Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita Secara Alami

Pernahkah Anda mengalami gangguan kesehatan di bagian organ intim dan ingin mengetahui bagaimana saja cara menjaga kesehatan organ intim pada wanita secara alami? Organ intim pada wanita sangatlah penting untuk diperhatikan dan dijaga kesehatannya. Karena organ intim inilah menjadi masa depan setiap wanita untuk dapat melanjutkan keturunan. Untuk menjaga kesehatan organ intim pada wanita, Anda bisa melakukan banyak cara dalam menjaga kesehatan organ intim wanita secara alami.

Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Dibawah ini ada beberapa cara menjaga kesehatan organ intim wanita secara alami yang dapat Anda coba lakukan:

1. Hindari pemakaian sabun

Salah satu cara dalam menjaga kesehatan organ intim pada wanita dengan cara alami adalah dengan menghindari pemakaian sabun pada bagian organ intim. Kebanyakan orang beranggapan bahwa sabun membuat vagina menjadi bersih dan wangi. Justru sabun akan membahayakan kesehatan organ intim wanita yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH pada bagian vagina. Terlebih apabila Anda sedang mengalami masa haid atau menstruasi, hindari pencucian vagina dengan sabun. Anda bisa langsung membasuh daerah vagina menggunakan air bersih yang mengalir untuk tetap menjaga kesehatan organ intim pada wanita.

2. Menghindari penggunaan parfum pada organ intim wanita

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita adalah menghindari penggunaan parfum pada organ intim. Kebanyakan wanita yang menginginkan organ intim wangi dengan menyemprotkan parfum di daerah vagina. Namun hal ini justru berbahaya sebab vagina akan lembab dan juga kadar pH vagina tidak dapat stabil akibat kandungan alkohol dalam parfum yang digunakan. Penggunaan parfum pada organ intim wanita juga akan memperparah dengan kondisi iritasi di daerah vagina.

3. Sering mengganti pembalut pada saat menstruasi berlangsung

Cara berikutnya yang bisa dilakukan seorang wanita dalam menjaga kesehatan organ intimnya adalah sering mengganti pembalut pada saat menstruasi sedang berlangsung. Untuk menampung darah kotor yang keluar dari vagina, kebanyakan menggunakan pembalut. Usahakan pembalut diganti secara berkala untuk menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri yang ada disekitar vagina pada saat menstruasi. Penggantian pembalut bisa Anda lakukan setiap 3 sampai 4 jam sekali dalam sehari guna menyehatkan organ intim wanita.

4. Menggunakan celana dalam dari bahan katun

Cara lainnya yang bisa dilakukan wanita dalam menjaga kesehatan organ intim adalah menggunakan celana dalam dari bahan katun. Tentunya celana dalam yang dipakai setiap wanita memiliki bahan kain yang bermacam-macam. Dianjurkan memilih celana dalam dari bahan katun untuk membantu penyerapan keringat tubuh di sekitar organ intim. Hal ini bertujuan agar menghindari pertumbuhan jamur akibat lembab di daerah organ intim pada wanita. Apabila daerah kewanitaan terus kering, maka akan terhindari dari pertumbuhan jamur dan bakteri.

5. Mencukur rambut kemaluan secara berkala

Mencukur rambut kemaluan secara berkala juga termasuk dalam cara menjaga kesehatan organ intim pada wanita. Kemaluan tentunya ditumbuhi rambut-rambut halus yang mudah tumbuh dan juga panjang. Anda bisa mencukurnya secara berkala agar terhindar dari kelembaban di sekitar vagina. Selain menghindari lembab, mencukur bulu kemaluan juga dapat mencegah terjadinya infeksi yang ada di sekitar vagina.

6. Memenuhi cairan yang cukup untuk tubuh

Cara menjaga kesehatan pada organ intim wanita terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan yang baik untuk tubuh. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Apabila Anda mengkonsumsi cairan yang cukup, tentunya akan menyehatkan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi bakteri. Bakteri ini dapat dibuang melalui urin yang dikeluarkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel