Ingin Payudara Sehat, Lakukan Hal Berikut Dimulai Usia 20an

Memiliki payudara sehat, tentunya impian semua wanita. Dengan banyaknya penyakit yang menyerang payudara, wajar saja jika banyak wanita yang merasa bingung bagaimana cara menjaga payudaranya dengan baik. Yang menjadi masalah adalah, kurangnya informasi mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan payudara ini, yang membuat banyak wanita tidak dapat menjaga kesehatan payudaranya secara maksimal.

Menuju Payudara Sehat

Sebenarnya menjaga kesehatan payudara tidak terlalu sulit, sebaiknya kesehatan payudara ini dimulai pada saat Anda berusia 20 tahun. Karena tepat pada masa ini, pertumbuhan payudara sudah mencapai puncaknya, dan ini adalah waktu emas Anda untuk menjaga kesehatan payudara dengan maksimal, yaitu :

1. Olahraga kurang lebih 45 menit  setiap hari

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan payudara adalah dengan melakukan olahraga secara rutin, minimal 45 menit dalam sehari. Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda peroleh dari olahraga secara rutin seperti ini, yaitu, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dapat melatih masa otot dalam tubuh, menurunkan kadar hormon estrogen dan juga insulin yang berlebihan, dll. Jika Anda rutin melakukan kegiatan ini secara rutin, maka resiko munculnya berbagai macam penyakit yang mendera payudara dapat diatasi dengan segera.

2. Berat badan dicek secara rutin

Menjaga berat badan dengan baik, adalah salah satu hal yang dapat membuat tubuh Anda sehat, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Kurus menandakan bahwa tubuh kekurangan beberapa kandungan tertentu, sedangkan obesitas atau kegemukan, adalah tanda bahwa terjadi penimbunan lemak berlebih, dan meningkatkan resiko beberapa penyakit tertentu, seperti kolesterol, asam urat, serangan jantung, dll. Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, ada baiknya jika Anda mengecek berat badan secara rutin.

Untuk mengetahui berat badan ideal adalah dengan mengetahui tinggi tubuh Anda. Kemudian mengecek berat badan ideal dengan tinggi tubuh yang Anda miliki saat ini. Anda dapat memperoleh informasi seperti ini di beberapa resin pencari di internet.

3. Banyak mengkonsumsi sayuran

Menggunakan pola makan sehat, tentu harus Anda lakukan sejak muda, dengan demikian, berbagai macam resiko penyakit dalam tubuh dapat diatasi dengan segera. Banyak wanita yang tidak menyadari, bahwa mengkonsumsi sembarang makanan, akan berdampak buruk bagi tubuh, terutama makanan yang mengandung pemanis buatan, pengawet, MSG,  makanan tinggi lemak atau tinggi kalori, dll. Makanan-makanan seperti ini sulit untuk dicerna, dan hanya akan menimbulkan sampah di dalam tubuh. Hal ini juga yang mempermudah Anda memperoleh kegemukan.

Ada baiknya jika Anda memperbanyak konsumsi sayuran hijau atau buah-buahan, selain kaya akan serat, makanan seperti ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup komplit, yang membuat daya tahan tubuh jadi lebih baik, dan pastinya berbagai macam penyakit dapat teratasi sejak dini.

4. Jauhi minuman beralkohol

Tahukah Anda, bahwa mengkonsumsi 2 gelas minuman beralkohol dapat meningkatkan potensi terkena kanker payudara, kira-kira sebanyak 21%. Jadi akan lebih baik, jika Anda mengkonsumsi minuman lain selain minuman beralkohol, seperti jus, atau minuman jenis lainya.

5. Gunakan Bra yang tepat

Untuk mempertahankan bentuk serta kesehatan payudara sejak dini. Ada baiknya jika Anda memilih dan menggunakan bra yang tepat. Untuk hal ini, Anda sebaiknya memperhatikan ukuran payudara tersebut, dan memperhatikan bra seperti apa yang sebaiknya Anda kenakan. Seperti memperhatikan lingkar payudara dan juga lingkar dada.

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk membuat payudara sehat adalah rutin memeriksakan diri ke dokter, untuk melakukan pengecekan mammogram, setidaknya 3 tahun sekali. Terutama jika ada salah satu keluarga yang pernah mengidap kanker payudara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel