Inilah Cara Mengecek "Kadar Gula" Sendiri Dengan Mudah

Inilah Cara Mengecek "Kadar Gula" Sendiri Dengan Mudah - Kadar gula yang tinggi memungkinkan akan menimbulkan efek bahaya serius apabila diacuhkan begitu saja. Dibutuhkan berbagai upaya yang khusus agar dapat menjaga kadar gula tetap dalam keadaan normal. Disamping rutin olah raga, pastinya pola makan sehari-hari juga wajib dijaga.

Kurangi bahkan kalau bisa berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau makanan yang memiliki kandungan glukosa yang sangat berlebih. Akan lebih baik setiap hari lakukan monitoring pada kadar gula dalam tubuh Anda dengan menggunakan sebuah alat khusus.

Proses Mengecek Gula Darah Sendiri 

Nama alat itu sendiri adalah Glucometer, alat ini berfungsi untuk memeriksa kandungan glukosa darah Anda. Dengan bantuan alat ini memungkinkan setiap kita bisa melakukan pengecekan kadar koesntrasi gula darah tubuh kita, sehingga dapat melakukan pencegahan dengan mengatur pola makan bila ditemukan kadar gula yang kurang normal.

Perkara ini juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyaki komplikasi seperti diabetes, stroke dll. Penggunaan alat ini sangat mudah dan bisa dipelajari sendiri walaupun tanpa bantuan seorang dokter.

Dalam segi apapun di jaman ini memang sudah serba canggih, termasuk dalam hal kesehatan cukup banyak alat bantu untuk cek kesehatan sendiri dirumah tanpa perlu datang ke Kliknik Dokter. Dan alat Glucomater iitu sendiri merupakan bagian dari berkembangnya kecanggihan teknologi dalam bidang kesehatan.

Yang lebih bagusnya alat tersebut sangat efisien dan efektif digunakan oleh masyarakat secara mandiri. Dan cara mempergunakan alat tersebut terbilang sangat mudah, semuanya bisa dipelajari lewat brosur dan juga sedikit petunjuk dari Dokter.

Dan cukup memerlukan beberapa perangkat lain, karena alat ini bisa dipergunakan hanya dari rumah. Dibawah beberapa langkah cara cek kadar gula sendiri yang sangat mudah.

Langkah-langkah Cek Gula Darah Sendiri :

  1. Langkah pertama persiapkan alkohol, kapas, test strip, sebuah alat penusuk dan jarum tusuk yang steril untuk cek keperluan gula darah.
  2. lakukan basahi ujung jari dan ujung jarum menggunakan alkohol, ada baiknya jangan pada ibu jari dan jari kelingking dan jarum berlaku pemakaian untuk satu kali. 
  3. Lalu tusuk ujung jari Anda sedikit saja hingga keluar darah, sembari memasukan test strip ke dalam glucometer dan pastikan test strip belum masuk masa kadaluarsa.
  4. Basahi test strip tersebut dengan darah, caranya tempelkan ke ujung jari dan jangan terlalu basah.
  5. Beberapa detik berlalu alat glucometer akan langsung bereaksi dengan menampilkan hasil kosentrasi berupa hitungan waktu.

Ada baiknya ketika hendak melakukan cek gula darah tersebut lakukanlah pada pagi hari. Dan pastikan selama waktu 12 jam sebelumnya tidak mengkonsumsi  makanan dan minuman.

Menurut para ahli kesehatan, untuk mengecek kadar gula atau glukosa baiknya dilakukan pada pagi hari, karena dimungkinkan hasil tesnya akan jauh lebih valid.

Dan angka kandungan darah yang normal pada manusia sendiri berkisar pada angka 200mg/dl. Apabila melebihi angka tersebut maka pola makan dan kebiasaan setiap hari mesti diperbaiki lagi.

Perlu diperhatikan bagi Anda yang masih awam dan baru pertama kali mengenal alat Glucometer ini, maka ada baiknya untuk memeriksa kadar gula darah ajak teman, saudara, tetangga yang sudah ahlinya.

Dan jauh lebih bagusnya lagi apabila Anda masih bingung dengan cara penggunaannya bisa langsung ditanyakan ke Pukesmas terdekat di sekita rumah Anda. Insya Allah mereka akan dengan seang hati memerikan informasi bagaiman cara menggunakan alat Glucometer tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel