Pengertian Apa Itu Email Dan Penjelasan Lengkapnya

Rekan pembaca sekalian, apa kabarnya? Habis lebaran masih semangat kah? Harus tetap semangat dong, kita bawa semangat juang 45 saat berperang melawan nafsu tidak makan tidak minum dan menahan amarah diri dibulan ramadhan ke bulan-bulan setelahnya, Karena itu yang terpenting sekali loh. Oke deh, di hari ini blog KangSodik.Com akan kembali memposting artikel terbaru tapi temanya sudah agak lama namun barangkali ada yang belum tahu atau bisa untuk sekedar mengingatkan. Adapun yang akan kita bahasa ialah Pengertian Apa Itu Email Dan Penjelasan Lengkapnya, fungsinya untuk apa serta lampiran sejumlah situs yang bergerak dibidang jasa penyedia email.

Pengertian Email Dan Fungsinya

Pengertian Apa Itu Email

Bagi sobat pembaca yang saat ini belum juga mengetahui apa itu email, maka berikut kami akan jelaskan sedikit apa yang dimaksud email yang kami kutip juga dari web situs blog besar Wikipedia.

Nama Email itu termasuk bahasa inggris jika dalam kosakata bahasa rumpun melayu atau yang lebih spesifik Indonesia yaitu "Surat Elektronik" atau bisa juga "Pos elektronik", sedangkan pengertian email itu sendiri ialah sarana kirim mengirim surat melalui jaringan komputer (misalnya lewat internet) cek dilink berikut Pengertian Email.

Jika kita lihat dari uraian pengertian email diatas sobat pembaca, maka tampak sekali adanya sebuah kesamaan akan fungsinya yang umum diantara cara kerja email dan juga cara kerja surat-menyurat dengan cara manual lewat jasa pengiriman pos yakni sama-sama merupakan alat media untuk kita saling mengirim surat satu sama lain. Perbedaannya ialah terletak di wujud fisik dan juga metode atau sistem yang digunakannnya. Jika dengan cara manual biasa, surat kita yang mau dikirim itu berwujud kertas berisi tulisan-tulisan yang dikirimkan memakai jasa pos setelah itu pihak pos membawanya lewat transportasi milik mereka menujut alamat yang dituju sehingga otomatis memakan banyak waktu diperjalanan hingga berhari-hari bahkan ada berminggu-minggu baru sampai kelokasi yang diinginkan.

Sementara itu jika kita mengirim surat-menyurat mempergunakan email elektronik maka isis pesan yang mau disampaikan atau isi suratnya yang mau dikirim itu hanyalah berupa tulisan-tulisan semata, tidak berwujud fisik nyatanya. Dan waktu pengirimannyapun relatif sangat cepat sekali karena memakai sistem komputerisasi yang terhubung kejaringan internet. Detik itu sobat mengirim pesan surat email atau berkiri file maka pada saat detik itu pula pesan email yang sobat kirimkan langsung seketika sampai ke kontak email tujuan. Kalupun agak lama ya paling-paling tidak lebih dari satu menit tergantung dari kecepatan internet yang digunakan.

Fungsi Atau Kegunaan Email

Selain alat media berkirim pesa surat elektronik, email ini pun mempunyai fungsi yang lainnnya. Berikut ialah jenis-jenis fungsi sekaligus kegunaan dari email:

1. Media untuk saling berkirim pesan surat-menyurat.

Seperti telah kami jelaskan lebih dulu diatas tadi bahwa fungsi atau kegunaan utama dari email ini ialah sebagai sarana media buat berkirim pesan surat-menyurat secara elektronik.

2. Sebagai media untuk saling mengirim file.

File digital yang dikirimkan itu dapat berupa format gambar/images, dokumen (Surat-surat penting), video serta masih banyak format yang lainnya. Contohnya saja untuk aktivitas berkiri file format foto pribadi atau bisa juga file surat ijazah yang sudah di secan yang biasanya dipakai untuk melamar sebuah pekerjaan melalui online. Karena dijaman modern saat ini beberapa perusahaan untuk melamar kerja pun tidak perlu lagi keluar rumah, tapi cukup mengirimkan file CP nya lewat email yang mereka tentukan.

3. Sebagai pengenal di dunia onlien dan juga syarat ketika mendaftar disebuah situ web tertentu.

Misalnya saja ketika mau mendaftarkan diri disebuah situ web sosial media semisal Facebook, Isntagram, Twitter, Linkendin, Pinterest atau bisa juga ketika ingin mendaftarkan diri pada sebuah situs komunitas forum diskusi seperti yang paling terkenal yaitu Kaskus.co.id. Bila ingin memmpunyai akun untuk keanggotaan dalam situs kaskus tersebut atau situs-situs forum lainnya, maka para calon pengguna baru diwajibkan sekali untuk mempunyai alamat email sendiri untuk persyaratan registrasi akun. Alamat Email tersebut nantinya akan sangat berguna sekali ketika para calon pengguna/user akan mengkonfirmasi data pendaftarannnya pada situs web forum komunitas bersangkutan.

Disamping contoh kecil yang telah kami sebutkan tadi masih ada cukup banyak sekali contoh web situs yang lainnya dimana mereka juga mewajibkan para calon penggunanya untuk memiliki sebuah email pribadi, sebutlah saja semisal situs media sosial dalam bentuk video-video yakni YouTube atau situs-situs belanjan online semisal Bukalapak, Tokopedia dll. Ada juga contoh situs pembayaran online yang berfungsi sebagai media transfer uang elektronik lintas negara yakni situs PayPal, bukan hanya itu saja tapi banyak sekali yang lainnya yang tidak mungkin semuanya kami sebutkan disini.

4. Sebagai Media Promosi Bisnis.

Contohnya saja ketika ada seseorang yang sudah menjadi pengguna/user disitus web tertentu semisal kaskus tadi atau yang lainnya, adakalanya pemilik situs tersebut terkadang suka mengirimkan sejumlah pesan email berisikan materi iklan sebuah produk ke alamat email kita yang terdaftar situs mereka. Pesan iklan ini jelas sekali dikirim secara otomatis oleh sumber situs web yang kita kenal pernah mendaftar disitu ke alamat akun email elektronik yang dipakai oleh pengguna ketika melakukan registrasi di web situs forum tersebut.

Situs Web Jasa Penyedia Email Gratis

Hingga saat ini sepengetahuan saya ada terdapat lebih dari 10 situs jasa layanan email. Diantaranya ialah Gmail, Outlook, iCloud Mail, Yahoo! Mail, AOL Mail, Zoho Mail, GMX Email, Yandex Mail, Mail.com, dan Lycos.com.

Dari setiap penyedia layanan email gratis tersebut mempunyai kelebihan sekaligus kekurangannya yang berbeda-beda. Misalnya saja dari sisis batasan maksimum ukuran lampiran file yang boleh di upload, masing-masing memilik standar aturannya sendiri ada diantaranya yang memberikan kapasistas hingga 25 MegaByte (MB) untuk sekali pengiriman lampiran file tetapi ada pula yang membolehkan dibawah makmsimalnya 25 MegaByte (MB) tidak bisa pas apalagi lebih.

Namun apabila melihat kenyataannya dari angka jumlah user/pengguna yang memakainnya, tentu saja Gmail layanan Email Gratis milik Google lah yang merupakan penyedia email gratis yang lebih banyak sekali dipakai di dunia termasuk juga di negra kita Indonesia. Kalau jaman-jaman awal tahun 2000 an sih dipegang oleh Yahoo! Mail tapi seiring berjalannya waktu google merebut posisi itu hingga sekarang karena keseriusan mereka dalam mengembangkan perusahaannya.

Nah, itulah sobat pengertian apa itu email berikut fungsi kegunaannya beserta sejumlah contoh web situs penyedia email gratisan yang telah kami sebutkan. Semoga saja ada guna dan manfaatnya bagi sobat pembaca setia maupun yang baru saja mampir ke situs blog kami ini. Apabila sobat berpikiran ada informasi yang dirasa kurang lengkap dan ingin menambahkannya, jangan sungkan silahkan untuk menuliskannya dikolom komentar yang tersedia. Klik share ke media sosial sobat guna penyebaran informasi bermanfaat yang lebih luas. Wassallam dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel