6 Cara Mudah Atasi Genteng Yang Bocor Saat Hujan

Musim penghujan datang, dan hatipun riang. Setidaknya demikianlah yang ada dalam perasaan para petani desa. Dan tentu betapa bahagianya apabila musim penghujan datang, keadaan rumah indah kita bebas dari segala kebocoran atap.

Lalu bagaimana jika genteng rumah bocor? Dan apa sajakah yang harus kita kerjakan untuk bisa mengatasinya? Simak lebih lanjut dalam bahasan 6 Cara Mudah Atasi Genteng Yang Bocor Saat Hujan baca sampai akhir ya kawan-kawan.

Mengatasi Atap Genteng Rumah Yang Bocor Ketika Hujan

Untuk dapat mengatasinya maka kita diperlukan mengetahui apa yang jadi penyebab utamanya. Keadaan genteng yang bocor itu dapat ditimbulkan oleh sejumlah hal diantaranya :

Genteng Yang Retak Oleh Cuaca

Genteng ini merupakan termasuk bagian dari rumah maupun gedung yang sangat paling rentan dalam menghadapi berubahnya cuaca alam. Terkena panasnya matahari saat kemarau, menahan dari hembusan terpaan angin, terakhir tentunya selalu menahan derasnya hujan yang menimpannya.

Penyebabnya genteng menjadi retak.

Walaupun retaknya berupa rambut, namun jika tertimpa jatuhan air hujan dari atas akan bisa menjadikan lebih lebar juga. Pada ujungnya meretak inilah yang membuat merembesnya air penghujan masuk ke dalam rumah.

Itulah awalnya dari bencana kebocoran atap rumah kita...

Genteng Pun Pecah

Dimulai retakan tadi akhirnya si gentengpun dapat menjadi pecah terbelah dua. Maka pastinya hal tersebut merupakan sumber penyebab terjadinya kebocoran yang nyata.

Hanya saja kebocoran genteng yang diakibatkan pecah ini lebih gampang untuk diatasi. Karena cucuran dari air yang masuk sangatlah banyak.

Kitapun menjadi lebih mudah sekali melihat dengan jelas genteng atap yang pecah tersebut. Terjawablah sumber dari masalahnya.

Gentengnya Melorot Pindah Dari Tempat Asalnya

Masalah paling klise dari akibat genteng rumah bocor adalah berubahnya posisi genteng itu sendiri...

...gentengnya jadi melorot pindah tempat...

Ini terjadi biasanya karena terinjak binatang liar, contohnya kucing yang menginjaknya saat berlalu-lalang ditas atap rumah kita. Namun bisa pula karena kayu reng penahan genteng yang sudah patah atau kurang kuat menahannya.

Bumbungan (Wuwungan) Rumah Kita Retak

Kebocoran juga dapat disebabkan terjadi oleh Bumbungan atau wuwungan bagian atas yang mengalami retak.

Permasalahannya keretakan tersebut seringkali sangat susah sekali ditemukan lokasinya. Akan tetapi jika setiap terjadi hujan sering ada tetesan rembesan keluar.

Rembesan tersebut cukup jauh lokasinya dari area sumber munculnya kebocoran.

Air hujan rembesan biasanya mengalir pada area usuk. Lalu pada tempat titik yang tertentu mulailah menetes.

Cara Tekhnik Memaku Atau Memasang Baut yang Keliru

Atap setiap rumah pada umumnya banyak sekali jenis dan modelnya. Atap dari metal, dari galvalum, dari seng, dan sekarang populer dipergunakan atap dari asbes yang pemasangannya dengan menggunakan baut maupun dipaku.

Kebocorankan dari atap berjenis yang disebutkan diatas seringkali diakibatkan oleh tehknik cara pemakuan yang kurang baik atau bahkan salah.

Cara Dalam Mengatasi Atap Genteng Yang Bocor

Sesudah kita mengetahui semua penyebabnya, maka akan jauh lebih mudah dalam mengatasinya. Maka inilah sejumlah cara atau langkah untuk bisa memperbaiki setiap kebocoran atap genteng dirumah Anda.

1). Menambal Atap Genteng Yang Retak Mengunakan Styrofoam

Kita seringkali mendapatkan bahan styrofoam ini dari buangan bekas dus kemasan alat-alat elektronik. Semisal dari dus bekas kulkas, dus televisi, dan lain sebagainya.

Ternyata benda styrofoam dapat dipergunakan untuk kita dalam menambal atas genteng ruma yang terjadi retak.

Maka Inilah mekanisme cara dan langkahnya...

Masukanlah styrofoam yang sudah didapatkan pada sebuah wadah (bisa baskon atau Kaleng yang cukup besar) yang sebelumnya sudah Anda isi dengan bensin. Disaat styrofoam tersebut bercampur baur dengan minyak bensin tadi akan terjadi sebuah reaksi...

...styrofoam perlahan akan berubah fungsi menjadi sejenis lem perekat...

Lalu Anda dapat memperggunakannya untuk proses menambal atap genteng rumah yang bocor dan retak tersebut.

2). Melapisi Atap Genteng Rumah Dengan Sebuah Cat Tembok Khusus

Meskipun ini terbilang cukup mahal harganya, mengecat atap genteng rupa dengan cat terntentu merupakan sebuah cara praktis dalam mengatasi ada kebocoran dari atap rumah.

Dengan dilapisa cat yang khusus tersebut, semua keretakan rambut di area genteng menjadi dapat tertutupi dengan rapat. Sehingga efek positifnya air hujan tidak lagi merembesi area retakan bocor tadi yang dampaknya dapat mengakibatkan atap genteng menjadi pecah.

Apabila Anda sudah berniat akan mengecat atap genteng, maka usahakan dilakukan dengan hati-hati. Janganlah sampai atap genteng terjadi pecah disebabkan terinjak oleh kaki Anda secara tak sengaja.

3). Mengganti Atap Genteng Yang Pecah

Dalam jangka waktu satu tahun ada kalanya genteng rumah yang mesti diganti.

Untuk proses mengganti atap genteng rumah yang mengalami retak maupun yang terjadi pecah belah dua, maka sebaiknya janganlah ketika atap genteng dalam keadaan basah. Tunggulah kering dahulu.

Karena atap genteng rumah mudah sekali pecah dan belah ketika kondisi basah. Apalah lagi jikalau kita tidak hati-hati disaat menginjaknya.

4). Memperbaiki Area Bumbungan

Kebocoran disekitar area bumbungan ini lebih susah sekali diperbaikinya. Apabila Anda merasa bukan ahlinya maka sebaiknyalah meminta seorang jasa yang ahil dibidang bangunan rumah.

Meskipun retaknya kecil sekali, kebocoran atap pada area bumbungan akan membuat kita menjadi tidak merasa nyaman saat dirumah. Terlebih lagi saat musim penghujan.

5). Memperbaiki Area Talang Saluran Air

Selain atap genteng yang bocor, bagian talang saluran air pun merupakan termasuk sumber lain dari terjadinya kebocoran. Apalagi jikalau rumah tinggal Anda memiliki talang saluran air di bagian tengah.

Untuk bisa memperbaiki bagian talang saluran air ini juga sebaiknya janganlah diperbaiki menggunakan sistem tambal sambung.

Perbaikilah keseluruhannya.

Memperbaiki talang dengan cara tambal sambung biasanya akan mengecewakan. karna bila sudah terlanjur banyak sekali mengeluarkan biaya akan tetapi talang saluran air pun tetap juga bocor.

6). Renovasi Seluruh Atap Bila Diperlukan

Langkah yang paling akhir untuk bisa mengatasi atap genteng rumah yang bocor adalah dengan cara merenovasinya bagian atap tersebut secara keseluruhan.

Renovasi bagian atap ini diperlukan bila terjadi:

Konstruksi sekitar kuda-kudanya tidak bersesuaian dengan pola standar.

Bahan dari kerangka penyangga atap dirumah kita memang telah saatnya mesti diganti dengan yang baru.

Hanya saja pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup besar sekali untuk bisa merenovasi bagian atap secara total. Namun begitulah demi ada kenyamanan saat dirumah, maka sudah semestinyalah kita mempersiapkan dari awal dalam menyediakan biaya perawatan yang memadai untuk renovasi rumah Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel