Hal Yang Perlu Di Lakukan Untuk Keamanan Email Gmail Anda

Sebelum masuk ke pembahasan utama sesuai judul saya jelaskan dulu apa itu email secara singkat. Email adalah sebuah sebutan yang di ambil dari singkatan Elektronik Mail atau bila di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya Surat Elektronik. Email ini berfungsi sebagai alat saranan saling berkirim surat melalui media Internet.

Tips Menjaga Keamanan Akun Gmail

Dan media yang dimaksud tersebut bisa melalui PC Komputer, Laptop dan juga melalui Handphone yang mempunyai koneksi jaringan internet. Keberadaan email di jaman modern ini bisa dikatakan cukup sangat penting. Karena segala aktivitas dan transaksi yang di kerjakan lemat dunia maya membutuhkan sebuah email ketika melakukannya.

Contoh diantaranya saat kita ingin memiliki sebuah akun Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Pasti syarat wajib yang tidak boleh kosong yaitu membubuhkan alamat email pribadi sendiri. Untuk membuat email sangat mudah namun bagi segelintar orang yang baru mengenalnya memang butuh sedikit pembiasaan saja.

Penyedia layanan pembuatan alamat email cukup banyak akan tetapi yang terkenal dan paling banyak digunakan oleh semua orang hanyalah beberapa saja. Diantarannya Email Google atau GMAIL dan Email Yahoo atau YMAIL.

Meskipun untuk membuatnya gratis tanpa biaya namun ada beberapa aturan yang harus kita pelajari dan sebisa mungkin kita taati.

Baiklah sekalarang mari kita mulai pembahasan yang sejalan dengan tema diatas, di email Gmail ini memiliki sejumlah ketentuan untuk lebih lengkapnya Anda baca langsung di situs resminnya www.gmail.com.

Hanya yang akan saya terangkan disini bagaimana kita memperhatikan hal yang penting untuk keamanan akun gmail yang kita punya tersebut. Kenapa? Karena email juga sebuah layanan yang bisa juga kena hack orang yang tidak bertanggung jawab.

Tentunya Anda tidak ingin kan hal itu terjadi, apalagi jika di dalam email gmail tersebut banyak bermacam keperluan yang sangat penting. Akan jadi bencana besar luar biasa jika email tersebut diretas orang, maka dari itu kita perlu sedini mungkin melakukan sejumlah tindakan keamanan agar email gmail tersebut tidak mudah di hack orang lain.

Sejumah Hal Penting Yang Harus Dilakukan Untuk Keamanan Email Gmail Anda

Saya akan coba memberikan beberapa tips sederhana untuk Anda agar akun Email Gmail kita lebih aman. Mungkin ini sudah banyak di bahas blogger lain. Namun tidak ada salahnya saya ulas kembali. Silahkan disimak poin demi poin dibawah ini:

  1.  Catat tanggal dan tahun ketika pertama kali Anda membuat alamat Email Gmail. Ini terkadang sering kita abaikan, namun ternyata sangat dibutuhkan di situasi yang darurat. Jadi sebisa mungkin catat dan simpan sebaik mungkin ditempat yang nanti bisa dengan mudah kita buka.
  2. Verifikasi dengan nomor handphone yang dipastikan selalu aktif dan sering digunakan. Untuk email-email gmail yang utama bukan sekedar buat hanya untuk keperluan bikin akun facebook, maka memasukan nomor verifikasi ponsel yang benar-benar selalu aktif sangatlah juga penting sekali. Karena nomor ini nantinya bisa kita gunakan untuk verifikasi jika lupa password dll.
  3. Tambahkan email pemulihan. Tambahkan juga email pemulihan, yaitu alamat email lain untuk jaga-jaga bisa suatu saat kita tidak bisa login.
  4. Lakukan Verikasi dua langkah. Ini sangat ampuh untuk mencegah akun email gmail Anda diakses orang lain, karena jika ada orang yang coba-coba bukan alama gmail Anda kama secara otomatis akan dminta veriifikasi yang hanya akan dikirim ke nomor ponsel milik Anda saja.
  5. Lakukan login minimal sekali dalam sehari supaya alamat gmail Anda tidak dinonaktifkan.

Nah, itulah pembahasan singkat yang dapat saya jabarkan mengenal tema Hal Yang Perlu Di Lakukan Untuk Keamanan Akun Email Gmail Anda. Semoga saja bermanfaat dan mohon maaf jika masih terdapat kekurangan dari segi ketikan dan juga dari segi tata bahasa penyampaiannya. Bantu share yah biar lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari artikel ini. Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel