9 Solusi Menghilangkan Pikiran Kotor Alias Piktor

www.kangsodik.com - Masalah piktor alias pikiran kotor adalah juga salah satu sisi lain dampak yang timbul dari menjamurnya sosial media, karena disitu kita dengan mudah melihat serta menyaksikan wajah-wajah dan tubuh-tubuh wanita yang menggoda dipajang dengan sukarela padahal jelas bukan muhrim, namun ya kalau sudah bicara tren mode masa kini memang mau gak mau pemain sosial media seperti facebook, twitter dan lain sebagainya akan mengupload foto mereka untuk dapat dikenal.

Akan tetapi menurut saya sih itu masih rada wajar lah. Akan tetapi yang paling parah adalah makin banyak bermunculannya situs-situs yang memuat konten-konten dewasa, ini jelas sangat meresahkan dan benar-benar mengancam generasi mudah anak bangsa, kita pikir saja anak-anak yang masih bau kencur sudah sibuk dengan pacaran dan lagi melakukan perbuatan dewasa yang tidak pantas.

Tips Menghilangkan Pikiran Kotor

Dan tentunya hal-hal yang tersebut diatas bila setiap hari kita konsumsi maka akan menimbulkan yang namanya pikirin kotor alias si piktor tadi, disamping juga ya kemungkinan besar adalah lemah pondasi penangkal dari dalam diri kita sendiri. Sudah seharusnya dijaman sekarang ini yang boleh dibilang informasi tanpa batas menyebar luas, kita harus benar-benar memiliki benteng yang kuat agar tidak mudah terbawa arus hingga akhirnya terjerumus.

Jadi bagaimana dong supaya kita bisa terhindar dari pemikiran-pemikiran yang kotor tadi? Agar bisa melenyapkan pikiran dan khayalan kotor tersebut dibutuhkan sebuah niat yang sangat super kuat pada diri kita sendiri sehingga tidak terus diperbudak oleh syahwat yang dihembuskan sentan penggoda.

Apabila tanpa disengaja pikiran kotor itu terlintas dibayangan maka sesegera mungkin untuk dialihkan kepada sesuatu yang bersifat baik. Perbuat aktifitas yang bermanfaat semisal membaca Al-Qur'an, baca buku, dengerin ngaji, dan bila ada waktu ikut juga kajian dakwah seorang Ustadz dll.

Sebisa mungkin jauhkan diri Anda dari barang atau perkara yang berpotensi kembali membangkitkan anga-angan jelek tadi, dan jangan lupa harus berusaha menjaga pandangan jika tak sengaja bertema lawan jenis bukan muhrim baik dijalan ataupun saat melihat di sosial media. Saya coba tambahkan sejumlah tips lagi yakni 9 Solusi Menghilangkan Pikiran Kotor Alias Piktor untuk menguatkan niat Anda yang bisa disimak sebagai berikut :

#1. Hidup Disaat Ini

Sering memikirkan masa yang telah lalu maupun masa yang akan datang kerap kali membuat hidup kita dihantui kecemasan. Hampir tidak pernah kita kepanikan dengan kehidapan yang sedang dijalani. Bila Anda selalu merasa ada yang membatasi karena kejadian di masa lalu maupun yang dikhawatirkan di masa depan, maka ingatlah selalu hanya masa yang saat ini dilewatilah yang bisa kita kontrol dan kendalikan.

#2. Selalu Katakan hal Positif

Tidak ada salahnya selalu katakan pada diri sendiri saya kuat dan Isya Allah mampu, lakukan upapan tersebut berluang kali. Diutamakan saat bangun pagi setiap hari ketika mau memulai awali hari dengan mengucapkan perkataan yang baik tentang diri sendiri dan hari yang sedang dilalui, Dan jangan pedulikan bila pada saat itu Anda diharuskan memutuskan sebuah hal yang tersulit atau mungkin terbersit rasa tidak percaya diri melintasi hati. Boleh dibilang trik ini cukup lumayan untuk meredam pada permulaan datangnya pikiran kotor.

#3. Percaya Pada kekuatan Yang Positif

Bila kita selalu berfikir positif atau baik, maka biasanya hal-hal yang positif bermunculan dengan sendirinya dan segala kesulitan yang dirasa lebih enteng. Namun sebaliknya bila otak kita dipenuhi pikiran negatif maka perkara negatif bisa jadi akan menimpa Anda. Ini mengacu pada hukum universial dan bersifat sugesti saja yang pada intinya Tuhan saja yang berkuasa akan semuanya. Tapi untuk urusan dunia berlaku juga hukum sebab akibat, dimana apa yang diterima baik buruk itulah hasil yang kita usahakan.

#4. Jangan Diam

Coba selidiki dan cari tahu hal apa yang menejadikan diri Anda selalu berpikiran jorok dan negatif lalu segeralah lakukan perbaikan. Apabila diaras tidak bisa untuk diperbaiki jangan menyerah serta hindari putus asa.Tetap tenang dan berhenti banyak berkeluh-kesah karena itu malah semakin memperburuk keadaan saja. Terus berusaha untuk melenyapkannya dan ambil sebuah hikmah dari masalah tersebut, kemudian kembali bangkit untuk meraih sukses.

#5. Fokuskan Pada Sesuatu Yang Positif

Pada saat kita lagi dilanda pikiran kotor seringkali otomatis tanpa disadari melupakan apa yang sudah dimiliki dan malah sibuk dengan perkara yang belum tentu didapati. Mungkin bisa dicoba membuat sebuah daftar rasa bersyukur, dengan cara menuliskannya 5 atau 10 lembar perhari supaya Anda tahu bahwa lebih banyak hal yang baik yang dilewati daripada hal-hal yang buruk. Lalukan secara konsisten maka hasilnya akan sanagat bagus dan jiwa pun terbawa semakin sejuk.

#6. Bergerak Atau Olah Raga

Dengan melakukan gerak atau yang biasa dikenal Olah Raga bisa membuat terlepasnya endorphine yang dapat mampu menjadikan Anda mempunyai perasaan lebih baik. Anda bisa memulai entah itu dengan jalan santai berkeliling komplek atau sekedar lari joging antara lima hingga sepuluh kilo meter tergantung kemampuan fisik. Anda tapi jangan dipaksakan jika sudah terasa gak kuat.  Kegiatan Olah Raga rutin sehari minimal 10 menit dapat membuat teralihkannya perhatian dari pikiran yang jorok-jorok.

#7. Hadapi Rasa Takut

Sudah kebiasaan secara umum munculnya perasaan negatif itu disebabkan karena sebuah ketakutan, semakin besar ketakutan dalam menjalani kehidupan maka semakin bertambah pula perasaan-perasaan negatif yang bermunculan. Apabila muncul rasa takut maka segera lakukan pencegahanya, hal ini memang fritahnya manusia namun jika berlebihan kadarnya akan berdampak buruk pada Psikologis kejiwaan kita.

#8. Mencoba Hal Baru

Memberanikan diri untuk mencoba sesuatu hal yang baru juga bisa menumbuhkan rasa kepercayaan pada diri sendiri. Contohnya dengan mengucapkan saya bisa sambil menikmati kegiatan yang baru maka saya yakin hati dan jiwa kita akan jauh lebih bahagia dari sebelumnya. Memperoleh pelajaran dari setiap pengalaman yang baru baik kecil ataupun besar menjadikan hidup terasa menyenangkan serta merasa lebih berguna bagi orang lain setidaknya buat diri pribadi.

#9. Rubah Cara Pandang

Tips terlakhir sebagai upaya lanjutan untuk melenyapkan segala pemikiran jorok dan kotor apabila semua metode diatas masih mengalami kebuntuan, maka langkah yang paling tepat adalah melihat segala hal yang negatif dengan cara merubah cara pandang dengan yang sebaliknya. Karena apapun yang dijalani akan diiringi oleh dua sisi yang dimana bisa menghasilkan keuntungan dan bisa juga mendapatkan kerugian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel