10 Jenis Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

Apa sih yang sering ditanyakan saat wawancara kerja? Mungkin kalimat tersebut yang sering melintas dipikiran Anda, dan sering Anda cari tahu jawabannya untuk menghadapi tes wawancara kerja. Wajar saja karena sebagian besar calon karyawan baru banyak yang gugup ketika pertama kali wawancara kerja. Rata-rata mereka takut dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan nantinnya, maklum biasanya orang-orang seperti ini baru lulus sekolah atau kuliah, dan baru pertama kali mau melamar pekerjaan.

Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

Jika Anda saat ini memang akan menghadapi tes wawancara kerja, saran saya tidak usah takut. Ketakutan justru adalah akan jadi penghalang terbesar Anda untuk lolos tes wawancara  kerja. Coba Anda pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam dari hidung, alu keluarkan perlahan-lahan dari mulut. Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda pasti bisa menghadapi tes wawancara kerja tersebut. Cobalah beberapa kali sampai Anda merasakan ketengan dan keyakinan akan kemampuan Anda untuk menghadapi tes wawancara kerja.

Sebelum ke bahasan utama saya ucapkan selamat bagi Anda yang hari ini mau mulai tes wawancara kerja. Itu artinya tinggal beberapa langkah lagi untuk mencapai tujuan Anda mejadi karyawan pada perusahaan yang Anda lamar. Namun untuk Anda yang baru mulai melamar kerja tidak ada salahnya juga Anda membaca artikel ini sampai akhir kalimat. Mudah-mudahan artikel ini nantinya dapat mejadi bahan motovasi Anda agar semangat melamar kerja dan menghadapi tes wawancara kerja kondisi mental lebih nyaman.

Dalam berapa waktu kedepan saya akan menjelaskan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan ketika wawancara kerja. Beberapa diantaranya mungkin sudah pernah anda dengar, namun masih banyak pertanyaan tersebut yang masih menganggap sulit untuk dijawab. Padahal tidak ada pertanyaan yang sulit jika Anda mempersiapkan sebelumnya, istilahnya sedia payung sebelum hujan begitulah kira-kira. Untuk itu mari kita langsung saja simak beberapa pertanyaan dalam wawancara kerja berikut.

10 Jenis Wawancara Kerja Yang Sering Ditanyakan

1). Ceritakan tentang Diri Anda

Biasanya pertanyaan ini adalah yang sering ada dalam setiap tes wawancara kerja. Pertanyaan ini mungkin sangat mudah untuk dijawab, namun Anda juga haris tahu strategi untuk menjawabnya. Anda dapat menjadwal pertanyaan ini dengan memperkenalkan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhair Anda, dan pengalaman kerja Anda jika sudah memiliki. Sampaikan jawaban Anda secara ringkas dan jelas. Tidak perlu membicarakan hal lain, apalagi sampai curhat, karene itu sungguh terlalu kalau kata Bang Haji mah.

2). Apa Kelebihan Anda

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang paling mudah dijawab. Namun masih saja ada beberapa orang yang sulit untuk menjawabnya dengan lancar. Mereka sering kali berfikir jawaban apa yang tepat untuk pertanyaan ini. Padahal yang tahun kelebihan seseorang adalah probadi masing-masing berdasarkan pengalaman dan pelatihan-pelatihan kerta maupun keahlian yang dipelari di sekolah.

Kuncinya adalah sebelum menghadapi wawancara kerja, Anda harus membuat tabel atau catatan tentang sejumalh kelebihan apa saja yang Anda punya. Kemudian Anda hafalkan dan nantinya bisa disampaikan kepada pewawancara. Isi tabel tersebut sesuai dengan kelebihan yang dapat mengkualifikasikan dengan posisi kerja yang Anda lamar.

3). Apa Kekurangan Yang Anda Miliki

Bisa jadi Anda sudah menemukan beberapa kelebihan dari diri Anda, namun Anda juga mesti tahu apa kekurangan yang Anda miliki. Apabila Anda ditanyakan tentang kekurangan Anda makan Anda harus jawab dengan jujur namun tetap cerdas jangan asal. Anda harus bisa menemukan kekurangan mana yang perlu Anda smapaikan dan mana yang tidak perlu disampaikan kepada pewawancara. Jangan sekali-kali Anda berkta tidak mempunyai kekurangan, sebab itu menandakan Anda orang angkuh atau sombong. Karena sejatinya tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanyalah kepunyaan Allah Ta'ala.

Berikut Tiga Tips Agar Anda bisa Menjawab Pertanyaan ini:

  • Pertama, Anda dapat menyebutkan kekurangan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Kedua, Anda dapat mengatakan kelemahan yang Anda miliki namun ada katakan juga bahwa Anda telah menemukan cara untuk mengatasinya.
  • Ketiga, Anda bisa mengatakan  sesuatu yang bersifat kekurangan atau kelemahan tadi yang tadinya bermuatan negatif menjadi posotif.

4). Mengapa Anda Keluar Dari Tempat Kerja Yang Lama

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komitmen Anda dengan pekerjaan Anda tidak memastikan bahwa Anda tidak keluar tiba-tiba. Pewawancara juga akan mengetahui posisi pekerjaan apa yang benar-benar cocok dan merupakan pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan sehingga tidak salah menempatkan posisi. Ada beberapa alasan seseorang keluar dari pekerjaan lamanya. Namun jika Anda diberikan pertanyaan seperti ini, jawablah dengan positif. Jangan menjawab ppertanyaan ini yang membuat di pewawancara menilai Anda jelek.

5). Situasi Sulit Apakah Yang Pernah Anda Jumpai

Pertanyaan ini bertujuan  untuk  mengetahui perilaku Anda dalam kondisi tertentu. Maka jawablah sesuai dengan pengalaman yang pernah Anda alami. Pewawancara akan mengetahui Anda dimasa lalu dan sekaligus bisa memprediksi perilku Anda dimasa datang, agar pihak perusahaan sudah dpat mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

6). Mengapa Anda Menginginkan Pekerjaan Anda

Dalam menghadapi pertanyaan ini Anda juga harus penuh kehati-hatian, berusahalah menjawab bahwa Anda adalah orang yang benar-benar berkomitmen dengan pekerjaan Anda nantinya. Yakinkan si pewawancara sebisa mungkin jangan sampai timbul kesan Anda melamar kerja hanya karena ingin dibayar saja mesti itu hal yang pokok dan sangat dibutuhkan.

7). Mengapa Harus Menerima Anda

Pada pertanyaan ini ada bisa menjelaskan bahwa pengalaman, kemampuan, pendidikan, atau kepribadian Anda sangat cocok dengan posisi pekerjaan yang sedang Anda lamar. Disini juga Anda harus ekstra hati-hati dalam menjawab, sampaikan setiap jawaban dengan kalim sopan dan jangan juga munculkan sifat rendah hati agar sipewawancara simpati.

8). Berapa Gaji Yang Anda Inginkan

Nah pertanyaan yang kadang terabaikan dari perhatian, perlu diketahui bahwa setiap jawaban untuk pertanyaan ini dampak berdampak kepada pihak perusahaan untuk menerima atau bahkan mungkin menolak Anda. Untuk Anda yang freshgraduate sebaiknya hindari menentukan nominal tertentu. Untuk Anda yang berpengalaman Anda bisa menentukan nominal yang Anda inginkan namun tetap dalam batas kewajaran, dan tentunya dengan pertimbangan yang matang.

9). Anda Ingin Jadi Apa Lima Tahun Kedepan

Pertanayaan ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat komitmen Anda terhadap pekerjaan Anda nantinya jika sudah diterima. Selain itu pertanyaan ini juga berguna untuk mengetahui apakah Anda orang yang mempunyai tujuan serius untuk berkerja.

10). Apakah Ada Pertannyaan

Pertanyaan seperti ini biasanya muncul diakhir wawancara. Jka Anda diberi kesempatan bertanya, maka bertanyalah. Jangan sampai Anda bilang Anda tidak mempunyai pertanyaan, sebab hal ini akan membuat penilain yang buruk untuk Anda. Anda bisa bertanya seputar perusahaan atau karir yang sedang Anda lamar. Usahakan harus ada pertanyaan ini.

Itulah 10 Jenis Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk Anda yang mau mulai atau baru mulai ingin melamar pekerjaan. Mohon maaf apabila dari segi penyampaian masih banyak kesalahannya. Jangan lupa bagikan juga informasi ini kepada saurara atau teman Anda. Selamat melamar kerja semoga sukses dan diterima, kalau udah diterima saya tunggu telaktirannya bakso semangkok juga juga boleh hehehe (becanda).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel