5 Tips Charge (Ngecas) Smartphone Android Yang Benar Agar Baterai Awet

Tak dapat dielakan lagi smartphone Android sekarang sudah menjadi sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di Indonesia bahkan di dunia. Saat ini banyak juga smartphone Android yang sudah dilengkapi dengan daya baterai yang cukup besar, sehingga kita bisa menggunakan samrtphone android tersebut tanpa takut baterai cepat habis.

Teknik Ngecas Handphone Android Yang Benar Supaya Baterai Tidak Mudah Rusak

Namun ada beberapa penyebab yang mengakibatkan daya baterai smartphone kita cepat habis, salah satunya adalah kita salah melakukan charging. Untuk itu kita harus tahu bagaimana cara melakukan charging smartphone android dengan benar dan tepat.

Nah, kali akan dibahas dan mengulas apa saja tips dan triknya agar baterai smartphone kita bisa awt bertahan lama. Pada intinya semua tergantung dari kita dalam mempergunakannya, jangan terlalu over dan coba istirahatkan beberap jam dengan cara mematikannya 2-5 jam sehari dan lakukan saja ketika mau tidur.

Hal ini juga agar ketika Anda sedang tidur tidah terganggu dengan suara ponsel, kecuali jika Anda memang benar-benar membutuhkan ponsel Anda aktif 24 jam penuh. Untuk memecahkan masakah baterai yang boros dan cepet sekali ngedrop maka dibawah ini kami telah sajikan 5 tips yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Memakai Charger Asli Bawaan Smarphone

Hal yang dianggap sepele tapi bisa beresiko merusak smartphone android adalah mengisi daya baterai android tanpa menggunakan charger asli bawaan samrtphone. Banyak pengguna android yang beranggapan jika semua charger android itu sama saja, padahal jelas-jelas berbeda.

Setiap charger android memiliki arus daya yang berbeda, amper yang berbeda pula. Contoh sederhananya adalah jika charger original dari smartphone kamu membutuhkan daya 15 Watt, sementara kamu memakai charger lain yang hanya puna 10 Watt.

Tentu itu bisa merusak baterai dan membuat baterai smartphone menjadi cepat jebol. Untuk itu selalu gunakanlah charger original smartphone kamu.

2. Mematikan Fitur Yang Tidak Dibutuhkan

Dalam smartphone android terdapat fitur-fitur yang sangat banyak. Sebaiknya kamu meatikan fitur-fitur tersebut saat kamu sedang melakukan pengisian daya baterai pada smartphone android kamu.

Dengan begitu bisa mempercepat proses pengisian daya baterai. Fitur-fitur yang bisa kamu matikan diantaranya adalah Fitur Data Seluler, Bluetooth dan juga Wi-Fi.

3. Jangan Main Ponsel Saat Sedang Pengisian Daya

Kebanyakan dari kita sudah tidak bisa lepas dari smartphone, bahkan saat data baterai sudah habis pun kita tetap saja memainkan smartphone android sambil mengisi daya baterai.

Tentu saja ini bisa membuat proses pengisian daya baterai menjadi lebih lama, karena layar selalu aktif saat kamu gunakan untuk bermain. Jangan tergoda untuk bermain smartphone, lebih baik gunakan saat baterai sudah penuh.

4. Charging Saat Baterai Benar-benar Habis

Terkadanng kita melakukan pengisian baterai padahal daya baterai masih cukup banyak. Inilah yang membuat baterai berpotensi cepat rusak. Sebaiknya kamu charging saat baterai benar-benar sudah habis, misalnya saat baterai masih tersisa 20% atau 15%.

5. Melakukan Pengisian Daya Sambil Mematikan Smartphone

Dengan tindakan melakukan cas daya sembari dalam kondisi handphone mati, maka daya baterai menjadi terisi secara maksimal dan cepat. Selain itu kita tidak akan tergoda untuk memainkan smartphone saat daya beterai sedang diisi.

Selain itu keuntungan jika kita melakukan pengisian daya baterai sambil mematikan smartphone adalah, proses pengisian daya baterai akan lebih cepat dan juga lebih optimal karena smartphone kita tidak bekerja atau digunakan oleh pengguna atau pemiliknya.

Itulah sekelumit singkat pembahasan mengenal Tips Charge Smartphone Android Yang benar Agar Baterai Awet dan tidak cepat rusak, semoga bermanfaat.

Bila dirasa ada manfaatnya jangan lupa untuk dishare juga ke teman-teman Anda di Facebook. Twitter dan yang lainnya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel