13 Poin Penyebab Utama Terjadinya Rumah Kebakaran

Sesudah kita baru membeli satu buah rumah hunian...

...dan sehabis merawatnya sehingga tampil rapi, wangi, bersih, indah serta nyaman ditinggali...

Satu hal yang perlu diingat janganlah pernah kita melupakan untuk berusaha menghindari terjadinya penyebab timbulnya kebakaran pada rumah tersebut.

Tragedi kebakaran suatu rumah termasuk merupakan perkara yang cukup paling terbanyak menyebabkan kondisi rumah tinggal hancur lebur. Maka dari itu, janganlah sampai kejadian rumah tempat tinggal yang sekian lama kita idamkan begitu saja ludes habis karena terbakar yang diakibabkan oleh human error kelalaian diri kita sendiri maupun orang lain.

Oleh seba itu sangatlah perlu kiranya mencegah agar kebakaran tidak terjadi pada rumah Anda, dengan mengenal poin-poin penting yang pastinya akan kami jelaskan selengkap mungkin dibawah berikut ini yang terangkum dalam 13 Poin Penyebab Utama Terjadinya Rumah Kebakaran.

Petugas Pemadam Kebakaran

Diawali dari proses instalasi pada pemasangan listrik sampai tingkah lalu kita keseharian saat dirumah. Karena sebenarnya kebakaran yang besar seringkali terjadi berawal dari percikan api kecil tadinya.

Maka dari itu wajib diketahui dengan gamblang rinciannya penyebabnya satu persatu. Dan berikut inilah ulasan mengenai 13 Poin Penyebab Utama Terjadinya Rumah Kebakaran.

Membangun sebuah rumah sejatinya memerlukan dana yang sangat besar apapagi dijaman sekarang yang segalanya serba mahal. Sehingga rela untuk kerja keras menabung sekian puluh tahun untuk bisa mempersiapkannya dengan baik tanpa ada kendala lagi.

Bermacam cara terus diupayakan agar dapat mempunyai sebuah rumah milik sendiri.

Lalu alangkah merananya kita ini jikalau hasil dari kerja susah payah tersebut mendadak hancur tak bersisa hanya karena satu kelalaian patal dari diri sendiri.

Maka dari itu sangat perlu kita diketahui poin apa sajakah penyebab terjadinya kebakaran sebuah rumah.

Mari kita awali dari hal yang sangat berhubungan erat dengan dunia listrik.

#1. Kabel Penghubung Listrik Yang Berkualitas Buruk

Kabel ini berfungsi sebagai jalur mengalirkan daya energi dari listrik.

Seperti yang telah kita sama-sama ketahui, bahwah energi aliran listrik ini dapat menyebabkan efek panas. Dan kulit pelindung kabel lisktrik yang gak bisa berlama-lama menahan daya panas pastinya dapat meleleh cair.

Jikalau kita tidaklah segera untuk menggantinya maka suatu saat dapat menyebabkan sebuah kebakaran.

#2. Kabel Penghubung Listrik Telah Berumur Tua

Kabel penghubung listrik ini perlu sekali diganti. Khususnya yang tampak secara terlihat oleh mata.

Sehebat-hebatnya kualitas suatu kabel listrik akan menjadi lapuk juga jika dimakan masa usia yang panjang.

Ada bagusnya sesekali kita memeriksa dengan berkala kondisi dari kabel listrik disekitar rumah tinggal kita. Terutama sekali di area bagian sekitar plafon.

Apakah plastik pelindung dari kabel itu masih juga layak untuk digunakan ataukah telah mulai tampak rapuh? Perhatikan pula adakah sebuah kerusakan yang disebabkan gigitan binatang tikus liar?

#3. Sambungan Dari Kabel Kurang Kuat

Sebagian masyarakat selalu suka menyambungkan kabel satu dengan yang lainnya. Entah sebab keperluan sesuatu hal untuk bisa menambahkan titik penempatan yang pas maupun alasan yang lainnya.

Atau misalkan karena adanya gigitan hewan tikus.

Bila sambungan kabel tersebut kurang baik, dapat menyebabkan sebuah konslet listrik. Yang pastinya berbahaya adalah jika terjadi adanya percikan tegangan lisktrik berupa api menyala-nyala di waktu terjadi konsleting tersebut.

Hal tersebutlah yang cukup paling seringnya menjadi suatu penyebab timbulnya kebakaran sebuah rumah.

#4. Satu buah Steker dipakai Banyak Sekali Sambungan

Seringkali satu buah steker itu yang cuma menyediakan sekitar dua akses lubang saja jelas tidaklah mencukupi banyaknya keperluan penggunaan listrik kita.

Oleh karena itu cukup banyak sekali orang yang menumpuk banyak colokan pada listrik pada steker itu.

Sebenarnya tidaklah berbahaya jikalau...

...beban dari listriknya itu tidaklah terlalu besar. Misalkan saja hanya buas charge handphone saja.

Akan tetapi apabila dipergunakan juga untuk alat elektronik lain seperti kulkas, televisi, setrika, radoa tip dan juga alat memasak nasi sudah barang tentu perihal tersebut sangatlah berbahaya sekali.

Steker akan menjadi mengeluarkan daya panas. Maka dari daya panas itulah bisa menjadikan penyebab terjadinya kebakaran sebuah rumah.

#5. Lampu Dihidupkan Dengan Terus-terusan

Pada dasarnya semua lampu penerang yang sering beredar dipasaran masih saja mengeluarkan daya panas darinya yang sangatlah besar.

Sehingga jikalau lampu tadi dalam kondisi hidup kemudian Anda coba memegangnya dengan tangan maka pastinya Anda punb tidaklah akan kuat dikarenakan panasnya.

Tidaklah mengherankan sekali ada sejumlah kebakaran sebuah rumah yang diakibatkan oleh bendan yang namanya lampu ini. Terlebih lagi lampu tersebut dinyalakan secara terus-terusan tidak henti.

Bisa juga karena ditinggal mudik pulang kampung.

Lalu Anda pun dengan sengaja menyalakan lampu penerang supaya rumah tersebut tidaklah gelap ketika malam dengan harapan tidak menjadi sasaran para perampok yang menyasar rumah kosong. Namun justru perkara tersebut menjadikan penyebab terjadinya kebakaran.

#6. Memakai Lilin ketika Padam Listrik Dari PLN

Tidaklah dipungkiri...

Masih cuku banyak sekali masyarakat luas yang memperggunakan lilin ketika listrik mati atau padam langsung dari gardu PLN. Padahal ternyata lilin ini merupakan penerang pengganti dari lampu elektronik yang sangatlah rawan kita pakai.

Apalah lagi jikalau Anda tidaklah mempunyai lokasi khusus buat memasang lilinnya.

Lilin penerang yang ditaruh tanpa dengan hati-hati sekali maka akan menimbulkan penyesalan dikemudian hari. Dan yang suka banyak sekali terjadi adalah ketika benda lilin tersebut tetap menyala sedangkan para penghuninya asik ketiduran semua.

#7. Lalai Saat Sedang Memasak

Meskipun sangatlah jarang sekali terjadi namun ada kalanya juga diantara kita lalai disaat memasak.

Lupa lagi masak sesuatu karena begitu asiknya gobrol sama tetangga!

Inilah seba musabab yang kerapkali kadang bisa terjadi. Terutama bagi para ibu rumah tangga. Jadi janganlah sampai kita lupa walaupun itu hanya sekedar ketika memasak hal yang remeh semisal air saja.  Tinggkat kewasdaan kita harus lebih tinggi.

#8. Puntung Bekas Merokok Yang Masih Nyala

Kebakaran yang besar biasanya bermula terjadi dikarenakan api dalam volume kecil. Termasuk juga dari sebuah puntung bekas rokok.

Dalam anggota keluarga diri Anda terdapat perokok? Maka Waspadalah.

Sebisa mungkin jangan pernah biarakan ada yang merokok dalam area rumah kita. Disamping menyebarkan ribuan racun nokotin dan lain-lain lewat penyebaran asapnya, dapat juga mengakibatkan kebakaran.

#9. Membakar Tumpukan Sampah Sembarangan

Masyarakat kebanyakan di Indonesia suka dan terbiasa sekali membakar tumpukan sampah mulai dihalaman rumah tinggalnya sampai didepan kantor tempat kerjanya. Namun biasanya perbuatan ini dilakukan pada umumnya oleh masyarakat dipedesaan dengan alasan tidak adanya petugas kebersihan dan jauhnya TPS (Tempat Pembuangan Sampah) setempat.

Perlu juga diperhatikan diwaktu membakar tumpukan sampah.

Hindarilah membakar tumpukan sampah tersebut disaat matahari sedang terik serta diwaktu angin berhembus kencang.

Karena dimungkinkan dedaunan kering dan kertas-kertas yang sudah terbakar api lalu terbawah hingga tertiup oleh hembusan angin tersebut. Dan menjadilah penyebab utama musibah terjadinya kebakaran yang hebat di desa lain.

#10. Bahan Zat Kimia Berbahaya Yang Mudah Sekali Terbakar

Apabila menyimpan dan memilik bahan zat kimia seharusnyalah dijaga dengan hati-hat sekali. Simpanlah dilokasi yang cukup jauh sekali dari area jangkauan rumah dan bocah-bocah.

Dan tentunya satu hal lagi...

Sangat Jauh jaraknya dari segala sumber yang menimbulkan percikan api.

Janganlah kita sesekali berani menyimpan zat kimia tersebut disekitar kompor gas atau kompor jaman dulu. Sebab sedikit juga terkena panas, bisa mengakibatkan bahan zat kimia tadi mudah sekali terbakar dan merembet kemana-mana.

#11. Kebiasaan Anak-anak Yang Suka Bermain Api Dengan Korek

Memang pada dasarnya Anak-anak tersebit belumlah paham akan bahaya akibat dari suka bermain api dengan korek. Buat mereka itu merupakan sebuah kesenangan yang mengasikan.

Maka dari itu janganlah pernah kita membiarkan mereka asik bermain dengan benda-benda yang berbahaya, semisal korek untuk nyalakan api.

Simpanlah dengan aman korek tadi ditempat lokasi yang sulit dijangkau dan ditemukan oleh mereka para anak.

Sebab jikalau Anda begitu saja meletakan benda korek tersebu dengan sembarangan, maka anak-anak pun bisa dengan mudah memainkannya ketika Anda sedang tidak lagi dirumah.

#12. Bekas Dari Berbeque Yang Belum Mati

Anda seorang senang sekali menyate? Yakni membakar sendiri ayam maupun ikan?

Bila ya...

Maka ada bagusnya Anda mesti selalu untuk memastikan dengan teliti bekas dari pembakarannya itu benar-benar sudah mati atau sudah padam sama sekali. Basuhlah arang dari bekas bahan bakar nyate tersebut dengan sejumlah air memadai dan bisa memadamkan tak bersisa secuil pun percikan api.

Lalu jauhkan kelokasi yang lebih aman.

#13. Kompor Bahan Kabar Gas

Semenjak bahan minyak dari tanah sudha ditarik penjualan dari seluruh pasaran di Indonesia, hampir semua masyarakat penduduk Indonesia beralih mempergunakan kompor dari bahan bakar gas yang dibagikan gratis di awal peresmiannya.

Kita pun seringkali mendengar kabar kebakaran sebuah rumah itu terjadi karena ledakan dari kompor berbahan bakar gas.

Mekanisme cara dalam pemasangan selang regulator yang keliru adalah bisa jadi faktor utama yang memungkinkan menjadi salah satu pemicu terjadinya ledakan pada kompor berbahan bakar gas.

Sudah semestinyalah kita berupaya memperhatikan dengan maksimal segala macam yang dapat menjadikan penyebab timbulnya tragedi kebakaran pada rumah yang bersumber dari kompor berbahan bakar gas tersebut.

Adapun yang menjadi penyebabnya detailnya :

Sambungan selang regulator yang kurang kencang.

Kondisi selangnya sudah berumur dan telah menjadi rapuh. Sehingga terdapat celah bolong-bolong kecil yang mengakibatkan gas bisa keluar. Sebagian besar orang mungkin banyak yang mengalaminya.

Api pun menyembur keluar dari sela-sela celah selang tadi dan kemudian membakar seluruh bagian selang. Oleh seba itu rajinlah periksa kondisi keadaan selang regulator kompor Anda.

Cek apakah tampak terlihat terdapat getas apa masih dalam kondisi bagus?

Jika ternyata sudah kehihatan getasnya, maka langsung saja segera ganti dengan yang baru tanpa mesti banyak lagi berpikir. Sebab hal demikian menyangkut akan keselamatan diri Anda beserta keluarga tercinta.

Tidak terdapatnya pengaman khusus pada bagian regulator atau knob. Untuk sekarang ini tidak ada alasan untuk tidak memasang pengaman regulator karena sudah cukup banyak sekali dijual di toko-toko kebutuhan rumah tangga maupun dipasar-pasar juga banyak.

Pengaman yang dipasang tersebut dapat mengurangi terjadinya kemungkinan adanya kebocoran disekitar area regulator selang.

Tips Singkat Mencegah Terjadinya Kebakaran

Sesudah kita mengenali apa sajakah penyebab terjadinya kebakaran sebuah rumah yang seringkali melanda akibat kelalaian, maka kini saatnyalah kita untuk mengambil sebuah tindakan yang preventif.

Terapkanlah instalasi pemasangan listrik dirumah Anda oleh ahlinya dan didukung dengan perlengkapan dan bahan kabel-kabel serta yang lainya yang berkulaitas standar telah teruji dan terbukti bagus plus aman digunakan. Walaupun terkadang peralatan instalali listrik saat ini yang sangat bagus harganya cukup terbilang mahal, namun hal itu masih tidaklah semahal apabila rumah tinggal habis ludes kebakaran dilalap api si jago merah.

Pakailan kabel yang sesuai akan beban daya listrik rumah Anda

Untuk jenis peralatan elektronik yang membutuhkan konsumsi daya listrik yang besar, gunakanlah satu saja steker. Misalnya untuk barang jenis kulkas plus rice cooker saja.

Janganlah coba-coba mengambil daya listrik yang akan digunakan dari sebuah titik sumber saja sebab hal itu dapat mengakibatkan steker menjadi panas.

Kemudian hal yang super inti yakni berhubungan erat dengan tingkah laku kebiasaan buruk Anda dan anggota keluarga yang lain. Diantarannya eninggalkan ruangan dapur ketika masih memasak, menyalakan rokok dalam area rumah, maupun membiarkan begitu saja anak dibawah umur bermain dengan korek penyala api...

... dan semua dari kebiasaan buruk tersebut haruslah Anda ditinggalkan.

Demikianlah beberapa poin penyebab terjadi kebakaran sebuah rumah serta sedikit juga tips langkah untuk bisa mencegah dan mengatasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel