5 Jenis Olahraga Tepat Ketika Sedang Haid

5 Jenis Olahraga Tepat Ketika Sedang Haid - Mengalami menstruasi memang dapat membatasi beberapa aktivitas fisik tertentu. Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, membuat tubuh jadi cepat lelah. Hal seperti ini dinilai wajar, karena ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi, maka darah yang dikeluarkan cukup banyak. Untuk itu tubuh membutuhkan tenaga ekstra untuk membuat sel darah yang baru.

Lalu bagaimana dengan berolahraga, bukankan berolahraga dapat menyehatkan tubuh ? Sebenarnya tidak ada larangan bagi seorang wanita yang sedang menstruasi untuk melakukan olahraga namun memang tidak semua jenis olahraga sebaiknya dilakukan ketika sedang menstruasi. Dengan melakukan olahraga yang baik dan tepat, selain dapat membuat tubuh tetap sehat, juga membantu menghilangkan rasa nyeri pada saat Anda mengalami haid tersebut.

Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Wanita Haid

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga tepat ketika sedang haid, yang dapat Anda lakukan secara rutin  ketika sedang haid, antara lain :

1. Berjalan kaki / jogging

Melakukan olahraga jalan kaki atau juga jogging, tentunya tidak akan memberatkan, selain tetap dapat melatih berbagai macam otot di dalam tubuh, jenis olahraga ini juga termasuk olahraga ringan. Lakukan latihan ini setidaknya 30 menit,  Anda dapat menggunakannya secara langsung, atau membaginya ke dalam 3 tahap dalam sehari. Selain dapat membuat tubuh jadi lebih sehat, melakukan olahraga ini juga membuat sistem peredaran darah jadi lebih lancar, dan rasa sakit akibat mens berkurang.

2. Lari jarak pendek

Dengan menggunakan lari jarak pendek, maka berbagai hormon akan bekerja secara seimbang, dan hal ini tentunya membuat tubuh jadi lebih sehat. Lari jarak pendek atau sprint ini sendiri adalah salah satu jenis lari cepat, yang dilakukan hanya untuk jarak yang pendek. Efeknya kadar estrogen dalam tubuh menurun, dan mudah menghancurkan kadar glikogen dalam tubuh. Selain itu jenis olahraga ini juga tidak akan membuat Anda kelelahan.

3. Aerobik

Olahraga dengan musik, tentunya terasa lebih menyenangkan. Hal ini dapat Anda lakukan, ketika melakukan olahraga aerobic. Dalam jangka waktu latihan sekitar 20 menit, maka energy yan akan keluar sekitar 20%. Efeknya suplai oksigen dalam tubuh meningkat, dan energi dalam tubuh pun juga akan meningkat. Ketika hal ini terjadi, maka mood akan semakin membaik, dan rasa sakit akibat menstruasi ini pun juga akan berkurang.

4. Yoga

Yang pelru Anda ketahui adalah, tidak semua jenis gerakan yoga dapat Anda lakukan ketika sedang menstruasi, ada beberapa gerakan yang sebaiknya tidak dilakukan, ada juga yang sebaiknya dilakukan. Adapun beberapa gerakan yang sebaiknya dihindari adalah shoulder stands, plough pose dan head stands. Karena jenis olahraga ini akan menimbulkan kesan tidak nyaman ketika sedang haid.

Sedangkan beberapa gerakan yoga yang dapat anda lakukan ketika sedang menstruasi, antara lain bhastrika, kapalbhahti pranayama, dan beberapa gerakan lainnya. Namun olahraga ini tidak cocok dengan Umat Islam karena termasuk dari bagian amalan agama lain.

5. Pilates

Latihan lainnya yang juga memberikan manfaat untuk tubuh, adalah olahraga pilates. Olahraga jenis ini tergolong ringan, dan mudah untuk dilakukan. Bahkan dengan melakukan gerakan ini secara rutin, tidak hanya dapat membakar lemak dalam tubuh, juga membantu memperlancar proses menstruasi sekaligus juga membantu meredakan rasa sakit akibat kondisi tersebut.

Dengan adanya ulasan seperti di atas, tentunya membuat Anda lebih paham tentang bagaimana cara menjalani hidup sehat, ketika Anda sedang menstruasi. Yaitu cukup dengan melakukan olahraga tepat ketika sedang haid, ditambah mengkonsumsi makanan yang tepat dan istirahat secara cukup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel