Mengecek Harddisk Bad Sector Dengan Mudah

Perangkat Komputer dan juga Laptop memiliki cukup banyak sekali bermacam komponen hardware yang sangat super penting dan itu salah satunya adalah harddisk. Tanpa adanya harddisk ini Komputer dan Laptop sebagus apapun tidak akan bisa berfungsi sama sekali.

Karena harddisk tersebut merupakan tempat penyimpanan dan penginstalan sistem operasi sebagai otak dari Komputer dan Laptop yang diantaranya Windows dan sejenisnya. Mau tidak mau dipastikan membutuhkan harddisk yang terpasang di Komputer tersebut. Dan juga harddisk ini bisa digunakan untuk menyimpan file data-data penting milik Anda.

Cara Mengecek Harddisk Bad Sector Dengan Mudah Pada Komputer Destop Atau PC

Oleh sebab itu si harddisk ini memiliki fungsi yang sangat utama. Apabila tidak dirawat dan dijaga dengan bagus maka harddisk bisa terkena bad sector bahkan sampai rusak yang mengakibatkan semua data plus juga sistem operasi didalamnya akan terancam lenyap terhapus. Sebab itulah penting sekali untuk kita Mengecek Harddisk Bad Sector Dengan Mudah yang bisa Anda dapatkan dalam artikel ini.

Namun sebelum masuk kepembahasan yang pokoknya, sedikit mari kita mengenal dulu apa itu bad secktor beserta penyebab terjadinya. Bad sector itu adalah sebuah kondisi yang mana sistem operasi didalamnya tidak dapat berjalan dengan normal bahkan error bluescreen tiap mau di booting.

Ini merupakan sebuah kerusakan yang bisa dibilang cukup berbahaya karena umumnya bersifat menyebar seperti virus. Apabila sudah menyebar keadaan badsector ini akan menimbulkan kerusakan pada bermacam sistem lain di perangkat Komputer dan Laptop tersebut.

Cukup banyak sekali yang menjadi penyebab terjadinya bad sector ini, salah satunya terjadi karena susunan file didalam harddisk yang tidak beraturan, karena terjatuh, suka mati listrik pada saat Laptop menyala, mangetik pada piringan harddisk melemah dan masih banyak lagi penyebab yang lainnya.

Keadaan bad sector ini bila sudah terjadi memang tidak bisa dhindarkan, oleh karena itu sebelum terjadi kita mesti tahu gejala-gejalanya tersebih dahulu supaya dapt melakukan penanganan lebih cepat sebelum terlambat.

Langkah pertama segera back up data penting didalamnya agar tidak ikut rusak, namun bila terdapat file yang macet susah di back up maka dipastikan file tersebut berada dilokasi bad sector.

Oleh sebab itu mengenali gejala bad sector lebih awal sangatlah penting sekali. Berikut dibawah ini tips mengecek harddisk apakah bad sector atau tidak silahkan disimak.

Cek Badsector Harddisk Via CHKDSK

Akan lebih mudah agar dapat mengetahui rusak tidaknya harddisk bisa cek dengan menggunakan perintah CHKDSK yang telah disediakan. Untuk menjalankannya klik menu incon windows Start >> All Program >> Accessories >> Command Prompt.

Akan tetapi untuk windows 8 beda lagi caranya yaitu cukup tekan tombol Windows+R, kemudian ketik CMD lalu selanjutnya tekan ENTER. Silahkan menunggu beberapa saat hingga jendela command prompt muncul, kemudian ketikan CHKDSK selanjutnya klik ENTER.

Cek Badsector Harddisk Tanpa Software

Untuk mengecek kondisi harddisk juga bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan software apapun. Langkah awal silahkan masuk ke menu My Computer lalu klik kanan partisi harddisk yang hendak diperiksa, berikutnya Anda pilih bagian Properties.

Bila telah selesai, maka opsi berikutnya yang harus dilakukan yaitu klik Tab Tools lalu pilih bagian Check Now yang terdapat pada form bertulis Error-checking. Untuk proses pengecekan otomatis ini tergantung dari kondisi keadaan harddisk, kapasitas folder, RAM yang dipergunakan dan lain-lain.

Cek Badsector Harddisk Pakai Software

Software atau aplikasi untuk mengecek harddisk sudah beredar cukup banyak agar bisa melihat apakah harddisk tersebut mengalami kerusakan atau tidak. Saya akan perkenalkan salah satu software yang bagus untuk mengecek kondisi harddisk yaitu namanya CrystalDiskInfo silahkan cari saja di mesin pencari google.

Disamping selain bisa menedeksi harddisk bad sector, aplikasi software ini juga dapat memberikan informasi tentang keadaan harddisk itu sendiri semisal berapa volumeya dll, jumlah rpm, suhu dan juga firmwarenya. Bila Anda tertarik untuk mendownloadnya silahkan langsung kunjungi situs resminya pada http://crystalmark.info/?lang=en.

Memperbaiki Badsector Pada Harddisk

Apabila harddisk yang Anda milik kerusakannya tidak terlalu parah alias rusak ringan saja, maka itu masih bisa di selamatkan dengan mudah yaitu dengan cara menggunakan fasilitas Check Now yang telah dijelaskan diatas, kemudian pilihlah opsi menu Repair.

Dan juga bisa menggunakan juga software pihak ketiga dianatarannya HDD Regenerator atau aplikasi sofware tool Sofrware Low Level Format, silahkan manfaatkan kedua aplikasi tersebut.

Pembahasan mengenai cara mengecek harddisk bad sector dan tips cara mengatasinya tidak ada salahnya dipraktekan setiap saat di Komputer dan Laptop Anda, karena memang harddisk tersebut rawan sekali rusak.

Tentuk akan sangat disesalkan apabila terjadi bad sector tiba-tiba maka hilangkan semua data penting yang telah Anda instal didalamnya. Hal ini akan sangat merugikan sekali sehingga kita butuh sedikit atau banyak tahu cara mengecek dan memperbaikinya sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel