata habis, sehingga dirinya kecewa karena tidak lagi bisa bermain medsos.

11. Merasa ada yang menghargai ketika memperolah banyak sekali likes jempol dan juga retweet yang membanjiri akun medsosnya. Muncul perasaan tidak ada yang menghargai lalu uring-uringan sendiri kayak wong edan manakal status yang kita diposting itu tidak memperoleh respon positif sesuai dirinya harapkan.

12. Memesan sebuah menu makanan yang tampak unik atau tak seperti lazimnya lalu di foto, yang tujuan utamanya sih hanya untuk di ulpoad sekedar pajangan di medsos Facebook dan Instagram dengan niat terselubung untuk pamer.

13. Sering menghapus update status sendiri maupun foto sendiri cuma dikarenakan tidak memperoleh like jempol.

14. Sesudah kita bermain medsod berjam-jam, lalai munculah sejumlah gejala buruk seperti:
  • Depresi Jiwa.
  • Perasaan yang tidak nyaman.
  • Muncul Perasaan bersalah.
  • Gagap bin Gugup.
  • Bersikap tetutup dan sangat mudah sekali marah.
  • Kurang semangat dalam menjalani rutinitas wajib di dalam kenyataan.
  • Kepala menjadi sakit, termasuk leher dan juga punggung.
  • Susah sekali tidur.
  • Susah untuk konsentrasi.
Itu menandakan kita itu kecanduan medsos dan tentunya sudah terjangkiti efek buruknya, yang jika dibiarkan akan amat berbahaya untuk kelangsungan hidup selanjutnya.

Berikut solusi singkat untuk mengatasi kecanduan medsos:

=> Jika akun-akuan medsos yang kita buat kebanyakan, maka hapusalah sebagian dari aplikasi sosial media tersebut diperangkat smarpthone kita.
=> Jangan lupa matikanlah pemberitahuan otomatis atau notifikasi sosial media diperangkat smartphone kita.

=> Perbanyaklah kegiatan di alam nyata guna mencegah kita untuk memeriksa selalu ponsel disetiap saat.

=> Tanamkanlah kebiasakan untuk selalu fokus dan konsentrasi pada semau pekerjaaan real yang lagi kita kerjakan, janganlah gampang untuk tergoda dalam membuka medsos yang akan mengakibatkan kita sering menunda bahkan sampai meninggalkan pekerjaan tersebut.

=> Ini nih cara yang agak ektrim yaitu jika memungkinkan hapuslah seluruh aplikasi medsos untuk sementara selama kurang lebih satu hingga dua bulanan, Yang berguna sekali untuk bisa menghilangkan penyakit kebiasaan yang buruk yakni "sebentar-bentar buka akun medsos".

Demikianlah sobat pembaca artikel mengenai 14 Ciri-ciri Kecanduan Sosial Media Dan Solusi Mengatasinya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel